Sejumlah Destinasi Wisata di Kota Bandung Tutup Hingga 1 Juni 2021.jpg

Hobi dan Hiburan

ITB Luncurkan Website Wisatabiak.com untuk Seimbangkan Pariwisata

Institut Teknologi Bandung melalui tim dosen yang terdiri dari Fakultas Seni Rupa dan Desain dan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika meluncurkan website wisatabiak.com untuk menyeimbangkan pariwisata di Indonesia.

Adanya program tersebut, sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan ITB dalam rangka mewujudkan peranan perguruan tinggi untuk membantu permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Melansir dari itb.ac.id, menurut salah satu staf pengajar FSRD, Dr. Ira Adriarti menjelaskan, tujuan pembuatan website tersebut adalah untuk mempromosikan objek pariwisata Biak kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dr. Ira Adriarti melihat, daerah Biak Papua memiliki kondisi alam yang sangat indah, bersejarah, dan kaya dengan budaya sehingga berpotensi besar untuk bisa dijadikan tempat pariwisata.

ITB Luncurkan Website Wisatabiak.com untuk Menyeimbangkan Pariwisata di Indonesia (2).jpg

"Ketika mengunjungi Biak, saya menyadari bahwa kondisi alam di daerah ini sangat indah. Banyak sekali objek pariwisata yang sangat bagus untuk dikunjungi. Kekayaan alam dan banyaknya unsur sejarah membuat saya berpikir bahwa Biak adalah Bali-nya Papua. Sayangnya, saat ini lokasi ini kurang dikenali oleh masyarakat karena akses informasi yang kurang. Oleh karena itu, saya pikir, pembuatan website ini adalah solusi tepat untuk mengenalkan potensi pariwisata Biak kepada wisatawan,” jelasnya, dikutip dari itb.ac.id, pada Minggu, (26/12).

ITB Luncurkan Website Wisatabiak.com untuk Menyeimbangkan Pariwisata di Indonesia.png

Sebelum memutuskan untuk membuat website ini, kata Dr. Ira, ia beserta tim program tersebut melakukan banyak riset data dan kajian pustaka terkait kondisi factual alam Biak. Dalam prosesnya, mereka diberikan banyak dukungan dan bantuan oleh pihak Dinas Pariwisata Biak dan Panglima Komando Koordinator TNI Angkatan Udara.

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan website ini adalah adanya pemberian informasi yang bisa disajikan dalam banyak bahasa. Hal tersebut akan memudahkan wisawatan asing yang datang dari luar Indonesia untuk mengetahui lebih lanjut lokasi pariwisata di Biak.

[Baca Juga: Lokasi dan Jadwal Vaksin di Tempat Wisata Kabupaten Bandung Barat]

Selain itu, seluruh informasi yang terdapat dalam website ini sangat lengkap dan akurat karena bersumber dari riset data mereka di lapangan. Sehingga dapat memudahkan wisatawan yang mencarinya.

“Karena diharapkan akan menjangkau pasar dunia, kami memutuskan untuk membuat website ini dapat disajikan dalam berbagai bahasa. Tujuannya adalah untuk memudahkan wisatawan asing dalam mendapatkan informasi sehingga objek pariwisata Biak ini akan menjangkau para wisatawan yang lebih luas lagi,” ungkapnya.

ITB Luncurkan Website Wisatabiak.com untuk Menyeimbangkan Pariwisata di Indonesia.jpg

Lebih lanjut, Dr. Ira mengharapkan, pembuatan website ini bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan pemerintah Biak terutama dalam upaya mengenalkan objek pariwisata kepada masyarakat luas.

“Tidak hanya kawasan Bali yang selalu menjadi primadona wisatawan, saya harap Biak juga mampu bersaing dan memberikan pengalaman yang sama kepada wisatawan. Dengan demikian, para wisatawan ini akan terbagi rata mengunjungi seluruh wisata di Indonesia dan keseimbangan pariwisata di Indonesia dapat terjadi,” pungkasnya.

Website wisatabiak.com sendiri resmi dirilis pada pelaksanaan upacara peringatan HUT KORPRI ke-50, Senin (29/11/2021) lalu.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.