Itenas Hadirkan Ruang Publik untuk Warga Kota Bandung.jpg

Pendidikan

Itenas Hadirkan Ruang Publik untuk Warga Kota Bandung

Pada pekan ini Institut Teknologi Nasional Bandung atau Itenas meresmikan fasilitas terbarunya yang disebut memang ditujukan untuk masyarakat Kota Kembang. Di mana fasilitas itu berbentuk ruang publik terbuka yang berada tepat di area halaman depan perguruan tinggi swasta di Kota Bandung. Pada peresmian itu Itenas turut menggandeng Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung termasuk Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang merespons positif kehadiran ruang publik tersebut.

Persemian ini digelar pada 11 Mei 2022 di kampus yang berlokasi Jalan Phh. Mustofa No.23 Kota Bandung itu. Menurut pria yang akrab disapa Kang Yana itu, Ruang Terbuka Publik atau RTP ini walau berlokasi di halaman depan Itenas tapi penggunaannya bukan hanya untuk civitas akademika perguruan tinggi itu semata. Mengingat sesuai namanya, masyarakat Kota Bandung juga bisa memanfaatkan ruang publik itu.

Itenas Hadirkan Ruang Publik untuk Warga Kota Ban dung.jpg

Selain digunakan untuk menjadi lokasi interaksi atau sekadar bersantai bagi masyarakat, Wali Kota Bandung juga turut menyimpan harapannya terkait kehadiran RTP ini. “Ruang publik ini diharapkan bisa membantu warga masyarakat untuk meningkatkan imunitas dan indeks kebahagiaannya. Sebagai kota yang sehat, kita memang harus memiliki banyak ruang publik terbuka,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (11/5/2022).

Pihak Itenas menjelaskan, pembangunan RTP ini menelan dana senilai Rp1,7 miliar yang memang berasal dari Rencana Kerja dan Anggaran perguruan tinggi swasta itu dan telah disetujui oleh Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi. RTP ini dirancang oleh dosen Itenas yang terdiri dari Eggi Septianto, S.T., M.T. dan Eka Noviana, S.Sn., M.A yang membutuhkan waktu 10 bulan untuk protek pembangunannya.

[Baca Juga: Ini Ruang Publik Baru di Kawasan Antapani Kota Bandung]

“Ruang terbuka publik Itenas dirancang sebagai ruang terbuka yang dapat diakses secara bebas. Ada pepohonan, kursi, tempat sampah, sehingga bisa tetap terjaga bersih dan rapi,” tutur Ketua Yayasan Dayang Sumbi Irwan Indrawan Wiratmaja.

Rektor Itenas Bandung Prof. Meilinda Nurbanasari menambahkan, ini bukan kali pertamanya perguruan tingginya mereaslisasikan pengabdian kepada masyarakat Kota Kembang. Selama dua tahun terakhir, Itenas telah mendukung upaya pemerintah mengejar vaksinasi COVID-19 di tahun 2021, dilanjutkan dengan peresmian halte bus yang menggandeng Dinas Perhubungan Kota Bandung, dan terakhir adalah ruang terbuka publik ini.


Read More

Institut Teknologi Nasional Bandung

Perguruan Tinggi

0227272215
None

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.