Itenas Hadirkan Ruang Publik untuk Warga Kota Bandung.jpg

Pendidikan

Itenas Hadirkan Ruang Publik untuk Warga Kota Bandung

Pada pekan ini Institut Teknologi Nasional Bandung atau Itenas meresmikan fasilitas terbarunya yang disebut memang ditujukan untuk masyarakat Kota Kembang. Di mana fasilitas itu berbentuk ruang publik terbuka yang berada tepat di area halaman depan perguruan tinggi swasta di Kota Bandung. Pada peresmian itu Itenas turut menggandeng Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung termasuk Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang merespons positif kehadiran ruang publik tersebut.

Persemian ini digelar pada 11 Mei 2022 di kampus yang berlokasi Jalan Phh. Mustofa No.23 Kota Bandung itu. Menurut pria yang akrab disapa Kang Yana itu, Ruang Terbuka Publik atau RTP ini walau berlokasi di halaman depan Itenas tapi penggunaannya bukan hanya untuk civitas akademika perguruan tinggi itu semata. Mengingat sesuai namanya, masyarakat Kota Bandung juga bisa memanfaatkan ruang publik itu.

Itenas Hadirkan Ruang Publik untuk Warga Kota Ban dung.jpg

Selain digunakan untuk menjadi lokasi interaksi atau sekadar bersantai bagi masyarakat, Wali Kota Bandung juga turut menyimpan harapannya terkait kehadiran RTP ini. “Ruang publik ini diharapkan bisa membantu warga masyarakat untuk meningkatkan imunitas dan indeks kebahagiaannya. Sebagai kota yang sehat, kita memang harus memiliki banyak ruang publik terbuka,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (11/5/2022).

Pihak Itenas menjelaskan, pembangunan RTP ini menelan dana senilai Rp1,7 miliar yang memang berasal dari Rencana Kerja dan Anggaran perguruan tinggi swasta itu dan telah disetujui oleh Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi. RTP ini dirancang oleh dosen Itenas yang terdiri dari Eggi Septianto, S.T., M.T. dan Eka Noviana, S.Sn., M.A yang membutuhkan waktu 10 bulan untuk protek pembangunannya.

[Baca Juga: Ini Ruang Publik Baru di Kawasan Antapani Kota Bandung]

“Ruang terbuka publik Itenas dirancang sebagai ruang terbuka yang dapat diakses secara bebas. Ada pepohonan, kursi, tempat sampah, sehingga bisa tetap terjaga bersih dan rapi,” tutur Ketua Yayasan Dayang Sumbi Irwan Indrawan Wiratmaja.

Rektor Itenas Bandung Prof. Meilinda Nurbanasari menambahkan, ini bukan kali pertamanya perguruan tingginya mereaslisasikan pengabdian kepada masyarakat Kota Kembang. Selama dua tahun terakhir, Itenas telah mendukung upaya pemerintah mengejar vaksinasi COVID-19 di tahun 2021, dilanjutkan dengan peresmian halte bus yang menggandeng Dinas Perhubungan Kota Bandung, dan terakhir adalah ruang terbuka publik ini.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.