Jabar congress2.jpg

Berita Kawasan

Jabar Bersiap Jadi Tuan Rumah East Local and Regional Government Congress

Tahun 2022 mendatang, Jawa Barat (Jabar) akan menjadi tuan rumah East Local and Regional Government Congress ke-11. Ditunjuknya Jabar sebagai tuan rumah telah disepakati oleh 7 negara anggota pada rapat kongres yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2018 silam. East Local and Regional Government Congress sendiri merupakan forum pemerintahan dari 75 provinsi di 7 negara yakni, China, Jepang, Korea Selatan, Indonesia, Malaysia, Filipina, san Vietnam. East Local and Regional Government Congress mulanya digagas Provinsi Nara, Jepang pada tahun 2009, dan Jabar mulai bergabung pada tahun 2015.

Jabar congress.jpg

Setiawan Wangsaatmaja, Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat mengatakan bahwa menjadi tuan rumah forum ini akan mendatangkan keuntungan tersendiri dalam proses pembangunan dalam pemulihan pasca pandemi COVID-19. Menurutnya, banyak hal yang dapat dilakukan kerjasama antar anggota, karena dimungkinkan adanya proses saling berbagi pengalaman dan menjalankan roda pemerintahan di masing-masing provinsi. “Yang jelas kita sudah punya ikatan kerja sama G to G, misalnya di bidang transportasi. Kemudian bisa juga nanti bahas masalah COVID-19, peningkatan perekonomian, dan bidang teknis lain,” ungkap Setiawan sebagaimana dilansir jabarprov.go.id (18/11/2021).

[Baca Juga: Kota Medan Jadi Tuan Rumah Kongres ke-19 Pertemuan Dokter THT]

Sebelum digelar, Jabar terlebih dulu bersiap dengan mengadakan pra-event yang diselanggarakan di Ballroom Trans Luxury Hotel, Bandung pada (17/11/21) dan dihadiri oleh sekretaris daerah seluruh kabupaten / kota se-Jabar. Sekda Jabar pun meminta masukan terkait isu apa yang dapat diangkat dalam kongres mendatang yang dimaksudkan sebesar - besarnya untuk kemajuan dan kesejahteraan warga Jabar. “Itu sangat memungkinkan. Oleh karena itu sekali lagi kuncinya sekarang kita harus bisa mengangkat isu apa yang sifatnya lokal, regional maupun global bisa disampaikan pada perhimpunan nantinya,” sambung Setiawan.

Jabar congress1.jpg

Pada sesi meeting ini Sekda juga memaparkan kondisi COVID-19 di Jabar dan penanganannya. Seperti diketahui Indonesia dianggap berhasil mengendalikan pandemi di saat negara lain bergelut dengan serangan gelombang ketiga. Pemaparan dilakukan secara virtual di hadapan anggota dari Jepang, China, dan Korea Selatan. Dalam pemaparannya, salah satu kunci Jabar menangani pandemi adalah dengan disiplin prokes 5M oleh masyarakat memanfaatkan teknologi digital yakni aplikasi PeduliLindungi. Kemudian 3T (Tes – Telusur – Tindak lanjut) oleh pemerintah, serta akselerasi vaksinasi. Pola kerja yang dipakai adalah pentaheliks kerja sama antara akademisi, bisnis, komunitas, pemerintahan, media.

Dalam hal pemulihan ekonomi, Jabar bertumpu pada dua kawasan metropolitan yakni Bandung Raya dan Bodekarpur ditambah kawasan Rebana Metropolitan yang akan segera dikembangkan. Jabar juga mengandalkan UMKM sebagai benteng ekonomi rakyat yang diakselerasi dengan memanfaatkan promosi digital melalui e-commerce. Sekda menyebut kerja sama dengan Shopee dan program Borongdong.id. Di sektor investasi, Jabar sudah tiga tahun berturut- turut menyelenggarakan West Java Invesment Summit (WJIS) yang terbukti sukses menarik investor.


Read More

The Trans Luxury Hotel

Hotel bintang 5

+622287348888
None

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.