gernas1.jpg

Bisnis

Jabar Pulihkan Ekonomi, Kini Belanja Merupakan Wujud Bela Negara

Sudah genap satu tahun Indonesia jungkir balik bertahan hidup melawan COVID-19. Hampir semua sektor kehidupan negara terdampak habis oleh pandemi ini, tak terkecuali aktivitas ekonomi. Desakan lockdown dari berbagai pihak hingga peraturan pembatasan sosial berskala besar membuat tingkat pengangguran semakin tinggi dan tentunya mengganggu kinerja perekonomian.

Guna menjalankan kembali roda perekonomian ke arah yang positif, Pemerintah Pusat dalam laman kemenkeu.go.id (06/04/21) memberikan prioritas pada pemulihan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Peran UMKM dianggap penting dalam perekonomian nasional. 61,1 persen UMKM berkontrobusi dalam pertumbuhan ekonomi, serta menyerap 116,9 juta tenaga kerja.

gernas3.jpg

Bentuk komitmen Pemerintah Jawa Barat dalam membantu Pemerintah Pusat memulihkan perekonomian, Jabar bergeliat sukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang juga merupakan Brand Ambassador Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) menggaungkan wujud bela negara yang saat ini tengah dibutuhkan, yakni belanja produk-produk buatan Indonesia.

[Baca Juga: UMKM Kota Bogor Tampil di Pekan Kerajinan Jawa Barat]

Kang Emil seperti yang tertulis dalam laman pikobar.jabarprov.go.id, berkomitmen untuk mengajak seluruh masyarakat berkampanye 'Belanja adalah Bela Negara' secara masif melalui sosial media pribadinya.

gernas.jpg

"Buat apa banyak followers, kalau tidak dimanfaatkan untuk kebaikan,” ungkap Kang Emil di Gedung Pakuan, Bandung pada 1 Maret 2021. Kang Emil pun berpendapat bahwa Indonesia merupakan negeri UMKM yang memiliki kualitas produk lokal yang baik. “Negeri kita ini negeri UMKM, bukan konglomerasi. Satu tumbang tumbuh seribu, sehingga ekonomi kita kuat, cintai produk lokal karena barangnya berkualitas.” sambungnya.

gernas2.jpg

Kang Emil juga menginstruksikan Pemerintah Kabupaten / Kota di seluruh Jawa Barat untuk ikut menyukseskan Gernas BBI sebagai bentuk bela negara. Bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Jawa Barat, seluruh pelaku UMKM terlipih se-Jabar sukses menggelar acara Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) dan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB) yang diselenggarakan di Trans Studio Mall (TSM) Bandung pada tanggal 01 hingga 04 April 2021 lalu.

gernas4.jpg

Gernas BBI Jawa Barat mengusung tagline #UMKMJabarPaten, dengan harapan dapat membangkitkan UMKM serta meningkatkan daya beli masyarakat Jawa Barat. Sehingga Jabar dapat membantu Pemerintah Pusat untuk memulihkan ekonomi skala nasional.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.