Jadi Profesi Langka, Lulusan Okupasi Terapi UI Terserap 100 persen

Pendidikan

Jadi Profesi Langka, Lulusan Okupasi Terapi UI Terserap 100 persen

Tahukah kamu kalau Okupasi Terapi menjadi salah satu profesi di bidang kesehatan yang sangat diperlukan? Profesi ini sangat dibutuhkan karena fungsinya untuk membantu individu yang mengalami keterbatasan fisik atau mental agar dapat produktif, menjalani aktivitas keseharian secara mandiri dan dapat memanfaatkan waktu luang.

Kendati demikian, tak banyak kampus yang membuka program studi ini. Dilansir dari UI.ac.id (10/3/2020), sejauh ini hanya ada dua perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi Okupasi Terapi. Oleh karena itu, profesi Okupasi Terapi tergolong sangat langka di Indonesia.

Jadi Profesi Langka, Lulusan Okupasi Terapi UI Terserap 100 persen

Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu kampus yang menyediakan program ini. UI menyediakan program studi ini untuk jenjang pendidikan vokasi. Program studi ini sudah ada sejak tahun 1997 dan sejak tahun 2008 berada di bawah naungan Vokasi UI.

Rencananya pada penerimaan mahasiswa baru UI tahun ajaran 2020/2021 bulan Juni 2020, Vokasi UI juga akan membuka dan menerima mahasiswa untuk program Sarjana Strata Satu Terapan (D4). Bagaimana dengan prospek lulusannya?

[Baca Juga: Mengenal, Memahami, Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus]

Berdasarkan tracer study yang dilakukan Program Pendidikan Vokasi UI tahun 2019, daya serap lulusan Okupasi Terapi Vokasi UI adalah 100 persen. Hal ini berarti seluruh lulusan program studi Okupasi Terapi diserap di dunia kerja hanya dalam waktu 0-3 bulan pasca lulus. Bahkan, 80 persen diantaranya sudah terikat dinas dengan industri saat mereka masih menempuh semester 5 dan 6 atau sebelum lulus kuliah.

Tak hanya melakukan terapi, Ketua Program Studi OT Vokasi UI, Gunawan Wicaksonopara mengatakan bahwa lulusan Okupasi Terapan Vokasi UI juga mampu membuat alat bantu untuk pasien. Misalnya seperti splint, modifikasi alat makan, dan sebagainya.

[Baca Juga: 12 Bidang Studi di UI Ini Masuk Ranking Dunia]

““Para mahasiswa OT di Vokasi UI memiliki keahlian penanganan okupasi terapi pada ruang lingkup pediatri (anak), geriatri (lansia), psikososial (gangguan jiwa), gangguan fisik, dan kesehatan kerja,” kata Gunawan.

Untuk diketahui, kebutuhan akan tenaga kesehatan di bidang Okupasi Terapi masih sangat tinggi. Sebab, dalam kondisi ideal satu orang pasien perlu ditangani minimal selama 60 menit.

Selain itu, berdasarkan regulasi bahwa setiap Rumah Sakit minimal tipe C, Klinik, Sekolah-sekolah Inklusi, sekolah anak berkebutuhan khusus, dan yayasan yang bergerak di bidang geriatric harus memiliki layanan Okupasi Terapi. Oleh karenanya, adanya program studi Okupasi Terapi Vokasi UI diharapkan dapat mencetak lulusan yang cakap dalam melatih seseorang yang memiliki keterbatasan fisik atau jiwa agar dapat menjalani kehidupan sehari-hari secara mandiri.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.