Jadwal IIMS 2021 Diundur Lagi Akibar PSBB Jawa dan Bali

Bisnis

Jadwal IIMS 2021 Diundur Lagi Akibar PSBB Jawa dan Bali

Menyusul keputusan pemerintah tentang pembatasan kegiatan masyarakat di Jawa dan Bali terhitung 11-25 Januari 2021, rencana penyelenggaraan Indonesia International Motor Show atau IIMS pada 18-28 Februari 2021 kembali diundur menjadi 18-28 Maret 2021. Pergeseran ini menyesuaikan waktu alternatif yang sudah dipersiapkan Dyandra Promosindo bersama JIExpo Kemayoran dengan mencermati perkembangan pandemi COVID-19.

Dyandra Promosindo mengumumkan langkah pengunduran penyelenggaraan pameran otomotif ini secara resmi pada Kamis (7/1/2021), setelah sehari sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto memutuskan pembatasan kegiatan masyarakat di Jawa dan Bali.

Jadwal IIMS 2021 Diundur Lagi Akibar PSBB Jawa dan Bali

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, selaku penyelenggara IIMS, dalam pernyataan resmi, mengatakan, ”Seperti yang sudah kami umumkan sebelumnya, Dyandra dan JIExpo sepakat membuat rencana cadangan, kami sebut plan B dan C karena situasi pandemi Covid-19 masih fluktuatif dan dinamis.”

Dari sisi persiapan, kata Hendra, tahap yang sudah dilakukan Dyandra Promosindo dan JIExpo Kemayoran dalam menggelar pameran hibrida (daring dan luring) ini dapat dikatakan sudah mendekati titik maksimal. Lokasi pameran di JIExpo Kemayoran telah mendapatkan Surat Keputusan Pembukaan Kembali Usaha Pariwisata di Masa PSBB Transisi bagi Kegiatan Pameran yang dikeluarkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

[Baca Juga: IIMS Motobike Show 2020 Tetap Dihelat di Masa New Normal]

Lebih jauh lagi, kedua pihak penyelenggara pameran juga mempersiapkan pengendalian jumlah pengunjung yang diizinkan, perluasan gangway, lalu lintas pengunjung yang menjamin tidak ada kerumunan, penerapan transaksi non-tunai (cashless), perangkat serba digital, hingga peralatan dan informasi berpameran di era new normal. Upaya ini mendapat apresiasi dari pemerintah, khususnya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kesehatan, kepolisian, serta Gugus Tugas COVID-19 DKI Jakarta.

"[Dengan adanya] keputusan pembatasan kegiatan masyarakat pada Januari 2021 ini, Dyandra dengan bijak dan legawa menggeser jadwal ke plan B demi kepentingan lebih besar. Kami ingin menjadi bagian aktif dari upaya pencegahan COVID-19, khususnya di DKI Jakarta," kata Hendra seperti diberitakan kompas.id (8/1/2021).

IIMS motobike.jpg

Dyandra Promosindo juga mengajak semua elemen bangsa, khususnya pelaku industri dan komunitas otomotif, agar tetap optimistis dan bersemangat menata bisnis di masa pandemi ini. ”Dyandra teguh mempersiapkan pameran otomotif hibrida pertama di Indonesia, yakni pelaksanaan IIMS offline dan virtual secara bersamaan. Kebersamaan kita akan mempercepat pemulihan pasar otomotif nasional,” ujar Hendra.

Menyadari situasi yang masih dinamis, Dyandra Promosindo dan JIExpo pun mengantisipasi apabila terjadi kondisi yang dianggap masih belum kondusif untuk menyelenggarakan pameran. Dyandra telah menyiapkan jadwal plan C untuk IIMS 2021 di JIExpo Kemayoran pada 15-25 April 2021.

Dengan pergeseran waktu yang secara resmi dilakukan, sejauh ini penyelenggaraan IIMS 2021 akan digelar sesudah Gaikindo Jakarta Auto Week yang dijadwalkan 6-14 Maret 2021. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun ingin membantu pemulihan industri otomotif lewat penyelenggaraan konsep baru pameran otomotif ini.

Read More

Artikel Lainnya

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

Kesehatan

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

23 January 2021, 20:08

Penemuan yang dipublikasikan di Nature ini, memberikan bukti terkuat bahwa sistem kekebalan tubuh dapat "mengingat" virus dan secara luar biasa terus meningkatkan kualitas antibodi.

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

Pendidikan

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

23 January 2021, 18:07

Gaya belajar pada dasarnya adalah kunci pengembangan dan kinerja diri. Gaya belajar membantu anak untuk dapat belajar secara efektif dan dapat memaksimalkan belajar.

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

Berita Kawasan

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

23 January 2021, 15:51

Sejumlah pedagang kebutuhan peribadatan penganut Konghucu pun sudah menggelar aneka hiasan dan kebutuhan untuk perayaan Imlek.

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.