Jadwal Vaksin Booster Pekan Ini Pemkot Depok Tunggu Kabar Pemerintah Pusat.jpg

Kesehatan

Jadwal Vaksin Booster Depok? Pemkot Tunggu Kabar Pemerintah Pusat

Pada pekan kemarin pemerintah pusat sudah mulai memberikan sosialisasi mengenai rencana penyuntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga alias booster untuk publik dalam rangka semakin menguatkan imun masyarakat dari paparan virus SARS-CoV-2, khususnya varian Omicron. Di mana bila sesuai rencana maka ada sekitar 21 juta orang yang menjadi target penerima vaksin booster ini. Sebagai salah satu wilayah yang diagendakan mulai melakukan penyuntikan vaksin dosis ketiga pada pekan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengungkapkan masih menunggu instruksi pemerintah pusat.

Vaksinasi dosis ketiga ini pada pekan kemarin diungkapkan Sagas Penanganan COVID-19 akan mulai digelar pada 12 Januari 2022. Tentu saja sesuai dengan namanya, vaksin ini menargetkan mereka-mereka yang telah menerima dosis lengkap dari vaksinasi COVID-19. Dengan pemerintah pusat yang merekomedasikan bahwa penyuntikan dosis booster ini dilakukan kepada mereka yang minimal enam bulan setelah menerima dosis kedua vaksin.

Jadwal Vaksin Booster Pekan InPemkot Depok Tunggu Kabar Pemerintah Pusat.jpg

Dari sisi wilayah yang menjadi prioritas untuk menggelar penyuntikan vaksin booster ini, syarat utamanya adalah kota atau kabupaten tersebut capaian vaksinasinya minimal berada di angka 70 persen untuk dosis pertama serta 60 persen untuk dosis keduanya. Pemkot Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengungkapkan siap untuk melaksanakan program vaksinasi booster pada 12 Januari 2021 tapi mereka masih terus menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

Berdasarkan syarat capaiannya sendiri, Kota Depok disebut telah masuk kategori untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga. Mengingat hingga pekan kemarin, capaian vaksinasi dosis pertama telah tercatat sudah mencapai 81,23 persen. Lalu untuk capaian dosis keduanya sudah berada di angka 63,29 persen.

[Baca Juga: RSUP HAM Mulai Vaksinasi Booster COVID-19 Bagi Nakes]

“Jadwal pelaksanaan sudah ditentukan oleh pusat. Namun teknis dan prosedurnya kami masih menunggu arahan dari Kemenkes,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Depok Umi Zakiati, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (8/1/2021).

Untuk saat ini, vaksin dosis ketiga COVID-19 disinyalir ada yang bersifat berbayar dan gratis. Di mana sebagaimana dilansir dari cnbcindonesia.com (7/1/2021) terdapat tiga kategori utama yang masuk ke vaksinasi booster gratis yang terdiri dari lansia, memiliki riwayat komorbit, dan memiliki gangguan imunitas dengan ketiga kategori ini harus masuk ke dalam peserta Penerima Bantuan Iuran atau PBI BPJS Kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.