Jaga Kondisi Fisik di Bulan Ramadan, Lakukan Ini Saat Berbuka Puas a.jpg

Kesehatan

Jaga Kondisi Fisik di Bulan Ramadan, Lakukan Ini Saat Berbuka Puasa

Menjalani ibadah puasa selama bulan suci Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu oleh umat Muslim di Tanah Air. Selain karena ibadah di bulan ini pahalanya berlipat ganda, terdapat manfaat dari puasa itu sendiri baik untuk kesehatan serta sosial. Namun di sisi lain, acap kali dengan alasan berpuasa, gaya hidup Anda bisa cenderung tak sehat dengan menghindari olahraga bahkan ini ditambah dengan potensi asupan yang banyak ketika Anda berbuka puasa yang malah bisa mengarah ke penambahan berat badan. Padahal menurut ahli gizi Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D, olahraga tetap menjadi aktivitas penting yang dijalani demi menjaga kondisi fisik, termasuk saat Anda puasa Ramadan.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana berolahraga padahal Anda tengah menahan haus dan lapar selama seharian. Menurut Dosen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta itu, kuncinya adalah momen berbuka puasa. Jadi selain beribadah salat Magrib dan Isya, Olahraga juga bisa dilakukan usai Anda membatalkan puasa tersebut dengan makan dan minum sehingga terdapat energi untuk beraktivitas.

Jaga Kondisi Fisik di Bulan Ramadan, Lakukan Ini Saat Berbuka Puasa.jpg

“Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya,” tuturnya dalam rilis dari Greenfields yang diterima PingPoint.co.id (10/4/2022).

Setidaknya ada empat olahraga ringan yang diungkapkan founder dari apps Gizi Nusantara itu yang bisa Anda pilih usai berbuka puasa. Di mana olahraganya terdiri dari:

  1. Jalan santai: Jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang, serta mengurangi lemak tubuh.
  2. Jogging: Jogging memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan.
  3. Naik turun tangga: Gerakan sederhana seperti naik turun tangga dapat membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan dalam berolahraga, hingga meningkatkan kekuatan tubuh.
  4. Sit up dan push up: Sit up dan push up memiliki banyak manfaat, seperti menjaga postur tubuh, membangun otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, hingga meningkatkan kelenturan tubuh.

[Baca Juga: Lelah Berolahraga? Ini Resep Minuman dan Es Segar Ala Greenfields]

Aspek lain yang menurut Esti tidak boleh dilupakan saat berbuka puasa dan sahur adalah memastikan nutrisi di asupan Anda memang mencukupi. Di mana menurutnya ini bisa dipenuhi dengan menambah menu susu sapi segar sebelum tidur dan saat sahur. “Susu sapi segar memiliki beragam manfaat yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh selama kita berpuasa. Salah satunya adalah untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Karena susu merupakan salah satu asupan yang kandungan nutrisinya memiliki banyak manfaat untuk mendukung kerja sistem imun tubuh, seperti protein, zink, vitamin A, vitamin B1, B2, dan kalsium,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.