Jajanan Betawi Tempo Dulu yang Paling Bikin Rindu

Kuliner

Jajanan Betawi Tempo Dulu yang Paling Bikin Rindu

Pointers, apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata ‘jajanan’ dan ‘Betawi’? Kali ini PingPoint.co.id akan sedikit mengenang jajanan Betawi tempo dulu yang masih menyisakan kerinduan. Memang jajanan Betawi tempo dulu saat ini sudah semakin sulit untuk ditemukan, tapi tidak sedikit juga orang-orang atau resto yang berusaha untuk menyajikan kembali jajanan Betawi tempo dulu. Menilik dari beberapa laman sumber seperti tripadvisor.com (27/11/2019), berikut beberapa jajanan Betawi tempo dulu yang masih eksis sekarang ini.

[Baca Juga: 5 Jajanan Pisang yang Enak dan Laris di Jakarta]

Cemilan Nostalgia yang Masih Memiliki Banyak Penggemar Kue rangi

1) Kue Rangi

Kue rangi adalah makanan khas Betawi yang gurih dan enak. Kue ini berasal dari tepung kanji atau tepung sagu dengan campuran parutan kelapa. Cara memasaknya adalah dengan dipanggang dan ditambah dengan gula jawa cair lengkap dengan potongan nangka, nanas atau durian. Cita rasa unik dan nikmat dari kue rangi khas Betawi menjadi salah satu alasan kuliner ini cukup dicari.

Roti Gambang, Menu Klasik Ini Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia

2) Roti Gambang

Roti gambang ini ternyata memiliki cerita yang menarik di baliknya. Bentuk Roti Gambang memang mirip dengan alat musik tradisional masyarakat Betawi yaitu alat musik Gambang, sehingga jajanan ini pun dinamakan Roti Gambang. Roti ini tidak memiliki tekstur sehalus roti pada umunya tapi soal rasa tentunya berani di adu. Biasanya roti gambang dijadikan hidangan sarapan atau teman ngopi.

5 Camilan Lebaran Tradisional Khas Betawi

3) Kue Kembang Goyang

Kue tempo dulu yang satu ini memiliki bentuk seperti bunga atau kembang ini jadi salah satu jajanan khas Betawi yang cukup populer pada zamannya. Nama ‘kembang goyang’ ternyata berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang. Proses pembuatan kue ini adalah dengan digoyang-goyang di dalam minyak panas hingga adonan terlepas dari cetakan. Teksturnya yang garing dan rasanya yang gurih jadi suguhan yang sangat cocok ketika sedang ngeteh atau ngopi.

Jajanan Betawi Tempo Dulu yang Paling Bikin Rindu Kue Talam

4) Kue Talam

Kue Talam yang merupakan salah satu makanan khas Betawi memiliki bentuk yang unik yang biasanya memiliki dua warna. Bahkan, saat bulan puasa, kue talam bisa menjadi salah satu menu buka puasa yang cukup populer. Kue talam terbuat dari tepung beras, tepung singkong (tapioka), tepung terigu atau tepung sagu. Teksturnya cenderung kenyal dan rasanya nikmat.

[Baca Juga: Nikmatnya Berburu Jajanan di Pasar Kue Subuh Senen Legendaris]

Di antara daftar jajanan khas Betawi tempo dulu di atas, jajanan apa yang paling Anda rindukan, Pointers?

Read More

Artikel Lainnya

Selama Ramadan, Kafe dan Restoran di Bandung diperbolehkan Buka Sampai Pukul 23.00 3.jpg

Bisnis

Selama Ramadan, Kafe dan Restoran di Bandung Boleh Buka Sampai Pukul 23.00

11 April 2021, 11:44

Pemerintah Kota Bandung memperbolehkan usaha kuliner buka sampai pukul 23.00 WIB. Hal ini disampaikan oleh Oded M. Danial, Ketua Komite Penanganan Covid-19 Kota Bandung.

Gempa 3.jpg

Berita Kawasan

“Bangun Ayo Bangun Cah” Senandung Ibu-Ibu Dusun Kajar Ketika Gempa Malang Terjadi

11 April 2021, 11:09

Tradisi pun dimunculkan sebagai cara menanggulangi akibat emosional calon bayi setelah gempa terjadi.

Gempa 1.jpg

Berita Kawasan

Gempa 6,7 Skala Richter di Malang Sambung Rentetan Musibah di Indonesia

11 April 2021, 10:02

Gempa Malang menjadi rentetan bencana di Indonesia yang perlu diwaspadai kelanjutannya.

Ilustrasi Gempa Bumi

Pendidikan

Negeri Seribu Gempa, Ini Mitigasi Bencana Gempa Bumi yang Perlu Diketahui Masyarakat

11 April 2021, 09:07

Gempa bumi di Indonesia adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan dan menjadi konsekuensi bagi masyarakat yang tinggal di Indonesia. Alih-alih mengindari dan lari dari bencana, pada akhirnya kita harus hidup berdampingan dengan bencana alam.


Comments


Please Login to leave a comment.