Jajanan Betawi Tempo Dulu yang Paling Bikin Rindu

Kuliner

Jajanan Betawi Tempo Dulu yang Paling Bikin Rindu

Pointers, apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata ‘jajanan’ dan ‘Betawi’? Kali ini PingPoint.co.id akan sedikit mengenang jajanan Betawi tempo dulu yang masih menyisakan kerinduan. Memang jajanan Betawi tempo dulu saat ini sudah semakin sulit untuk ditemukan, tapi tidak sedikit juga orang-orang atau resto yang berusaha untuk menyajikan kembali jajanan Betawi tempo dulu. Menilik dari beberapa laman sumber seperti tripadvisor.com (27/11/2019), berikut beberapa jajanan Betawi tempo dulu yang masih eksis sekarang ini.

[Baca Juga: 5 Jajanan Pisang yang Enak dan Laris di Jakarta]

Cemilan Nostalgia yang Masih Memiliki Banyak Penggemar Kue rangi

1) Kue Rangi

Kue rangi adalah makanan khas Betawi yang gurih dan enak. Kue ini berasal dari tepung kanji atau tepung sagu dengan campuran parutan kelapa. Cara memasaknya adalah dengan dipanggang dan ditambah dengan gula jawa cair lengkap dengan potongan nangka, nanas atau durian. Cita rasa unik dan nikmat dari kue rangi khas Betawi menjadi salah satu alasan kuliner ini cukup dicari.

Roti Gambang, Menu Klasik Ini Masuk Daftar 50 Roti Terbaik di Dunia

2) Roti Gambang

Roti gambang ini ternyata memiliki cerita yang menarik di baliknya. Bentuk Roti Gambang memang mirip dengan alat musik tradisional masyarakat Betawi yaitu alat musik Gambang, sehingga jajanan ini pun dinamakan Roti Gambang. Roti ini tidak memiliki tekstur sehalus roti pada umunya tapi soal rasa tentunya berani di adu. Biasanya roti gambang dijadikan hidangan sarapan atau teman ngopi.

5 Camilan Lebaran Tradisional Khas Betawi

3) Kue Kembang Goyang

Kue tempo dulu yang satu ini memiliki bentuk seperti bunga atau kembang ini jadi salah satu jajanan khas Betawi yang cukup populer pada zamannya. Nama ‘kembang goyang’ ternyata berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang. Proses pembuatan kue ini adalah dengan digoyang-goyang di dalam minyak panas hingga adonan terlepas dari cetakan. Teksturnya yang garing dan rasanya yang gurih jadi suguhan yang sangat cocok ketika sedang ngeteh atau ngopi.

Jajanan Betawi Tempo Dulu yang Paling Bikin Rindu Kue Talam

4) Kue Talam

Kue Talam yang merupakan salah satu makanan khas Betawi memiliki bentuk yang unik yang biasanya memiliki dua warna. Bahkan, saat bulan puasa, kue talam bisa menjadi salah satu menu buka puasa yang cukup populer. Kue talam terbuat dari tepung beras, tepung singkong (tapioka), tepung terigu atau tepung sagu. Teksturnya cenderung kenyal dan rasanya nikmat.

[Baca Juga: Nikmatnya Berburu Jajanan di Pasar Kue Subuh Senen Legendaris]

Di antara daftar jajanan khas Betawi tempo dulu di atas, jajanan apa yang paling Anda rindukan, Pointers?


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.