Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang.jpg

Kuliner

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang

Suku Betawi yang berada di Ibu Kota ini pun memiliki jajanan tempo dulu yang hampir dilupakan. Tapi tahu kah Anda, jajanan ini walau hits pada zamannya, namun hingga sekarang masih bertahan walau jarang ditemukan. Ingin tahu ada jajanan Betawai tempo dulu apa saja yang jarang ditemukan ini. Berikut ulasannya.

[Baca Juga: Berburu Aneka Ragam Oleh-oleh Khas Depok]

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu Selendang Mayang

Selendang Mayang

Selendang Mayang adalah salah satu jenis minuman jajanan khas Betawi tempo dulu yang dijajakan dengan dipikul. Rasanya yang manis dan sangat segar ini digemari warga Jakarta di tengah teriknya matahari. Selendang mayang dengan warna pink dan kehijauan terbuat dari bahan tepung beras, air daun suji dan daun pandan yang kemudian dicampur dengan hunkwe. Selendang mayang dengan airnya yang manis terbuat dari gula merah dan gula pasir yang dicampur sehingga jadi minuman manis dan segar khas Betawi

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu Roti Gambang

Roti Gambang

Dinamakan Roti Gambang karena bentuknya yang mirip alat musik tradisional Betawi, yakni Gambang. Jajanan tempo dulu ini merupakan warisan kuliner dari zaman Belanda yang adonannya terbuat dari ragi sebagai bahan pengembang dan gula pasir. Jajanan ini dulu kerap dijual di warung-warung, namun kini bisa Anda jumpai juga di beberapa toko roti.

[Baca Juga: Makanan Khas Betawi Sebagai Oleh-oleh dari Jakarta]

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu Kue Rangi

Kue Rangi

Jajanan ini juga termasuk jajanan yang hampir dilupakan terbuat dari tepung kanji yang dicampur kelapa yang diparut kasar, bahan tersebut lalu ditabur di atas panggangan dengan menggunakan api dari kayu bakar dan diberi toping saus gula merah di atasnya. Jajanan ini dijajakan dengan gerobak kayu. Keliling kampong atau wilayah tertentu.

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu Bir Pletok

Bir Pletok

Walau namanya bir, namun sebenarnya bir pletok bukanlah minuman yang memabukkan dan tidak ada kandungan alkohol di dalamnya. Bir pletok terbuat dari rempah-rempah yang berguna untuk menghangatkan badan. Dulu ketika Belanda menjajah Betawi, orang belanda memiliki kegemaran minum bir jika kumpul di malam hari. Untuk menyenangkan hati mereka, dibuatlah minuman yang berfungsi sama dengan bir untuk menghangatkan badan.

[Baca Juga: Catat! Ini Kuliner Asli Bogor yang Bisa Jadi Oleh-oleh]

Itulah beberapa ulasan jajanan Betawi tempo dulu. Walau jajanan ini langka, namun masih bisa Anda temukan di beberapa tempat di Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Penuhi Gizi Seimbang, Rocyo Luncurkan Program Nutrimenu

Bisnis

Penuhi Gizi Seimbang, Rocyo Luncurkan Program Nutrimenu

28 January 2020, 18:00

Kehadiran program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ diharapkan dapat membantu dan menginspirasi para Ibu dan remaja untuk menyajikan makanan bergizi seimbang.

Strategi Bisnis Avrist Assurance 2020 Fokus pada Milenial dan Gen Z

Bisnis

Strategi Bisnis Avrist Assurance 2020 Fokus pada Milenial dan Gen Z

28 January 2020, 17:00

Memasuki Januari 2020, perusahaan Avrist Assurance memaparkan strategi bisnisnya untuk tahun 2020 yang akan fokus pada generasi milenial dan gen Z.

Mothern Luncurkan Single Cascade, Hasil Kolaborasi Impian

Berita Kawasan

Mothern Luncurkan Single Cascade, Hasil Kolaborasi Impian

28 January 2020, 16:00

Cascade merupakan sebuah lagu yang bercerita tentang kesehatan mental seseorang dalam peperangan melawan dirinya sendiri.

Film Perempuan Tanah Jahanam Tayang di Sundance Film Festival 2020

Berita Kawasan

Sambutan Meriah Perempuan Tanah Jahanam di Sundance Film Festival 2020

28 January 2020, 15:00

Dalam artikel berjudul Our 8 Most Anticipated Movies At Sundance 2020, film Perempuan Tanah Jahanam pun direkomendasikan sebagai film wajib tonton dalam ajang festival film bergengsi itu.


Comments


Please Login to leave a comment.