Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang.jpg

Kuliner

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang

Suku Betawi yang berada di Ibu Kota ini pun memiliki jajanan tempo dulu yang hampir dilupakan. Tapi tahu kah Anda, jajanan ini walau hits pada zamannya, namun hingga sekarang masih bertahan walau jarang ditemukan. Ingin tahu ada jajanan Betawai tempo dulu apa saja yang jarang ditemukan ini. Berikut ulasannya.

[Baca Juga: Berburu Aneka Ragam Oleh-oleh Khas Depok]

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu Selendang Mayang

Selendang Mayang

Selendang Mayang adalah salah satu jenis minuman jajanan khas Betawi tempo dulu yang dijajakan dengan dipikul. Rasanya yang manis dan sangat segar ini digemari warga Jakarta di tengah teriknya matahari. Selendang mayang dengan warna pink dan kehijauan terbuat dari bahan tepung beras, air daun suji dan daun pandan yang kemudian dicampur dengan hunkwe. Selendang mayang dengan airnya yang manis terbuat dari gula merah dan gula pasir yang dicampur sehingga jadi minuman manis dan segar khas Betawi

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu Roti Gambang

Roti Gambang

Dinamakan Roti Gambang karena bentuknya yang mirip alat musik tradisional Betawi, yakni Gambang. Jajanan tempo dulu ini merupakan warisan kuliner dari zaman Belanda yang adonannya terbuat dari ragi sebagai bahan pengembang dan gula pasir. Jajanan ini dulu kerap dijual di warung-warung, namun kini bisa Anda jumpai juga di beberapa toko roti.

[Baca Juga: Makanan Khas Betawi Sebagai Oleh-oleh dari Jakarta]

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu Kue Rangi

Kue Rangi

Jajanan ini juga termasuk jajanan yang hampir dilupakan terbuat dari tepung kanji yang dicampur kelapa yang diparut kasar, bahan tersebut lalu ditabur di atas panggangan dengan menggunakan api dari kayu bakar dan diberi toping saus gula merah di atasnya. Jajanan ini dijajakan dengan gerobak kayu. Keliling kampong atau wilayah tertentu.

Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu Bir Pletok

Bir Pletok

Walau namanya bir, namun sebenarnya bir pletok bukanlah minuman yang memabukkan dan tidak ada kandungan alkohol di dalamnya. Bir pletok terbuat dari rempah-rempah yang berguna untuk menghangatkan badan. Dulu ketika Belanda menjajah Betawi, orang belanda memiliki kegemaran minum bir jika kumpul di malam hari. Untuk menyenangkan hati mereka, dibuatlah minuman yang berfungsi sama dengan bir untuk menghangatkan badan.

[Baca Juga: Catat! Ini Kuliner Asli Bogor yang Bisa Jadi Oleh-oleh]

Itulah beberapa ulasan jajanan Betawi tempo dulu. Walau jajanan ini langka, namun masih bisa Anda temukan di beberapa tempat di Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.