Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Berita Kawasan

Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Jak Lingko adalah sistem integrasi transportasi di Jakarta dengan satu kartu untuk semua perjalanan. Jak Lingko memiliki makna, Jak berarti Jakarta; Lingko berarti jejaring atau integrasi yang diambil dari sistem persawahan tanah adat di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Lingko berbentuk seperti jaring laba-laba yang terintegrasi. Nama ini dipilih karena mencerminkan makna jejaring atau integrasi seperti sistem transportasi yang dibangun di DKI Jakarta.

Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Pengemudi angkutan umum Jak Lingko yang masih memungut biaya kepada penumpang akan dikenakan sanksi. Masyarakat dibebaskan dari biaya transportasi dengan hanya menempelkan kartu elektronik Jak Lingko pada setiap perangkat yang telah terpasang di seluruh mikro bus.

[Baca Juga: Sosialisasi Jak Lingko, Layanan Transportasi Terintegrasi]

Dilansir dari situs resmi pusat.jakarta.go.id (23/08/19), Staf Jakarta Smart City, Jofi mengungkapkan, Kartu Jak Lingko mengintegrasikan semua moda transportasi di Jakarta khususnya untuk Transjakarta, angkot yang memiliki logo Jak Lingko, MRT, dan LRT. “Dengan Kartu Jak Lingko ini masyarakat dapat menggunakan moda transportasi, hanya membayar maksimal 5.000 rupiah dalam kurun waktu 3 jam. Jika masyarakat ingin berpindah transportasi umum, lanjutnya, dapat tap out dan bisa kembali melanjutkan perjalanan,” katanya, di booth Jakarta Smart City (JSC), Plaza Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Jofi menjelaskan, Jak Lingko sudah tersebar di berbagai wilayah DKI Jakarta. Terutama terminal utama atau besar. Untuk Jakarta Pusat, di Terminal Senen. Dan semua halte di Jakarta yang sudah terkoneksi dengan Kartu Jak Lingko. “Untuk mendapatkan Kartu Jak Lingko mudah sekali karena sudah berada di semua halte di Jakarta, MRT, dan di Bank DKI (Kartu Jak Car) yang terhubung dengan Jak Lingko,” jelasnya.

[Baca Juga: Gubernur DKI Tinjau Integrasi MRT Jakarta dan Transjakarta]

Jofi berharap masyarakat dapat berpindah dengan menggunakan Kartu Jak Lingko karena dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari. “Pemerintah DKI Jakarta telah memberikan kemudahan bagi masyarakat sehingga untuk biaya transportasi akan lebih ringan dibandingkan menggunakan transportasi pribadi. Selain itu, dapat mengurangi kemacetan di Jakarta,” pungkasnya.

Menurut PingPoint.co.id mengenai program Jak Lingko, selain memudahkan masyarakat untuk sarana transportasi, harga juga lebih terjangkau. Tentunya akan lebih menghemat waktu, mengetahui padatnya kota Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

2 Sutradara Perempuan Indonesia Digandeng Netflix dalam Produksi 2 Film Original

Hobi dan Hiburan

2 Sutradara Perempuan Digandeng Netflix dalam Produksi 2 Film Original

13 August 2020, 18:00

Kerjasama Netflix dengan Starvision dan Kalyana Shira dengan menggandeng dua sutradara perempuan ini menandakan investasi jangka panjang Netflix terhadap perfilman Indonesia.

Lebih Dekat dengan Jutaan Penggemarnya, realme Fans Fest Tahun Kedua Digelar.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dekat dengan Jutaan Penggemarnya, realme Fans Fest Tahun Kedua Digelar

13 August 2020, 17:00

Dalam waktu dekat, realme akan menggelar acara realme Fan Fest untuk menunjukkan apresiasinya kepada jutaan penggemarnya sekaligus untuk meluncurkan ponsel terbarunya.

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bansos Berdampak Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

Bisnis

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bantuan Modal, Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

13 August 2020, 16:00

Ini tak terlepas dari salah satu syarat yang mesti dipenuhi pelaku UMKM untuk bisa mengajukan bantuan, yakni memiliki rekening di bank BUMN.

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan untuk PJJ

Pendidikan

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan Siswa untuk PJJ

13 August 2020, 15:00

Selain di lingkungan masyarakat, para siswa yang membutuhkan akses internet juga dapat menggunakan fasilitas internet gratis di gedung milik pemerintah.


Comments


Please Login to leave a comment.