Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Berita Kawasan

Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Jak Lingko adalah sistem integrasi transportasi di Jakarta dengan satu kartu untuk semua perjalanan. Jak Lingko memiliki makna, Jak berarti Jakarta; Lingko berarti jejaring atau integrasi yang diambil dari sistem persawahan tanah adat di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Lingko berbentuk seperti jaring laba-laba yang terintegrasi. Nama ini dipilih karena mencerminkan makna jejaring atau integrasi seperti sistem transportasi yang dibangun di DKI Jakarta.

Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Pengemudi angkutan umum Jak Lingko yang masih memungut biaya kepada penumpang akan dikenakan sanksi. Masyarakat dibebaskan dari biaya transportasi dengan hanya menempelkan kartu elektronik Jak Lingko pada setiap perangkat yang telah terpasang di seluruh mikro bus.

[Baca Juga: Sosialisasi Jak Lingko, Layanan Transportasi Terintegrasi]

Dilansir dari situs resmi pusat.jakarta.go.id (23/08/19), Staf Jakarta Smart City, Jofi mengungkapkan, Kartu Jak Lingko mengintegrasikan semua moda transportasi di Jakarta khususnya untuk Transjakarta, angkot yang memiliki logo Jak Lingko, MRT, dan LRT. “Dengan Kartu Jak Lingko ini masyarakat dapat menggunakan moda transportasi, hanya membayar maksimal 5.000 rupiah dalam kurun waktu 3 jam. Jika masyarakat ingin berpindah transportasi umum, lanjutnya, dapat tap out dan bisa kembali melanjutkan perjalanan,” katanya, di booth Jakarta Smart City (JSC), Plaza Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Jofi menjelaskan, Jak Lingko sudah tersebar di berbagai wilayah DKI Jakarta. Terutama terminal utama atau besar. Untuk Jakarta Pusat, di Terminal Senen. Dan semua halte di Jakarta yang sudah terkoneksi dengan Kartu Jak Lingko. “Untuk mendapatkan Kartu Jak Lingko mudah sekali karena sudah berada di semua halte di Jakarta, MRT, dan di Bank DKI (Kartu Jak Car) yang terhubung dengan Jak Lingko,” jelasnya.

[Baca Juga: Gubernur DKI Tinjau Integrasi MRT Jakarta dan Transjakarta]

Jofi berharap masyarakat dapat berpindah dengan menggunakan Kartu Jak Lingko karena dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari. “Pemerintah DKI Jakarta telah memberikan kemudahan bagi masyarakat sehingga untuk biaya transportasi akan lebih ringan dibandingkan menggunakan transportasi pribadi. Selain itu, dapat mengurangi kemacetan di Jakarta,” pungkasnya.

Menurut PingPoint.co.id mengenai program Jak Lingko, selain memudahkan masyarakat untuk sarana transportasi, harga juga lebih terjangkau. Tentunya akan lebih menghemat waktu, mengetahui padatnya kota Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

Bisnis

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

20 September 2019, 13:00  |  8 Views

Untuk mengembangkan industri fesyen muslim di Indonesia, Kemenperin kembali menggelar kompetisi fesyen untuk IKM dimulai dengan gelaran road to MOFP di Bandung dan Semarang.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Program Digitalisasi Sekolah

Pendidikan

Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah

20 September 2019, 12:00  |  7 Views

Kemendikbud memberikan bantuan berupa peralatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan sekolah songsong Revolusi Industri 4.0.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

20 September 2019, 11:00  |  7 Views

Mendekati musim penghujan, Pemkot Jakarta Selatan mulai melakukan beberapa langkah persiapan. Apa saja yang dilakukan?

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Properti dan Solusi

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

20 September 2019, 10:00  |  12 Views

Ragam kaktus hias dapat membuat ruangan rumah menjadi menarik. Agar berusia panjang, ada sejumlah cara merawat kaktus hias dengan tepat.


Comments


Please Login to leave a comment.