Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Berita Kawasan

Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Jak Lingko adalah sistem integrasi transportasi di Jakarta dengan satu kartu untuk semua perjalanan. Jak Lingko memiliki makna, Jak berarti Jakarta; Lingko berarti jejaring atau integrasi yang diambil dari sistem persawahan tanah adat di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Lingko berbentuk seperti jaring laba-laba yang terintegrasi. Nama ini dipilih karena mencerminkan makna jejaring atau integrasi seperti sistem transportasi yang dibangun di DKI Jakarta.

Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Pengemudi angkutan umum Jak Lingko yang masih memungut biaya kepada penumpang akan dikenakan sanksi. Masyarakat dibebaskan dari biaya transportasi dengan hanya menempelkan kartu elektronik Jak Lingko pada setiap perangkat yang telah terpasang di seluruh mikro bus.

[Baca Juga: Sosialisasi Jak Lingko, Layanan Transportasi Terintegrasi]

Dilansir dari situs resmi pusat.jakarta.go.id (23/08/19), Staf Jakarta Smart City, Jofi mengungkapkan, Kartu Jak Lingko mengintegrasikan semua moda transportasi di Jakarta khususnya untuk Transjakarta, angkot yang memiliki logo Jak Lingko, MRT, dan LRT. “Dengan Kartu Jak Lingko ini masyarakat dapat menggunakan moda transportasi, hanya membayar maksimal 5.000 rupiah dalam kurun waktu 3 jam. Jika masyarakat ingin berpindah transportasi umum, lanjutnya, dapat tap out dan bisa kembali melanjutkan perjalanan,” katanya, di booth Jakarta Smart City (JSC), Plaza Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Jak Lingko Memudahkan Naik Sarana Transportasi

Jofi menjelaskan, Jak Lingko sudah tersebar di berbagai wilayah DKI Jakarta. Terutama terminal utama atau besar. Untuk Jakarta Pusat, di Terminal Senen. Dan semua halte di Jakarta yang sudah terkoneksi dengan Kartu Jak Lingko. “Untuk mendapatkan Kartu Jak Lingko mudah sekali karena sudah berada di semua halte di Jakarta, MRT, dan di Bank DKI (Kartu Jak Car) yang terhubung dengan Jak Lingko,” jelasnya.

[Baca Juga: Gubernur DKI Tinjau Integrasi MRT Jakarta dan Transjakarta]

Jofi berharap masyarakat dapat berpindah dengan menggunakan Kartu Jak Lingko karena dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari. “Pemerintah DKI Jakarta telah memberikan kemudahan bagi masyarakat sehingga untuk biaya transportasi akan lebih ringan dibandingkan menggunakan transportasi pribadi. Selain itu, dapat mengurangi kemacetan di Jakarta,” pungkasnya.

Menurut PingPoint.co.id mengenai program Jak Lingko, selain memudahkan masyarakat untuk sarana transportasi, harga juga lebih terjangkau. Tentunya akan lebih menghemat waktu, mengetahui padatnya kota Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Sempat Kontak Erat dengan Anies dan Wagub Ariza, 437 Orang Ikut Tes Swab.jpg

Kesehatan

Sempat Kontak Erat dengan Anies dan Wagub Ariza, 437 Orang Ikut Tes Swab

03 December 2020, 14:01

Pemprov DKI Jakarta saat ini terus melakukan pelacakan kontak terhadap orang-orang yang sempat kontak erat dengan Anies Baswedan serta Wagub Ariza pasca keduanya dinyatakan positif COVID-19.

Aman Fine Fragrance, Perjalanan Ingatan Melalui Parfum

Kecantikan dan Fashion

Aman Fine Fragrance, Perjalanan Ingatan Melalui Parfum

03 December 2020, 11:37

Demi untuk berbagi kenangan para tamu Aman. Pada Desember ini Aman meluncurkan Fine Fragrance.

Oscars 2021 Diundur dan Tidak Akan Berlangsung Virtual

Hobi dan Hiburan

Oscars 2021 Diundur dan Tidak Akan Berlangsung Virtual

03 December 2020, 10:23

Bila Oscar dengan percaya diri akan tetap mengadakan siaran langsung, apakah penghargaan lain akan mengikuti?

Ada Lonjakan Kasus COVID-19, DIY Tambah Tenaga Kesehatan dan Tempat Tidur

Kesehatan

Ada Lonjakan Kasus COVID-19, DIY Tambah Tenaga Kesehatan dan Tempat Tidur

03 December 2020, 09:21

Jumlah tempat tidur rumah sakit dan tenaga kesehatan untuk perawatan pasien COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta ditambah setelah ada lonjakan kasus.


Comments


Please Login to leave a comment.