Serius Perhatikan Kondisi Kesehatan Hewan di Wilayahnya, Anies Jakarta Bebas Rabies.jpg

Berita Kawasan

Jakarta Bebas Rabies, Demi Tingkatkan Kondisi Kesehatan Hewan

Baru-baru ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengikuti peringatan Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September 2021 di Restoran Ombak Laut, Ancol, Jakarta Utara. Di mana dalam kegiatan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut membahas mengenai bagaimana keseriusan pemerintahannya terhadap kesehatan bukan hanya warganya saja tapi juga hewan-hewannya. Oleh karena itulah dari keseriusan ini, ia mengklaim Ibu Kota bebas dari ancaman rabies.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian atau KPKP DKI Jakarta dengan PT Pembangunan Jaya Ancol dan masyarakat. Dalam peringatan bertajuk Rabies Fact, Not Fear itu, Gubernur DKI Jakarta menyatakan bahwa pemprov secara konsisten terus memastikan wilayah Ibu Kota bebas dari wabah rabies.

Serius Perhatikan Kondisi Kesehatan Hewan di Wilayahnya, Anies Jakarta Bebas Ra bies.jpg

Kondisi bebas rabies inni direalisasikan dari jumlah vaksinasi rabies terhadap hewan-hewan yang melebihi target awal dan ini tak hanya untuk hewan peliharaan saja yang liar juga turut menjadi target. Bahkan tak hanya vaksinasi saja, kucing-kucing liar juga kerap disterilisasi untuk pengendalian populasi.

“Alhamdulillah saat ini Jakarta merupakan wilayah bebas rabies. Tapi ini harus dijaga bersama dengan serius, yakni dengan melakukan layanan vaksinasi, strerilisasi dan adopsi. Jakarta hingga 27 September 2021 sudah melakukan vaksin rabies sebanyak 360.700 lebih, itu 110 persen dari target. Kemudian strerilisasi kucing tak berpemilik mencapai 4.200 lebih, ini adalah 155 persen dari target yang kita harapkan," ujar Anies, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman ppid.jakarta.go.id (28/9/2021).

[Baca Juga: Ini Syarat Agar Hewan Peliharaan Bisa Divaksin Rabies Gratis di Jakarta Timur]

Anies melanjutkan, dirinya ingin menunjukkan komitmen DKI Jakarta sebagai kota yang ramah dan serius terhadap kesehatan hewan-hewan dan bukan hanya hewan peliharaan saja. Di mana hal tersebut diwujudkan dengan mendorong warga agar mau menunjukkan perhatiannya serta kasih sayang terhadap hewan-hewan yang hidup di wilayah Ibu Kota dan hal tersebut sudah ditunjukkan oleh berbagai komunitas pencinta hewan yang kerap menjadi kolaborator Pemprov DKI Jakarta.

Anies melanjutkan, terkait kesejahteraan hewan di DKI Jakarta, pihaknya sebenarnya memiliki fokus yang terdiri dari vaksinasi, sterilisasi, dan adopsi. Dengan langkah ini maka hewan seperti kucing-kucing liar aman untuk diadopsi oleh pemilik baru mereka. Selain itu DKI Jakarta juga menyediakan layanan vaksinasi drive thru rabies dan ini tak terbatas hanya untuk warga Ibu Kota saja tapi siapapun yang ingin hewan peliharaannya disuntik vaksin, Anies menegaskan, layanan ini siap memfasilitasinya.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.