Jakarta Berduka, Sejarawan Adolf Heuken Wafat

Berita Kawasan

Jakarta Berduka, Sejarawan Adolf Heuken Wafat

Jika Anda penggemar buku mengenai sejarah Ibu Kota, pasti nama Adolf J. Heuken, S.J. tidak asing lagi. Pasalnya, pria yang lahir di negara Jerman ini sudah menuliskan berbagai karya yang membuat warga Jakarta lebih mengenal sejarah tempat tinggalnya. Namun, saat ini para pembaca buku dari Adolf Heuken tengah berduka menyusul wafatnya sang ahli sejarah Jakarta pada 25 Juli 2019.

Adolf Heuken lahir di Distrik Cosfeld, Jerman 17 Juli 1929. Pada 1950-an, dia menapaki jejak di dunia pendidikan dengan masuk seminari dan menjadi seorang rahib Katolik. Setelah mendalami filsafat dan teologi, putra dari Franz Heuken ini pun menjalani Tertiat di St.Beuno College di Inggris hingga tahun 1963. Pada tahun yang sama, setelah dia menginjakkan kaki di Indonesia.

Jakarta Berduka, Sejarawan Adolf Heuken Wafat

Saat berada di Indonesia, Adolf Heuken pun menyelesaikan program Tertiat dan mendalami bahasa di Paroki Mangga Besar Jakarta hingga tahun 1964. Selama di Indonesia, berbagai karier pun dijalani oleh sang padri. Mulai dari menjadi penasehat Uskup di Indonesia, dosen di berbagai perguruan tinggi, hingga menjadi pendiri sekaligus pengurus umat Katolik berbahasa Jerman di Jakarta, Singapura, dan Kuala Lumpur.

Selama masa hidupnya, Adolf Heuken pun dikenal sebagai orang yang ikut andil dalam pengembangan hubungan baik antara negara Indonesia dan Jerman. Atas jasanya tersebut, dia mendapatkan Das Bundesverdiendstkreuz am Bande atau Bintang Penghargaan Republik Federal Jerman pada 2008.

[Baca Juga: Melestarikan Peninggalan Sejarah Bersama Depok Heritage Community]

Namun tentu saja, hal yang paling diingat khalayak umum dari Adolf Heuken adalah berbagai karyanya di dunia sejarah. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, mulai tahun 1971-2017, ia telah menghasilkan belasan buku yang berkaitan dengan sejarah Jakarta. Antara lain

  • Sedjarah Gereja Katolik di Indonesia, Jakarta (1971)
  • Kamus Politik Pembangunan, Yogyakarta (1973)
  • Sumber-Sumber Asli Sejarah Jakarta, I-III, Jakarta (1999)
  • Historical Site of Jakarta, Jakarta dan Singapura (2000)
  • Menteng "Kota Taman" Pertama di Indonesia, Jakarta (2001)
  • The Earliest Portuguese Sources for The History of Jakarta, Jakarta (2002)
  • Seri Gedung-Gedung Ibadat yang Tua di Jakarta: Gereja, Masjid, Klenteng, Jakarta (2003)
  • 200 Tahun Gereja Katolik di Jakarta, Jakarta (2007)
  • 150 Tahun Serikat Jesus Berkarya di Indonesia, Jakarta (2009)
  • Atlas Sejarah Jakarta, Jakarta (2014)
  • Sejarah Jakarta Dalam Lukisan dan Foto, Jakarta (2017)

[Baca Juga: Sejarah Berdirinya Kawasan Menteng]

Namun kini sang padri dan sejarawan Jakarta tersebut telah mengembuskan napas terakhirnya di usia 90 tahun pada 25 Juli 2019 malam. Pihak Keuskupan Agung Jakarta lewat akun sosial media resminya menjelaskan, jenazah Adolf Heuken disemayamkam di Kapel Kolese Kanisius dan akan diberangkatkan ke Girisonta untuk dimakamkan pada Sabtu 27 Juli 2019.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.