Tahun 2019 Jakarta City Philharmonic Gelar Konser .jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta City Philharmonic Siap Puaskan Peminat Musik Klasik

Musik klasik merupakan satu jenis aliran musik yang tidak terlalu populer. Sebenarnya, musik klasik merupakan salah satu periode musik yang dianggap mengawali seluruh perkembangan aliran musik selanjutnya. Musik klasik berasal Eropa yang mengacu pada musik untuk orkestra.

Di Indonesia, peminat musik semacam orkestra masih sangat sedikit. Namun, beberapa kelompok musik orkestra masih eksis di ranah panggung hiburan. Salah satu kelompok musik orkestra adalah Jakarta City Philharmonic (JCP). Mereka fokus menampilkan repertoar-repertoar periode tahun 1850-sekarang, atau bisa dibilang era neoklasik hingga klasik kontemporer.

[Baca Juga: Pelatihan Musik dan Tari di RPTRA Kepulauan Seribu]

Seperti dilansir dari laman dkj.or.id (23/11/2016), Jakarta City Philharmonic adalah kelompok simponi orkestra yang digagas Dewan Kesenian Jakarta dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mengisi kelangkaan pertunjukan orkestra dan secara strategis bertujuan membangun ekosistem musik klasik di Jakarta.

Mengutip laman jcphilharmonic.id, komunitas ini dibentuk untuk memenuhi kebutuhan para penggemar musik klasik di Jakarta. Sebagai kota metropolitan, seperti layaknya kota-kota besar di dunia, kehadiran sebuah orkestra profesional, dengan jadwal padat sepanjang tahun, merupakan kebutuhan kultural.

[Baca Juga: 6 Kiat Cerdas Siapkan Dana Pendidikan Anak]

Sebagai Ibukota negara sekaligus bagian kota besar dunia yang senantiasa menjadi indikator berbagai aspek kemajuan global, Jakarta sudah sepatutnya memiliki ekosistem musik klasik atau orkestra.

Dilansir dari laman dkj.or.id (19/02/2019) Tahun ini, Jakarta City Philharmonic akan segera menggelar konser regulernya. Rencananya, akan diadakan sebanyak 14 kali dari bulan April hingga November 2019.

Konduktor dan salah satu Komisaris JCP Budi Utomo Prabowo mengatakan, JCP akan menggelar lebih banyak konser reguler dari tahun lalu. Ini merupakan salah satu usaha mempercepat pertumbuhan ekosistem musik klasik. Ia pun dengan tangan terbuka mengajak para pemusik baru untuk berkembang bersama.


Read More

Artikel Lainnya

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya .jpg

Berita Kawasan

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya

16 April 2021, 16:07

Gibran menegaskan, penghargaan yang diraihnya dari Ganjar Pranowo ini merupakan hasil dari prestasi Wali Kota Solo sebelumnya.

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.