Tahun 2019 Jakarta City Philharmonic Gelar Konser .jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta City Philharmonic Siap Puaskan Peminat Musik Klasik

Musik klasik merupakan satu jenis aliran musik yang tidak terlalu populer. Sebenarnya, musik klasik merupakan salah satu periode musik yang dianggap mengawali seluruh perkembangan aliran musik selanjutnya. Musik klasik berasal Eropa yang mengacu pada musik untuk orkestra.

Di Indonesia, peminat musik semacam orkestra masih sangat sedikit. Namun, beberapa kelompok musik orkestra masih eksis di ranah panggung hiburan. Salah satu kelompok musik orkestra adalah Jakarta City Philharmonic (JCP). Mereka fokus menampilkan repertoar-repertoar periode tahun 1850-sekarang, atau bisa dibilang era neoklasik hingga klasik kontemporer.

[Baca Juga: Pelatihan Musik dan Tari di RPTRA Kepulauan Seribu]

Seperti dilansir dari laman dkj.or.id (23/11/2016), Jakarta City Philharmonic adalah kelompok simponi orkestra yang digagas Dewan Kesenian Jakarta dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mengisi kelangkaan pertunjukan orkestra dan secara strategis bertujuan membangun ekosistem musik klasik di Jakarta.

Mengutip laman jcphilharmonic.id, komunitas ini dibentuk untuk memenuhi kebutuhan para penggemar musik klasik di Jakarta. Sebagai kota metropolitan, seperti layaknya kota-kota besar di dunia, kehadiran sebuah orkestra profesional, dengan jadwal padat sepanjang tahun, merupakan kebutuhan kultural.

[Baca Juga: 6 Kiat Cerdas Siapkan Dana Pendidikan Anak]

Sebagai Ibukota negara sekaligus bagian kota besar dunia yang senantiasa menjadi indikator berbagai aspek kemajuan global, Jakarta sudah sepatutnya memiliki ekosistem musik klasik atau orkestra.

Dilansir dari laman dkj.or.id (19/02/2019) Tahun ini, Jakarta City Philharmonic akan segera menggelar konser regulernya. Rencananya, akan diadakan sebanyak 14 kali dari bulan April hingga November 2019.

Konduktor dan salah satu Komisaris JCP Budi Utomo Prabowo mengatakan, JCP akan menggelar lebih banyak konser reguler dari tahun lalu. Ini merupakan salah satu usaha mempercepat pertumbuhan ekosistem musik klasik. Ia pun dengan tangan terbuka mengajak para pemusik baru untuk berkembang bersama.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.