Tahun 2019 Jakarta City Philharmonic Gelar Konser .jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta City Philharmonic Siap Puaskan Peminat Musik Klasik

Musik klasik merupakan satu jenis aliran musik yang tidak terlalu populer. Sebenarnya, musik klasik merupakan salah satu periode musik yang dianggap mengawali seluruh perkembangan aliran musik selanjutnya. Musik klasik berasal Eropa yang mengacu pada musik untuk orkestra.

Di Indonesia, peminat musik semacam orkestra masih sangat sedikit. Namun, beberapa kelompok musik orkestra masih eksis di ranah panggung hiburan. Salah satu kelompok musik orkestra adalah Jakarta City Philharmonic (JCP). Mereka fokus menampilkan repertoar-repertoar periode tahun 1850-sekarang, atau bisa dibilang era neoklasik hingga klasik kontemporer.

[Baca Juga: Pelatihan Musik dan Tari di RPTRA Kepulauan Seribu]

Seperti dilansir dari laman dkj.or.id (23/11/2016), Jakarta City Philharmonic adalah kelompok simponi orkestra yang digagas Dewan Kesenian Jakarta dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mengisi kelangkaan pertunjukan orkestra dan secara strategis bertujuan membangun ekosistem musik klasik di Jakarta.

Mengutip laman jcphilharmonic.id, komunitas ini dibentuk untuk memenuhi kebutuhan para penggemar musik klasik di Jakarta. Sebagai kota metropolitan, seperti layaknya kota-kota besar di dunia, kehadiran sebuah orkestra profesional, dengan jadwal padat sepanjang tahun, merupakan kebutuhan kultural.

[Baca Juga: 6 Kiat Cerdas Siapkan Dana Pendidikan Anak]

Sebagai Ibukota negara sekaligus bagian kota besar dunia yang senantiasa menjadi indikator berbagai aspek kemajuan global, Jakarta sudah sepatutnya memiliki ekosistem musik klasik atau orkestra.

Dilansir dari laman dkj.or.id (19/02/2019) Tahun ini, Jakarta City Philharmonic akan segera menggelar konser regulernya. Rencananya, akan diadakan sebanyak 14 kali dari bulan April hingga November 2019.

Konduktor dan salah satu Komisaris JCP Budi Utomo Prabowo mengatakan, JCP akan menggelar lebih banyak konser reguler dari tahun lalu. Ini merupakan salah satu usaha mempercepat pertumbuhan ekosistem musik klasik. Ia pun dengan tangan terbuka mengajak para pemusik baru untuk berkembang bersama.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.