Jakarta Osoji Club, Komunitas Pecinta Kebersihan Ibu Kota

Berita Kawasan

Jakarta Osoji Club, Komunitas Pecinta Kebersihan Ibu Kota

Masalah kebersihan lingkungan di Ibu Kota selalu digalakkan opihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya. Namun tentu saja selain mengandalkan para petugas kebersihan, masyarakat di Jakarta juga perlu terlibat. Inilah yang diinginkan komunitas Jakarta Osoji Club dengan moto “sampahmu tanggung jawabmu”. Komunitas ini mengedukasi masyarakat Ibu Kota untuk membantu mewujudkan Jakarta yang bersih dan bebas dari sampah yang dibuang sembarangan.

Nama komunitas Jakarta Osoji Club tidak terlepas dari bahasa Jepang osoji yang berarti bersih-bersih dalam bahasa Indonesia. Dari nama ini sudah mencerminkan tujuan utama dari komunitas ini yang ingin membudayakan malu buang sampah sembarangan kepada warga di Jakarta.

[Baca Juga: Cleanee Jakarta Project, Gerakan Anak Muda Peduli Masalah Sampah]

Sesuai dengan tujuan utama yang dijelaskan di atas, anggota komunitas ini pun kerap kali mengikuti berbagai acara yang diadakan di Jakarta dan sekitarnya. Mereka hadir untuk turut menjaga kebersihan sekaligus mengadakan kegiatan petik sampah, seperti di Ennichisai Blok M 2019 yang diadakan pada akhir pekan lalu.

“JOC (Jakarta Osoji Club-red) berusaha untuk menjadi bagian dari perubahan perilaku masyarakat mengenai buang sampah pada tempatnya. Tentunya ini tidak mudah tapi seiring berjalannya waktu, kita juga terus dengan kekuatan teman-teman yang ada mengampanyekan, kemudian tanpa pernah henti untuk mengajak masyarakat bagaimana mempunyai budaya malu buang sampah sembarangan,” ucap salah satu pengurus komunitas Jakarta Osoji Club Ady Saiman kepada Pingpoint.co.id di Ennichisai Blok M, Jakarta Selatan (22/6/2019).

Jakarta Osoji Club, Komunitas Pecinta Kebersihan Ibu Kota

Berdasarkan penjelasan Ady, komunitas Jakarta Osoji Club diawali kesadaran dari si founder dari komunitas ini yang merupakan seorang ekspatriat dari Negeri Sakura. “Kita berdiri di April tahun 2012, awalnya itu dari Hashida-san. Saat itu, ia sedang olahraga pagi di car free day dan prihatin melihat masyarakat buang sampah sembarangan. Akhirnya dengan inisiatifnya, beliau tergerak melakukan aksi pungut sampah atau petik sampah,” ucapnya.

Menariknya, aksi dari Hashida itu pun membuat masyarakat Jakarta yang melihatnya merasa tergerak dan ikut melakukan aksi serupa. Pekan berikutnya, Hashida mengajak ekspatriat Jepang lainnya untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di car free day dan lambat laun warga Jakarta pun terketuk untuk ikut bergabung yang berujung dengan terbentuk sebuah komunitas pecinta kebersihan.

[Baca Juga: Warga Rusun Marunda Ubah Sampah Plastik Jadi Kreasi Layak Jual]

Komunitas Jakarta Osoji Club selalu membuka diri untuk siapa saja bergabung. Dengan unsur tak mengikat dan pada open recruitment baru-baru ini, mereka berhasil mengumpulkan sekitar 180-an orang, termasuk pengurus. “Terkait latar belakang teman-teman JOC yang berbeda-beda. Ada yang pegawai, ada yang mahasiswa, pelajar, bahkan ibu rumah tangga. Jadi sebisa mereka meluangkan waktu untuk ikut kegiatan,” tutur Ady.

Menariknya selain Jakarta Osoji Club, telah bermunculan chapter lain dari komunitas ini di berbagai wilayah Indonesia. “Di Bogor ada Bogor Osuji Club yang saat ini ikut bergabung di sini (Ennichisai Blok M-red). Di Medan juga ada, kemudian ada Bulukumba Osuji Club bahkan ini tingkat kabupaten, lalu ada juga Lampung Osuji Club,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.