Jakarta Osoji Club, Komunitas Pecinta Kebersihan Ibu Kota

Berita Kawasan

Jakarta Osoji Club, Komunitas Pecinta Kebersihan Ibu Kota

Masalah kebersihan lingkungan di Ibu Kota selalu digalakkan opihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya. Namun tentu saja selain mengandalkan para petugas kebersihan, masyarakat di Jakarta juga perlu terlibat. Inilah yang diinginkan komunitas Jakarta Osoji Club dengan moto “sampahmu tanggung jawabmu”. Komunitas ini mengedukasi masyarakat Ibu Kota untuk membantu mewujudkan Jakarta yang bersih dan bebas dari sampah yang dibuang sembarangan.

Nama komunitas Jakarta Osoji Club tidak terlepas dari bahasa Jepang osoji yang berarti bersih-bersih dalam bahasa Indonesia. Dari nama ini sudah mencerminkan tujuan utama dari komunitas ini yang ingin membudayakan malu buang sampah sembarangan kepada warga di Jakarta.

[Baca Juga: Cleanee Jakarta Project, Gerakan Anak Muda Peduli Masalah Sampah]

Sesuai dengan tujuan utama yang dijelaskan di atas, anggota komunitas ini pun kerap kali mengikuti berbagai acara yang diadakan di Jakarta dan sekitarnya. Mereka hadir untuk turut menjaga kebersihan sekaligus mengadakan kegiatan petik sampah, seperti di Ennichisai Blok M 2019 yang diadakan pada akhir pekan lalu.

“JOC (Jakarta Osoji Club-red) berusaha untuk menjadi bagian dari perubahan perilaku masyarakat mengenai buang sampah pada tempatnya. Tentunya ini tidak mudah tapi seiring berjalannya waktu, kita juga terus dengan kekuatan teman-teman yang ada mengampanyekan, kemudian tanpa pernah henti untuk mengajak masyarakat bagaimana mempunyai budaya malu buang sampah sembarangan,” ucap salah satu pengurus komunitas Jakarta Osoji Club Ady Saiman kepada Pingpoint.co.id di Ennichisai Blok M, Jakarta Selatan (22/6/2019).

Jakarta Osoji Club, Komunitas Pecinta Kebersihan Ibu Kota

Berdasarkan penjelasan Ady, komunitas Jakarta Osoji Club diawali kesadaran dari si founder dari komunitas ini yang merupakan seorang ekspatriat dari Negeri Sakura. “Kita berdiri di April tahun 2012, awalnya itu dari Hashida-san. Saat itu, ia sedang olahraga pagi di car free day dan prihatin melihat masyarakat buang sampah sembarangan. Akhirnya dengan inisiatifnya, beliau tergerak melakukan aksi pungut sampah atau petik sampah,” ucapnya.

Menariknya, aksi dari Hashida itu pun membuat masyarakat Jakarta yang melihatnya merasa tergerak dan ikut melakukan aksi serupa. Pekan berikutnya, Hashida mengajak ekspatriat Jepang lainnya untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di car free day dan lambat laun warga Jakarta pun terketuk untuk ikut bergabung yang berujung dengan terbentuk sebuah komunitas pecinta kebersihan.

[Baca Juga: Warga Rusun Marunda Ubah Sampah Plastik Jadi Kreasi Layak Jual]

Komunitas Jakarta Osoji Club selalu membuka diri untuk siapa saja bergabung. Dengan unsur tak mengikat dan pada open recruitment baru-baru ini, mereka berhasil mengumpulkan sekitar 180-an orang, termasuk pengurus. “Terkait latar belakang teman-teman JOC yang berbeda-beda. Ada yang pegawai, ada yang mahasiswa, pelajar, bahkan ibu rumah tangga. Jadi sebisa mereka meluangkan waktu untuk ikut kegiatan,” tutur Ady.

Menariknya selain Jakarta Osoji Club, telah bermunculan chapter lain dari komunitas ini di berbagai wilayah Indonesia. “Di Bogor ada Bogor Osuji Club yang saat ini ikut bergabung di sini (Ennichisai Blok M-red). Di Medan juga ada, kemudian ada Bulukumba Osuji Club bahkan ini tingkat kabupaten, lalu ada juga Lampung Osuji Club,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.