Jakpus Punya 4 RPTRA Baru pada Bulan Agustus

Berita Kawasan

Jakarta Pusat Punya 4 RPTRA Baru pada Bulan Agustus

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau RPTRA merupakan konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan, pengawasam, dan ruangan yang dapat melindungi kepentingan komunitas warga yang berasa di sekitar lokasi.

RPTRA muncul berkat inisiasi Pemprov DKI Jakarta saat dipimpim Basuki Tjahaja Purnama. Awalnya kebanyakan RPTRA dibangun dengan dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan dan gedung yang ada di Jakarta. Perawatan RPTRA dilakukan masyarakat sekitar, biasanya dikoordinir ibu-ibu PKK.

RPTRA berfungsi untuk prasana dan sarana kota layak anak, tempat penyerapan air tanah, dan prasana dan sarana kemitraan antara Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk memenuhi hak anak.

[Baca Juga: Taman Edukasi Kebon Kosong Berawal dari “Pohon Beras”]

Kehadiran RPTRA ini membantu warga dari berbagai aspek. Maka dari itu, Pemprov Jakarta berusaha menambah keberadaan RPTRA. Salah satu kota yang ingin menambah jumlah RPTRA adalah Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas PUPR Jakarta Pusat Yaya Mulyarso mengatakan, pembangunan empat RPTRA tahun 2019 tengah berjalan dan telah masuk dalam pelaksanaan pengerjaan fisik di empat lokasi. "Diperkirakan pembangunan empat RPTRA selesai pada bulan Agustus 2019," ucap Yaya didampingi Kepala Seksi Perumahan Sugeng, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat (15/5/2019).

[Baca Juga: Penataan Suryakencana, Taman Topi dan Naturalisasi Ciliwung Jadi Prioritas Utama]

Melansir dari pusat.jakarta.go.id (17/5/2019) Yaya menerangkan, yang melakukan pembangunan RPTRA terbaru ini adalah pihak ketiga yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pihaknya mengaku, terdapat konsultan pengawasan pembangunan RPTRA dari pihak ketiga. Walaupun begitu, jajarannya turut melakukan pengawasan untuk memantau proses pembangunan RPTRA.

"Kami itu inisiatif untuk lakukan monitoring proses pembangunan. Kita harap empat RPTRA di Jalan Rawasari Barat, Jalan Pasar Senen Dalam VII, Jalan Percetakan Negara V, dan Jalan Haji Murtadho XVI RT 08/06 bisa cepat selesai. Jika semua pembangunan berjalan lancar, Jakarta Pusat memiliki RPTRA sebanyak 50," kata Yaya.

Jika RPTRA di empat lokasi tersebut sudah jadi, maka masyarakat bisa memanfatkannya untuk Bina Keluarga Balita Pendidikan Anak Usia DIni (BKB-PAUD), Pos Pelayan Terpadu (Posyandu), Perpustakaan Anak, tempat berolahraga, bermain, dan kegiatan lainnya.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.