Jakpus Punya 4 RPTRA Baru pada Bulan Agustus

Berita Kawasan

Jakarta Pusat Punya 4 RPTRA Baru pada Bulan Agustus

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau RPTRA merupakan konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan, pengawasam, dan ruangan yang dapat melindungi kepentingan komunitas warga yang berasa di sekitar lokasi.

RPTRA muncul berkat inisiasi Pemprov DKI Jakarta saat dipimpim Basuki Tjahaja Purnama. Awalnya kebanyakan RPTRA dibangun dengan dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan dan gedung yang ada di Jakarta. Perawatan RPTRA dilakukan masyarakat sekitar, biasanya dikoordinir ibu-ibu PKK.

RPTRA berfungsi untuk prasana dan sarana kota layak anak, tempat penyerapan air tanah, dan prasana dan sarana kemitraan antara Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk memenuhi hak anak.

[Baca Juga: Taman Edukasi Kebon Kosong Berawal dari “Pohon Beras”]

Kehadiran RPTRA ini membantu warga dari berbagai aspek. Maka dari itu, Pemprov Jakarta berusaha menambah keberadaan RPTRA. Salah satu kota yang ingin menambah jumlah RPTRA adalah Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas PUPR Jakarta Pusat Yaya Mulyarso mengatakan, pembangunan empat RPTRA tahun 2019 tengah berjalan dan telah masuk dalam pelaksanaan pengerjaan fisik di empat lokasi. "Diperkirakan pembangunan empat RPTRA selesai pada bulan Agustus 2019," ucap Yaya didampingi Kepala Seksi Perumahan Sugeng, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat (15/5/2019).

[Baca Juga: Penataan Suryakencana, Taman Topi dan Naturalisasi Ciliwung Jadi Prioritas Utama]

Melansir dari pusat.jakarta.go.id (17/5/2019) Yaya menerangkan, yang melakukan pembangunan RPTRA terbaru ini adalah pihak ketiga yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pihaknya mengaku, terdapat konsultan pengawasan pembangunan RPTRA dari pihak ketiga. Walaupun begitu, jajarannya turut melakukan pengawasan untuk memantau proses pembangunan RPTRA.

"Kami itu inisiatif untuk lakukan monitoring proses pembangunan. Kita harap empat RPTRA di Jalan Rawasari Barat, Jalan Pasar Senen Dalam VII, Jalan Percetakan Negara V, dan Jalan Haji Murtadho XVI RT 08/06 bisa cepat selesai. Jika semua pembangunan berjalan lancar, Jakarta Pusat memiliki RPTRA sebanyak 50," kata Yaya.

Jika RPTRA di empat lokasi tersebut sudah jadi, maka masyarakat bisa memanfatkannya untuk Bina Keluarga Balita Pendidikan Anak Usia DIni (BKB-PAUD), Pos Pelayan Terpadu (Posyandu), Perpustakaan Anak, tempat berolahraga, bermain, dan kegiatan lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.