MENTENG-KAWASAN-PEMPROV DKI JAKARTA RAIH PERINGKAT KE 47 SMART CITY GOVERMENT-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Berita Kawasan

Jakarta Raih Peringkat ke-47 Smart City Government

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali meraih prestasi. Kali ini, Pemprov DKI Jakarta berhasil masuk dalam Top 50 Smart City Government 2018 dan meraih peringkat ke-47 Smart City Government dari 140 kota di dunia.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta Atika Nur Rahmania mengatakan, diraihnya predikat tersebut atas dasar sepuluh indikator penilaian. Namun, penilaian tertinggi pada indikator visi Pemprov DKI Jakarta, kepemimpinan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai kepala pemerintahan, serta alokasi pada APBD DKI Jakarta.

Alhamdulillah, mendapat informasi dari Eden Strategy Institute, sebuah perusahaan konsultasi. Ada 140 kota yang diriset dan diperingkat untuk pengembangan smart city. Jakarta mendapat predikat Top 50,” ujar Atika seperti dikutip Berita Jakarta (17/1/2019).

Jakarta Smart City Lounge

Diraihnya penghargaan tersebut akan menjadi motivasi untuk lebih baik lagi, karena masih banyak peluang inovasi yang dapat dikembangkan. Salah satunya, ke depan Pemprov DKI Jakarta tengah mempersiapkan smart city 4.0 yang fokus pada pengembangan platform kolaborasi.

Menurut Atika, penghargaan tersebut dapat memotivasi Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan program-program yang terkait dengan indikator Talent-Readiness atau peningkatan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) di kota Jakarta agar menjadi lebih baik, berkualitas dan berdaya saing.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Berencana Batasi Pemakaian Detergen]

"Ini sebuah berita baik bagi Indonesia, Jakarta menempati urutan ke-47 pemerintah dengan smart city terbaik di dunia," ungkap Atika.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City Setiaji mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah memiliki teknologi yang lebih maju untuk mengembangkan kota pintar. Sebab, dari sisi teknologi ini Jakarta lebih maju karena teknologi terbaru sudah cukup banyak masuk ke dalam pengembangan smart city.

"Pemprov DKI sudah mengimplementasikan big data, internet of Thing (IOT). Ada sekitar 200.000 lebih sensor di Jakarta, menggunakan CCTV dan sebagainya," kata Setiaji.

Pemprov DKI Jakarta, melalui UP Jakarta Smart City menerapkan konsep kota pintar di Jakarta dengan mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk memahami serta mengetahui berbagai sumber daya di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien.

[Baca Juga: Warga Bisa Siap-siap Coba Kereta MRT Jakarta Pada Februari]

Hal ini guna memaksimalkan pelayanan publik, memberikan solusi penyelesaian masalah dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

"Kita ingin, masyarakat Jakarta maupun masyarakat luar Jakarta atau luar Indonesia dapat mengetahui lebih detail mengenai kota Jakarta," ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.