Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Setelah musim kemarau yang sempat membayangi lama wilayah Jabodetabek, pertanda datangnya musim penghujan sudah mulai terlihat. Dengan semakin mendekatinya musim hujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan sudah mulai melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi agar wilayahnya terhindar dari kemungkinan banjir. Persiapan yang dilakukan adalah melalui pembuatan drainase vertikal hingga perbaikan saluran air.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Pemkot Jakarta Selatan menjelaskan, jajarannya bersama kecamatan serta kelurahan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)/Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) sudah membuat ratusan drainase vertikal yang ditujukan untuk langkah persiapan menghadapi musim hujan. Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjrin menyebut, selain dari pihak Pemkot, terkait drainase vertikal, ia juga mengharapkan keterlibatan masyarakat serta swasta.

“Mereka perlu diberikan edukasi mengenai betapa pentingnya pembuatan drainase dalam mengatasi genangan. Itu bisa dilakukan, saya yakin bisa. Karena itu sebenarnya, bukan sekadar tanggung jawab pemerintah namun juga swasta dan masyarakat,” ujar Munjirin, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (19/9/2019).

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Ajak Kelurahan Ikut World Clean Up Day]

Pemkot Jakarta Selatan sepanjang tahun 2019 telah membangun drainase vertikal yang terbagi dibangun oleh kelurahan dan kecamatan dengan jumlah 68 titik serta suku dinas yang membuatnya di 518 titik. Selain drainase, Pemkot Jakarta Selatan juga mengantisipasi musim hujan melalui sumur resapan yang juga berguna untuk menampung air tanah.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali menyebut, saat ini sudah hampir semua sekolah, kantor kelurahan, kecamatan, serta kantor pemerintahan di wilayah telah memiliki sumur serapan dan ia mendorong agar lebih banyak lagi keberadaannya. Pasalnya sumur resapan baik untuk konservasi air sekaligus pencegah terjadinya banjir

[Baca Juga: Dari Lubang Biopori dan Eskavator, Jakarta Bersiap Sambut Musim Hujan]

“Sebagian besar tempat-tempat ibadah di Jakarta Selatan pun telah memiliki sumur resapan. Saat ini saya sudah minta untuk tambahin lagi di tempat-tempat ibadah, satu atau dua sumur serapan. Saya kira dukungan kita terhadap terciptanya air tanah yang bisa itu sedikit-sedikit terus meningkat,” tutur Marullah saat bertemu dengan jajarannya di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jalan Prapanca Raya No.9, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selain itu di Kecamatan Pesanggrahan juga sudah terlihat perbaikan saluran demi antisipasi musim hujan. Ketua Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Kecamatan Pesanggrahan menjelaskan, perbaikan ini merupakan tindak lanjut dari musyawarah perencanaan pembangunan 2018 yang ditujukan untuk melancarkan air agar mencegah terjadinya genangan.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.