Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Setelah musim kemarau yang sempat membayangi lama wilayah Jabodetabek, pertanda datangnya musim penghujan sudah mulai terlihat. Dengan semakin mendekatinya musim hujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan sudah mulai melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi agar wilayahnya terhindar dari kemungkinan banjir. Persiapan yang dilakukan adalah melalui pembuatan drainase vertikal hingga perbaikan saluran air.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Pemkot Jakarta Selatan menjelaskan, jajarannya bersama kecamatan serta kelurahan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)/Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) sudah membuat ratusan drainase vertikal yang ditujukan untuk langkah persiapan menghadapi musim hujan. Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjrin menyebut, selain dari pihak Pemkot, terkait drainase vertikal, ia juga mengharapkan keterlibatan masyarakat serta swasta.

“Mereka perlu diberikan edukasi mengenai betapa pentingnya pembuatan drainase dalam mengatasi genangan. Itu bisa dilakukan, saya yakin bisa. Karena itu sebenarnya, bukan sekadar tanggung jawab pemerintah namun juga swasta dan masyarakat,” ujar Munjirin, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (19/9/2019).

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Ajak Kelurahan Ikut World Clean Up Day]

Pemkot Jakarta Selatan sepanjang tahun 2019 telah membangun drainase vertikal yang terbagi dibangun oleh kelurahan dan kecamatan dengan jumlah 68 titik serta suku dinas yang membuatnya di 518 titik. Selain drainase, Pemkot Jakarta Selatan juga mengantisipasi musim hujan melalui sumur resapan yang juga berguna untuk menampung air tanah.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali menyebut, saat ini sudah hampir semua sekolah, kantor kelurahan, kecamatan, serta kantor pemerintahan di wilayah telah memiliki sumur serapan dan ia mendorong agar lebih banyak lagi keberadaannya. Pasalnya sumur resapan baik untuk konservasi air sekaligus pencegah terjadinya banjir

[Baca Juga: Dari Lubang Biopori dan Eskavator, Jakarta Bersiap Sambut Musim Hujan]

“Sebagian besar tempat-tempat ibadah di Jakarta Selatan pun telah memiliki sumur resapan. Saat ini saya sudah minta untuk tambahin lagi di tempat-tempat ibadah, satu atau dua sumur serapan. Saya kira dukungan kita terhadap terciptanya air tanah yang bisa itu sedikit-sedikit terus meningkat,” tutur Marullah saat bertemu dengan jajarannya di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jalan Prapanca Raya No.9, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selain itu di Kecamatan Pesanggrahan juga sudah terlihat perbaikan saluran demi antisipasi musim hujan. Ketua Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Kecamatan Pesanggrahan menjelaskan, perbaikan ini merupakan tindak lanjut dari musyawarah perencanaan pembangunan 2018 yang ditujukan untuk melancarkan air agar mencegah terjadinya genangan.


Read More

Artikel Lainnya

IMG_26102021_071120_(1100_x_600_piksel).jpg

Hobi dan Hiburan

Pemandu Acara di Medan Terkena Dampak Saat Pandemi

26 October 2021, 17:03

Otomatis mempengaruhi penghasilannya dari nge-MC. Meski demikian, ia bersyukur karena ada acara-acara yang digelar webinar,

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.


Comments


Please Login to leave a comment.