Jaksel Buka Pendaftaran Kompetisi HANJABA 2019

Pendidikan

Jakarta Selatan Buka Pendaftaran Kompetisi HANJABA 2019

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sejak tahun 2006 sudah aktif mendukung seruan Hari Anak Jakarta Membaca. Hal ini dilandasi Keputusan Gubernur No.399 Tahun 2006 tentang Kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca. Kegiatan ini merupakan bentuk tingak lanjut dari Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan Tahun 1995 oleh Presiden Soeharto.

Kegiatan ini juga dilandasi oleh Pencanangan Gerakan Membaca Nasional Tahun 2003, sekaligus bentuk realisasi Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan khususnya Pembudayaan Kegemaran Membaca.

[Baca Juga: Semarak Gerakan Membaca 30 Hari di Jakarta Barat]

Hari Anak Jakarta Membaca ini tentu merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Jakarta. Maka dari itu setiap tahunnya kegiatan ini terus dilakukan. Pada tahun 2019 ini, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Selatan telah membuka pendaftaran bagi anak-anak di Jakarta Selatan, untuk mengikuti kompetisi guna memeriahkan Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA) 2019.

Pustakawan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan Dian Mardiana menyebutkan, pendaftaran kompetisi ini telah dibuka sejak 13 Mei 2019 sampai dengan 19 Juli 2019. "Untuk proses dan kriteria pendaftaran bisa dilihat di instagram @perpus.jaksel. Nanti bisa langsung daftar dengan klik link google form yang tersedia di bio akun tersebut," kata Dian.

[Baca Juga: IKANOBU Kumpulkan Pelajar dalam acara Baca Jakarta di Pulau Tidung]

"Selain sosialisasi di media sosial, kami juga menyebar poster di sekolah-sekolah melalui petugas Pusling (Perpustakaan Keliling) pada saat mereka melaksanakan layanan," ujar Dian.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (17/5/2019) Dian mengatakan, ada beberapa jenis lomba yang diadakan dalam kompetisi tersebut, diantaranya adalah Lomba Mewarnai Tingkat TK/PAUD, Lomba Menggambar Tingkat SD/MI Kelas 1-3, Lomba Bercerita tingkat SD/MI kelas 4-5, Lomba Baca Puisi tingkat SMP/MTS/sederajat, serta Lomba Pidato Bahasa Inggris tingkat SMA/SMK/MA/sederajat.

[Baca Juga: RPTRA Kampung Benda Punya 10 Peserta Tantangan #BacaJakarta]

Lomba Pidato Bahasa Inggris, Lomba Mewarnai, dan Lomba Baca Puisi akan dilaksanakan pada 30 Juli 2019, sedangkan Lomba Menggambar akan dilaksanakan pada 31 Juli 2019. Serangkaian lomba ini akan dilaksanakan di Kantor Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Menurut Dian, lomba tersebut sifatnya berjenjang. Nanti para pemenang di tingkat kota, akan maju untuk mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi DKI Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.