Jaksel Buka Pendaftaran Kompetisi HANJABA 2019

Pendidikan

Jakarta Selatan Buka Pendaftaran Kompetisi HANJABA 2019

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sejak tahun 2006 sudah aktif mendukung seruan Hari Anak Jakarta Membaca. Hal ini dilandasi Keputusan Gubernur No.399 Tahun 2006 tentang Kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca. Kegiatan ini merupakan bentuk tingak lanjut dari Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan Tahun 1995 oleh Presiden Soeharto.

Kegiatan ini juga dilandasi oleh Pencanangan Gerakan Membaca Nasional Tahun 2003, sekaligus bentuk realisasi Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan khususnya Pembudayaan Kegemaran Membaca.

[Baca Juga: Semarak Gerakan Membaca 30 Hari di Jakarta Barat]

Hari Anak Jakarta Membaca ini tentu merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Jakarta. Maka dari itu setiap tahunnya kegiatan ini terus dilakukan. Pada tahun 2019 ini, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Selatan telah membuka pendaftaran bagi anak-anak di Jakarta Selatan, untuk mengikuti kompetisi guna memeriahkan Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA) 2019.

Pustakawan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan Dian Mardiana menyebutkan, pendaftaran kompetisi ini telah dibuka sejak 13 Mei 2019 sampai dengan 19 Juli 2019. "Untuk proses dan kriteria pendaftaran bisa dilihat di instagram @perpus.jaksel. Nanti bisa langsung daftar dengan klik link google form yang tersedia di bio akun tersebut," kata Dian.

[Baca Juga: IKANOBU Kumpulkan Pelajar dalam acara Baca Jakarta di Pulau Tidung]

"Selain sosialisasi di media sosial, kami juga menyebar poster di sekolah-sekolah melalui petugas Pusling (Perpustakaan Keliling) pada saat mereka melaksanakan layanan," ujar Dian.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (17/5/2019) Dian mengatakan, ada beberapa jenis lomba yang diadakan dalam kompetisi tersebut, diantaranya adalah Lomba Mewarnai Tingkat TK/PAUD, Lomba Menggambar Tingkat SD/MI Kelas 1-3, Lomba Bercerita tingkat SD/MI kelas 4-5, Lomba Baca Puisi tingkat SMP/MTS/sederajat, serta Lomba Pidato Bahasa Inggris tingkat SMA/SMK/MA/sederajat.

[Baca Juga: RPTRA Kampung Benda Punya 10 Peserta Tantangan #BacaJakarta]

Lomba Pidato Bahasa Inggris, Lomba Mewarnai, dan Lomba Baca Puisi akan dilaksanakan pada 30 Juli 2019, sedangkan Lomba Menggambar akan dilaksanakan pada 31 Juli 2019. Serangkaian lomba ini akan dilaksanakan di Kantor Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Menurut Dian, lomba tersebut sifatnya berjenjang. Nanti para pemenang di tingkat kota, akan maju untuk mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.