Obesitas

Kesehatan

Jakarta Selatan Waspada Obesitas, 4 Sehat 5 Sempurna Sudah Tidak Relevan

Obesitas merupakan sebuah kondisi kronis akibat penumpukan lemak. Kondisi ini bisa terjadi akibat asupan kalori lebih banyak, sedangkan aktivitas yang membakar kalori jarang dilakukan, sehingga kalori banyak yang menumpuk. Obesitas dapat dipicu dengan perubahan gaya hidup, asupan nutrisi, dan semakin banyaknya makanan olahan yang dikonsumsi.

Di Indonesia, penderita obesitas ditemukan sebanyak 23 persen dari jumlah penduduk, sesuai data yang dikumpulkan pada tahun 2010. Obesitas biasa mengakibatkan banyak masalah kesehatan seperti penyakit jantung, pembuluh darah, diabetes, serta beberapa penyakit kanker. Maka dari itu, dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 yang biasa dirayakan setiap 25 Januari, Pemkot Jakarta Selatan mengingatkan warga untuk tidak makan berlebihan sehingga mengakibatkan obesitas.

Jakarta Selatan Waspada Obesitas, 4 Sehat 5 Sempurna Tidak Lagi Relevan

Peringatan ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali. Menurutnya, sekarang 4 sehat 5 sempurna tak lagi relevan, kini yang penting adalah gizi seimbang. "Jangan terlalu banyak (makan), kalau dalam beragama itu jangan berlebih," sebut Marullah.

Dikutip dari selatan.jakarta.go.id (7/2/2020) Marullah menuturkan, obesitas kini juga menjadi masalah yang harus diperhatikan generasi milenial. Selain itu, ada juga gizi kurang seimbang dan anemia.

[Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Cegah Anemia]

"Kondisi nya berbeda, dulu bersabar untuk mendapatkan makanan. Sekarang bersabar mengendalikan diri untuk tidak makan,” uajr Marullah

Menurutnya, ada kelompok tertentu yang melihat makanan saja takut, pembatasan makanan tanpa aturan, sehingga terjadi gizi tak seimbang. Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Muhammad Helmi menyebutkan, momentum peringatan Hari Gizi Nasional ke - 60 merupakan saat yang tepat untuk mendekatkan masyarakat agar menjadi SDM (Sumber Daya Manusia) yang cerdas, tangguh dan berprestasi di masa depan.

[Baca Juga: Ayo, Kenali 10 Pesan Gizi Seimbang]

Salah seorang siswa dan siswi Adzin dan Titania Fattiha mengatakan, sebagian warga di Jakarta menurutnya sudah mendapatkan gizi yang seimbang. Walaupun begitu, tak bisa dipungkiri, mungkin masih ada masyarakat yang gizinya belum terpenuhi.

Peringatan ini juga diramaikan dengan berbagai stand kerajinan dari PKK di 10 Kecamatan se-Jakarta Selatan. Penampilan lomba dance, poster kreatif, dan senam bibir merah yang diikuti oleh seluruh peserta acara.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.