Jakarta Sudah Punya Pasar Buku Murah di Salemba

Berita Kawasan

Jakarta Sudah Punya Pasar Buku Murah di Salemba

Siapa yang suka berburu buku dengan harga murah? Warga Jakarta yang menyukai membaca dan mengoleksi berbagai buku patut bergembira. Mengapa? Karena baru saja diresmikan Pasar Buku Murah di Jakarta, yang dinamakan Jakbook.

Peresmian Jakbook dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 29 April 2019. Jakbook merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang kemudian melalui Perumda Pasar Jaya diwujudkan dan dikelola untuk membuat harga buku lebih terjangkau.

Jakarta Sudah Punya Pasar Buku Murah di Salemba

Melansir beritajakarta.id (29/4/2019), kualitas suatu bangsa dipengaruhi kualitas manusia. Sedangkan, salah satu yang mempengaruhi kualitas manusia adalah pendidikan. Menurut Anies, aspek tersebut membutuhkan kemampuan literasi. "Begitu bicara literasi, buku adalah kuncinya. Alhamdulillah, hari ini kita punya pasar buku," lanjutnya.

[Baca Juga: Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi]

Buku adalah suatu kebutuhan dasar, dan buku juga masih menjadi sesuatu yang mahal di Indonesia. Hal itu disebabkan karena biaya distribusi yang cukup tinggi seperti yang dikatakan Anies. Dengan adanya pasar buku Jakbook, Anies ingin agar buku-buku bisa dijual dengan harga terjangkau sebagai salah satu langkah memperbaiki ekosistem perbukuan di Jakarta.

Bagi masyarakat yang memiliki minat baca, Jakbook kini menjadi solusinya bila sebelumnya terkendala membeli buku karena buku dijual dengan harga yang mahal. Anies juga menyampaikan, Perumda Pasar Jaya selaku pengelola tidak hanya memiliki misi secara komersial, melainkan juga memiliki misi mulia untuk menghadirkan buku dengan harga terjangkau.

[Baca Juga: Ayo Sukseskan Tantangan #BacaJakarta 2019]

Sementara, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, pihaknya ingin menghadirkan kembali sentra penjualan buku dengan harga murah di Jakarta. "Dulu kita mengenal Kwitang, tetapi penjualan buku di sana sudah tidak ada lagi," ujarnya.

Dia menambahkan, Perumda Pasar Jaya ingin menjadi bagian penting untuk ikut mencerdaskan bangsa, sehingga membuat inovasi pasar buku Jakbook. "Kalau harga buku-buku terjangkau, semua jadi punya kesempatan yang lebih banyak untuk menambah pengetahuan dan wawasan," tuturnya.

[Baca Juga: Post Santa, Komunitas Pecinta Buku di Pasar Santa]

Selain Anies, turut hadir Najwa Shihab dalam peresmian pasar buku murah Jakbook. Berdasarkan unggahan akun Instagramnya @najwashihab, dia menuliskan buku-buku yang dijual di Jakbook lebih murah 30 persen dari harga buku di pasaran. Selain itu, Jakbook juga memiliki banyak stand buku-buku bekas baca yang bagus. Dan, Perumda Pasar Jaya akan membuat empat lokasi toko buku murah lainnya, yaitu di Pasar Perumnas Klender, Bukit Duri, Cilincing, dan Pasar Kedoya.

Nah, karena Jakarta sudah punya pasar buku murah , ayo berburu buku di Jakbook, Pointers!

Read More

Artikel Lainnya

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.