Jakarta Timur Raih Juara dalam Festival Pencak Silat Betawi 2019

Berita Kawasan

Jakarta Timur Raih Juara dalam Festival Pencak Silat Betawi 2019

Dalam upaya memberikan dukungan terhadap warga DKI Jakarta untuk menjaga kelestarian Pencak Silat Betawi yang menjadi seni budaya tradisional asli Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan Festival Pencak Silat Betawi tahun 2019.

Festival ini diwujudkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola (UP) Anjungan DKI dan Graha Wisata pada Minggu, 24 Maret 2019 di Anjungan DKI Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

[Baca Juga: Silat Beksi Haji Hasbullah Atraktif dan Energik]

Festival Pencak Silat Betawi tahun ini di ikuti 31 grup dari Padepokan Pencak Silat Betawi yang terdiri dari 13 grup dari Jakarta Timur, 10 grup dari Jakarta Selatan, 6 grup dari Jakarta Barat, 1 grup dari Jakarta Utara dan 1 grup dari Jakarta Pusat.

Kemenangan dalam Festival Pencak Silat Betawi berhasil diraih grup dari Jakarta Timur yakni dengan mendapatkan juara 1 dan juara 3. Grup Siber Combinasi Kong Marullah meraih juara 1 dan grup Sikumpi mendapat juara 3. Kedua grup tersebut merupakan grup pencak silat yang berasal dari wilayah Jakarta Timur. Sedangkan juara 2 diraih Perguruan Pencak Silat Beksi Merah Delima Indonesia dari grup Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Silat Cingkrik, Layaknya Tarian Namun Mematikan]

Mengutip laman timur.jakarta.go.id (26/3/2019), Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Anjungan Provinsi DKI Jakarta TMII Fadlan Zuhran mengatakan Festival Pencak Silat Betawi diselenggarakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya Betawi dan juga memperkenalkan budaya Betawi kepada masyarakat luas.

Fadlan menjelaskan, UPT Anjungan Provinsi DKI Jakarta TMII baru pertama kali mengadakan Festival Pencak Silat Betawi. “Festival Pencak Silat Betawi diadakan oleh UPT Anjungan Provinsi DKI Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah merupakan yang pertama diadakan, dan akan dilaksanakan pada tahun berikutnya," jelasnya.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Fadlan juga menyampaikan harapannya agar masyarakat Jakarta lebih mengetahui dan memahami pencak silat Betawi melalui Festival Pencak Silat Betawi, Selain itu, antusias masyarakat yang dilihat Fadlan membuatnya berencana menambah peserta tahun depan lebih banyak dari tahun ini.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.