Jakarta Timur Raih Juara dalam Festival Pencak Silat Betawi 2019

Berita Kawasan

Jakarta Timur Raih Juara dalam Festival Pencak Silat Betawi 2019

Dalam upaya memberikan dukungan terhadap warga DKI Jakarta untuk menjaga kelestarian Pencak Silat Betawi yang menjadi seni budaya tradisional asli Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan Festival Pencak Silat Betawi tahun 2019.

Festival ini diwujudkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola (UP) Anjungan DKI dan Graha Wisata pada Minggu, 24 Maret 2019 di Anjungan DKI Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

[Baca Juga: Silat Beksi Haji Hasbullah Atraktif dan Energik]

Festival Pencak Silat Betawi tahun ini di ikuti 31 grup dari Padepokan Pencak Silat Betawi yang terdiri dari 13 grup dari Jakarta Timur, 10 grup dari Jakarta Selatan, 6 grup dari Jakarta Barat, 1 grup dari Jakarta Utara dan 1 grup dari Jakarta Pusat.

Kemenangan dalam Festival Pencak Silat Betawi berhasil diraih grup dari Jakarta Timur yakni dengan mendapatkan juara 1 dan juara 3. Grup Siber Combinasi Kong Marullah meraih juara 1 dan grup Sikumpi mendapat juara 3. Kedua grup tersebut merupakan grup pencak silat yang berasal dari wilayah Jakarta Timur. Sedangkan juara 2 diraih Perguruan Pencak Silat Beksi Merah Delima Indonesia dari grup Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Silat Cingkrik, Layaknya Tarian Namun Mematikan]

Mengutip laman timur.jakarta.go.id (26/3/2019), Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Anjungan Provinsi DKI Jakarta TMII Fadlan Zuhran mengatakan Festival Pencak Silat Betawi diselenggarakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya Betawi dan juga memperkenalkan budaya Betawi kepada masyarakat luas.

Fadlan menjelaskan, UPT Anjungan Provinsi DKI Jakarta TMII baru pertama kali mengadakan Festival Pencak Silat Betawi. “Festival Pencak Silat Betawi diadakan oleh UPT Anjungan Provinsi DKI Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah merupakan yang pertama diadakan, dan akan dilaksanakan pada tahun berikutnya," jelasnya.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Fadlan juga menyampaikan harapannya agar masyarakat Jakarta lebih mengetahui dan memahami pencak silat Betawi melalui Festival Pencak Silat Betawi, Selain itu, antusias masyarakat yang dilihat Fadlan membuatnya berencana menambah peserta tahun depan lebih banyak dari tahun ini.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.