Jakarta Timur Raih Juara dalam Festival Pencak Silat Betawi 2019

Berita Kawasan

Jakarta Timur Raih Juara dalam Festival Pencak Silat Betawi 2019

Dalam upaya memberikan dukungan terhadap warga DKI Jakarta untuk menjaga kelestarian Pencak Silat Betawi yang menjadi seni budaya tradisional asli Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan Festival Pencak Silat Betawi tahun 2019.

Festival ini diwujudkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola (UP) Anjungan DKI dan Graha Wisata pada Minggu, 24 Maret 2019 di Anjungan DKI Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

[Baca Juga: Silat Beksi Haji Hasbullah Atraktif dan Energik]

Festival Pencak Silat Betawi tahun ini di ikuti 31 grup dari Padepokan Pencak Silat Betawi yang terdiri dari 13 grup dari Jakarta Timur, 10 grup dari Jakarta Selatan, 6 grup dari Jakarta Barat, 1 grup dari Jakarta Utara dan 1 grup dari Jakarta Pusat.

Kemenangan dalam Festival Pencak Silat Betawi berhasil diraih grup dari Jakarta Timur yakni dengan mendapatkan juara 1 dan juara 3. Grup Siber Combinasi Kong Marullah meraih juara 1 dan grup Sikumpi mendapat juara 3. Kedua grup tersebut merupakan grup pencak silat yang berasal dari wilayah Jakarta Timur. Sedangkan juara 2 diraih Perguruan Pencak Silat Beksi Merah Delima Indonesia dari grup Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Silat Cingkrik, Layaknya Tarian Namun Mematikan]

Mengutip laman timur.jakarta.go.id (26/3/2019), Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Anjungan Provinsi DKI Jakarta TMII Fadlan Zuhran mengatakan Festival Pencak Silat Betawi diselenggarakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya Betawi dan juga memperkenalkan budaya Betawi kepada masyarakat luas.

Fadlan menjelaskan, UPT Anjungan Provinsi DKI Jakarta TMII baru pertama kali mengadakan Festival Pencak Silat Betawi. “Festival Pencak Silat Betawi diadakan oleh UPT Anjungan Provinsi DKI Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah merupakan yang pertama diadakan, dan akan dilaksanakan pada tahun berikutnya," jelasnya.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Fadlan juga menyampaikan harapannya agar masyarakat Jakarta lebih mengetahui dan memahami pencak silat Betawi melalui Festival Pencak Silat Betawi, Selain itu, antusias masyarakat yang dilihat Fadlan membuatnya berencana menambah peserta tahun depan lebih banyak dari tahun ini.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.