Lubang 1.jpg

Berita Kawasan

Jalan Perbatasan Kabupaten Malang dengan Kota Batu Penuh Lubang dan Tambalan

Jalan yang rapi, rata, dan dilengkapi dengan rambu yang jelas adalah salah satu syarat keamanan berkendara. Selain itu, kedisiplinan masyarakat dalam memperhatikan setiap simbol di jalanan juga menjadi kebutuhan praktikal. Hal ini menjadi perhatian khusus oleh PingPoint pada 1 Mei 2021 ketika sedang melintas dari Kota Batu ke Karangploso, Kabupaten Malang Utara.

Jalan Kecamatan Karangploso ini merupakan salah satu lintasan utama bagi wisatawan dari arah timur. Biasnaya wisatawan dari arah tersebut keluar dari Tol Karanglo atau Tol Pandaan. Selain bagi wisatawan, jalur ini juga menjadi salah satu penghubung inti bagi distributor yang hendak mengantarkan suatu produk ke Kota Batu dari berbagai kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta. Bagi masyarakat Kabupaten Malang Utara, utamanya Kecamatan Krangposo, jalan raya ini menjadi lintasan terdekat untuk menuju Kota Batu. Tidak heran apabila masyarakat pun mulai mengeluhkan ketidaknyamanannya di jalan raya yang masih banyak lubang dan tambalan ini.

Lubang 2.jpg

Sudah hampir satu tahun jalan antardaerah tersebut dibiarkan penuh lubang. Tambalan yang ada hanya berbahan semen dan merupakan pengolahan swadaya masyarakat yang peduli. “Sampai satu tahun ini, saya tinggal di Dau sebab istri saya kerja sebagai guru TK di Karangploso. Biar saya saja yang menempuh jarak jauh untuk berdagang ke Kota Batu. Ya... udah begini ini kondisi jalannya. Bikin deg-degan kalau melaju di belakang mobil, tahu-tahu kejegluk. Lubangnya kayaknya bisa 15-20 Cm kalau dari pengalaman saya hampir oleng pas naik motor,” terang Farid, pengusaha laptop bekas dan asesorisnya.

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Genjot Perbaikan Jalan yang Rusak Akibat Banjir]

Berdasarkan keterangan Farid tersebut, PingPoint pun mencoba mengonfirmasi kepada Pemerintah Kota Batu dan Pemerintah Kabupaten Malang. Keduanya senada, yang mana secara umum mengatakan bahwa jalan tersebut merupakan tanggungjawab Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Namun demikian, kedua pihak tidak menginformasikan kembali apakah sudah ada jalinan komunikasi dengan Pemerintah Jawa Timur terkait perbaikan jalan lintas daerah tersebut.

“Tentu saja, saya berharap ada gerakan dari pemerintah. Ini karena banyak lubangnya, kadang banyak yang jadi harus buka-tutup jalan. Dan, ini bisa macet,” ungkap Faisal, pemuda Karangploso yang hendak menuju Kota Batu.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.