Jalan Tunjungan Surabaya.jpg

Berita Kawasan

Jalan Tunjungan Surabaya Resmi Sebagai Tempat Wisata

Jalan Tunjungan Surabaya resmi ditetapkan sebagai tempat wisata. Pembukaan jalan bersejarah di Kota Pahlawan itu diberi tajuk 'Tunjungan Romansa'.

"Setelah acara ini dan mulai malam berikutnya maka Tunjungan akan menjadi Tunjungan Romansa," ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat membuka Tunjungan Romansa, Minggu (21/11/2021).

Eri menjelaskan masyarakat yang datang di kawasan Tunjungan tak hanya disuguhi suasananya. Namun, berbagai spot foto yang telah dihiasi dengan berbagai mural, aneka produk UMKM dan tempat melihat pertunjukan seni dan budaya hingga kuliner.

"Kita hidupkan kembali karena ada heritage-nya di Jalan Tunjungan. Bahkan ada tempatnya Cak Markeso di situ tempat latihan seni, tempat latihan jula-juli ada di sana," dia menambahkan.

Jalan Tunjungan yang membentang arah Utara ke Selatan itu memang sarat sejarah. Dulu kawasan tersebut bernama Petoenjoengan.

[Baca Juga: Tingkatkan Kunjungan, Pemkot Surabaya Hadirkan Ini di Wisata Romokalisari]

Petoenjoengan dulunya adalah koridor penghubung antara Kota Lama (Kota Indisch-1870/1900) dan Kota Baru (Kota Gemeente-1905/1940). Jalan tersebut tumbuh dan berkembang sebagai shopping-street dengan shopping arcade.

Di sepanjang Jalan Tunjungan Surabaya itu terdapat bangunan lawas, di antaranya Siola. Gedung itu dibangun tahun 1920-an oleh konglomerat Inggris Robert Laidlaw.

Dalam prosesnya gedung itu menjadi pusat grosir terlengkap dengan merek dagang White Away Laidlaw and Co. Gedung Siola menjadi pertokoan terbesar di Hindia Belanda pada tahun 1900-an.

Selain itu, ada pula Hotel Majapahit, yang disebut juga dengan nama Hotel Orange di Zaman Belanda dan Hotel Yamato di zaman Jepang. Hotel di Jalan Tunjungan menjadi saksi kisah bersejarah yang dikenal sebagai Peristiwa Perobekan Bendera yang terjadi pada 19 September 1945.

[Baca Juga: Hutan Bambu Surabaya, Pilihan Wisata Sederhana Bernuansa Alam]

Jalan Tunjungan juga menjadi salah satu pusat segitiga emas perdagangan di Surabaya, yaitu Jalan Tunjungan, Jalan Blauran, dan Jalan Embong Malang.

Setelah Tunjungan Romansa resmi dihidupkan, Pemkot Surabaya juga menerapkan aturan parkir. Para pengunjung yang datang diminta tidak memarkir kendaraannya di Jalan Tunjungan. Hal itu berlaku sejak pukul 16.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Sebagai gantinya, pemkot menyediakan sembilan lokasi atau kantong parkir di sekitar kawasan wisata Jalan Tunjungan. Di antaranya yakni di Gedung Siola, TEC, Hotel Double Tree, Jalan Genteng Besar, Jalan Tanjung Anom, Hotel Majapahit, Pasar Tunjungan, Jalan Kenari, dan Hotel Swiss Bell Inn.


Read More

WISATA TUNJUNGAN MALAM

Pasar Malam

None
None

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.