Inilah James Raiz, Ilustrator Komik dan Youtuber Ternama Asal Kanada

Berita Kawasan

James Raiz, Ilustrator Komik dan Youtuber Ternama Asal Kanada

Bagi Anda yang bukan penggemar komik dari Barat mungkin terasa asing dengan nama James Raiz. Padahal di dunia komik, ia dikenal sebagai ilustrator di sejumlah komik ternama seperti serial Transformers untuk IDW Publishing, The Incredible HULK Destruction untuk Marvel, dan Wonder Woman serta Birds of Prey untuk DC Comics. Selain itu, ia juga dikenal sebagai seniman efek visual di sejumlah film Hollywood serta serial televisi Barat. PingPoint.co.id pun sempat bertemu dan berbicang dengan ilustrator asal negara Kanada tersebut.

Walau dikenal sebagai ilustrator, salah satu karier yang saat ini memang terus digeluti oleh James Raiz adalah sebagai seorang Youtuber dan ia terbilang sukses dalam ranah ini. “Di internet saya dikenal sebagai ‘The Box Office Artist’ yang juga seorang Youtuber dan pada tahun ini telah mencapai angka satu juta subscibers. Saya juga menggambar dengan yang paling dikenal adalah di serial Transformers,” ujar James Raiz kepada PingPoint.co.id di Shopee Indonesia Comic Con 2019 di JCC Senayan, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (12/10/2019).

Inilah James Raiz, Ilustrator Komik dan Youtuber Ternama Asal Kanada

Dalam perjalanan kariernya di dunia ilustrasi komik serta efek visual film, James Raiz sebenarnya menapakinya sejak ia belia. Pasalnya, ia memang memiliki hobi menggambar dan ini sempat bertentangan dengan kemauan orangtuanya yang menginginkannya sukses sebagai seorang dokter.

“Sejauh yang saya tahu, saya sangat suka menggambar tapi saya diarahkan menjadi dokter. Namun di akhir masa SMA, saya memutuskan fokus untuk menggambar. Pada momen itulah saya mengatakan kepada ibu bahwa saya tidak akan menjadi dokter dan mau menjadi seniman,” ucapnya.

[Baca Juga: Connectoon, Surganya Komik Lokal & Barang Kolektor di M Bloc Space]

Tentu saja permintaannya itu sempat membuat ibunya bingung. Demi meyakinkan tekadnya terjun di dunia ilustrasi, James Raiz pun membuat kesepakatan dengan ibunya mengenai keputusannya tersebut. “Saya mengatakan, ‘Izinkan saya ke sekolah seni dan jika dalam kurun waktu tiga tahun saya mengganggu, saya akan mengambil sekolah kedokteran.’ Tapi setelah tiga tahun, ternyata saya mendapatkan pekerjaan menjadi ilustrator komik dan membuat saya menggambar di serial Transformers,” jelasnya.

Setelah bekerja di berbagai komik ternama, pada tahun 2007 James Raiz pun mencapai pada titik ingin melebarkan sayapnya di kariernya. Ia pun kembali berkuliah dan kali ini mengambil jurusan animasi komputer yang akhirnya memicunya berkesempatan bekerja sebagai seniman efek visual di film-film Hollywood. “Saya bekerja di dunia perfilman selama delapan tahun. Saya terlibat di film Watchmen, Percy Jackson, Fantastic Four,” ucapnya.

Bekerja di Belakang Layar

Selama ini, nama James Raiz pun masih belum terlalu dikenal publik. Pasalnya, James Raiz selalu bekerja di belakang layar atau menggambar untuk komik sehingga namanya belum melejit. Justru momen yang membuat namanya meroket adalah ketika ia memulai channel YouTube-nya sendiri dan membuat konten viral yang melibatkan kemampuannya sebagai ilustrator.

“Di tahun 2016, saya ingin mencoba serius di YouTube yang sebenarnya saya sudah memiliki channel-nya sejak tahun 2013 tapi hanya untuk senang-senang. Saya memiliki mentor bernama Jazza yang membantu saya menentukan bagaimana menjalankannya dan di tahun 2016 saya memutuskan untuk menekuninya. Dari sinilah saya berhenti bekerja di dunia perfilman untuk konsentrasi menghasilkan karya sesuai keinginan saya di YouTube,” tuturnya.

[Baca Juga: Ayo Ikut Lomba Esai dan Komik Si Pitung!]

Dari channel YouTube ini ada dua konten yang membuat namanya meroket. Pertama adalah mural Star Wars yang memiliki panjang 4,5 meter dan tinggi 1,6 meter yang membutuhkan Jamez Raiz waktu 1.000 jam untuk menyelesaikannya. Ternyata karyanya ini menarik perhatian Disney dan Marvel yang akhirnya mengontraknya untuk mengerjakan instalasi seni untuk Avengers: Infinity War dan dipamerkan di Kota Los Angeles, Amerika Serikat.

Selain itu, konten kedua yang melejitkan namanya adalah ketika ia membantu putranya dalam menggambar karakter komik. “Musim panas tahun lalu, anak saya menghampiri dengan gambar karakter yang keren dan saya berpikir untuk menggambar ulang karakter itu. Saya menggambarnya dengan gaya saya sendiri dan itulah video pertama saya yang dengan cepat mencapai satu juta view,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.