ilustrasi tukang jamu

Kecantikan dan Fashion

Jamu: Skin Care Keelokan Perempuan Jawa dalam Serat Centhini

Siapa yang tak mengenal jamu, minuman asli tanah air yang kerap kali dijual dengan cara digendong atau menggunakan sepeda. Khasiat jamu telah dimanfaatkan sejak jaman nenek moyang untuk menghangatkan tubuh, menjaga kesehatan, mengobati penyakit, dan juga menjaga penampilan khususnya kaum hawa agar tampil cantik alami.

Terdapat relief tentang Jamu pada Candi Borobudur juga Candi Prambanan. Setidaknya ada lebih dari 50 jenis tanaman yang digunakan sebagai komponen jamu. Tak hanya pada relief candi, informasi tertulis tentang jamu juga terabadikan dalam Serat Centhini yang tersimpan di perpustakaan Keraton (istana) Surakarta.

Minum Jamu Efektif Cegah Corona Ini Penjelasan Profesor UB Malang

Ramuan tradisional yang memiliki kandungan yang baik untuk kulit bisa dikatakan skin care alami. Berikut ini adalah jenis ramuan jamu yang membuat kulit sehat, kencang, dan bersinar yang telah dirangkum oleh Pingpoint.co.id dari berbagai sumber.

  • Jamu Kunyit Asam

Kandungan vitamin pada kunyit asam berupa minyak atsiri, vitamin C, protein, kalium, kurkuminoid, fosfor dan besi bisa membuat kulit wajah semakin cerah dan segar, menurunkan berat badan, membuang racun tubuh, meredakan peradangan, menghilangkan bau badan dan membuat kulit tampak awet muda. Racikan jamu satu ini sudah terkenal di kalangan wanita karena bisa meredakan nyeri haid.

Kalian bisa membuatnya sendiri dirumah. Parut dua ruas kunyit, masukkan ke dalam panci bersama asam jawa dan gula jawa dan tambahkan air, rebus hingga mendidih. Jamu kunyit asam siap dikonsumsi.

  • Jamu Beras Kencur

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan menggunakan ramuan alami, jamu beras kencur solusinya. Jamu ini dipercaya sebagai pelangsing alami, tak hanya itu, jika rutin mengkonsumsinya jerawatpun akan hilang disertai kulit yang kencang.

Olahan beras kencur ditambahkan dengan asam, kunyit, jahe, kapulaga dan kedaung, lalu direbus hingga mendidih. Minuman ini cocok diminum dalam keadaan dingin.

[Baca Juga: Jamu dengan Kemasan Kekinian Raup Untung Besar!]

  • Jamu Daun Pepaya

Walaupun rasanya pahit, namun banyak sekali manfaat jamu daun pepaya bagi kesehatan maupun kecantikan. Di antaranya mengatasi rambut rontok, anti penuaan, bebas jerawat, dan mencegah risiko kanker.

Pengolahannya cukup mudah, petik beberapa lembar daun pepaya dan rebus dengan air hingga mendidih. Jika tak ingin repot, setelah direbus daun pepaya bisa dijus dan disaring agar ampasnya terpisah.

  • Jamu Daun Sinom

Sinom adalah daun asam jawa yang masih muda. Mengkonsumsi daun ini bisa mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan semakin sehat, cerah dan bebas dari jerawat.

Sinom direbus bersama temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, ditambah gula merah dan gula putih bila dirasa kurang manis. Jamu ini cocok dikonsumsi dingin.

  • Jamu Daun Sambiloto

Kandungan jamu daun sambiloto dipercaya sebagai anti aging alami. Hal ini karena andrografin, androfolit (zat pahit), dan panikulin yang ada pada daun sambiloto berfungsi sebagai antibiotik sehingga bisa menghambat penuaan kulit serta membersihkan racun dalam tubuh.

Jamu ini dapat dibuat dengan cara merebus daun sambiloto sehingga zat aktif yang terkandung di dalamnya terekstrak. Saat diminum, zat aktif dengan sifat antibakteri akan mengatasi bakteri yang menginfeksi di kulit wajah melalui darah. Untuk hasil yang maksimal, disarankan mengkonsumsinya sebanyak dua kali sehari.

ilustrasi jamu

Itulah beberapa khasiat Jamu untuk kecantikan. Walaupun terkesan kuno, jangan remehkan manfaatnya untuk kulitmu. Mengikuti perkembangan jaman, saat ini banyak produsen jamu yang memanjakan konsumennya dengan produk instan. Jadi jika anda terlalu malas untuk membuatnya sendiri, tidak ada salahnya mengkonsumsi jamu instan. Tertarik mencoba skin care alami? Yuk, minum jamu!

[Baca Juga: Puluhan Pedagang Jamu Gendong di Yogyakarta Terima Sertifikat BPOM]


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.