Jangan Biarkan Depresi Berlarut-larut! Ikuti Tips Mengatasinya

Kesehatan

Jangan Biarkan Depresi Berlarut-larut! Ikuti Tips Mengatasinya

Menjalani hidup dengan beban yang berat sehingga timbul depresi sangat tidak mengenakkan. Hal ini tentu saja bisa mengganggu aktivitas Anda dalam sehari-hari. Bila Anda sudah terserang depresi, jangan biarkan sampai berlarut-larut. Seperti dilansir dari laman webmd.com (07/08/2018), cara mengatasi depresi:

1. Atur Jadwal Harian

Depresi tidak baik bila dibiarkan dan tidak cepat-cepat diatasi. Salah satunya untuk mengatasi depresi adalah dengan membuat atau mengatur jadwal harianmu. Dengan begitu, seseorang yang mengalami depresi akan disibukkan dengan kegiatan rutin yang harus mereka kerjakan. Seperti yang dijelaskan Ian Cook, MD, seorang psikiater dari University of California.

2. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup sekurang-kurangnya 6 jam dalam sehari. Tanpa Anda sadari, kurangnya istirahat akan memperburuk gejala depresi Anda. Memang tidak mudah mengatur jadwal tidur bagi seseorang yang mengalami depresi. Biasanya jam tidur mereka jadi berantakan. Cobalah untuk tidur nyenyak dengan melakukan ritual sebelum tidur, seperti meditasi atau berendam dengan air hangat.

[Baca Juga: Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Depresi]

3. Olahraga Teratur

Olahraga tidak hanya dapat membuat sehat jasmani, namun juga jiwa. Dengan berolahraga dapat membantu mengurangi depresi seseorang. Hal demikian bisa terjadi karena pengaruh hormon endorfin serta dopamin yang meningkat saat Anda berolahraga. Kedua hormon tersebut mampu meredakan rasa sakit sekaligus membuat mood jauh lebih baik.

4. Rutin Minum Obat

Mengonsumi obat pereda depresi adalah salah satu cara untuk mengatasinya agar tidak berlarut-larut atau tidak semakin parah. Obat-obatan ini dapat Anda konsumsi dengan resep psikater Anda, seperti citalopram (Celexa), escitalopram (Lexapro), fluoxetine (Prozac), sertraline (Zoloft) dan vilazodone (Viibryd) adalah beberapa obat golongan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) yang dapat diminum untuk mengelola gejala depresi.\

5. Psikoterapi

Datang ke psikoterapi atau terapi psikologis dapat membantu Anda mengatasi depresi yang selama ini Anda rasakan. Jangan malu untuk mendatangi dokter kejiwaan. Karena depresi juga merupakan penyakit yang harus segera diatasi. Seorang psikiater akan membantu Anda menemukan jalan keluarnya dan melewati situasi sulit yang sedang Anda alami.

[Baca Juga: Stres Berkepanjangan Ditempat Kerja? Hati-Hati Burnout]

6 Mengatur Pola Makan

Tidak sembarang makan orang yang sedang Depresi. BIla tidak ingin memperparah depresi, sebaiknya Anda hindari untuk mengonsomsi alkohol, minuman berkafein atau pun makanan olahan. Anda bisa mengonsumsi makanan yang sebaiknya disarankan untuk meredakan depresi, seperti sayur berdaun hijau gelap, jamur, alpukat, apel, dan tomat.

Itulah enam tips mengatasi depresi. Jangan sampai depresi mengganggu aktivitas Anda!


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.