Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Daun Jambu Biji

Kesehatan

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Jambu biji merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Jambu biji kerap kali dijual sebagai minuman olahan seperti jus. Sebagian besar orang juga sudah sadar dengan manfaat jambu biji untuk kesehatan. Tapi belum banyak orang yang tahu, bukan hanya jambu biji yang bermanfaat bagi tubuh. Daun dari jambu biji juga memiliki khasiat pengobatan yang dapat menawarkan beragam manfaat kesehatan.

Daun jambu biji kaya akan antioksidan dan tanin. Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi dan sifat antibakteri. Daun jambu biji biasanya dinikmati dengan cara diseduh seperti teh. Dengan cara ini, vitamin C dan kandungan flavonoid yang ada di dalamnya lepas dan bisa tersalurkan ke tubuh saat Anda meminumnya.

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Daun Jambu Biji

Sebenarnya apa saja manfaat daun jambu biji? Melansir dari boldsky.com (10/7/2019) inilah manfaat daun jambu biji untuk kesehatan tubuh.

1. Mengobati Diare

Anda menderita diare?  Coba seduh teh daun jambu biji atau mengonsumsi kapsul ekstrak daun jambu biji. Menurut sebuah penelitian, daun jambu biji memiliki sifat antidiare yang dapat meredakan buang-buah air besar.

2. Menurunkan Kolesterol

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji selama berbulan-bulan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida yang merupakan lemak yang masuk aliran darah tanpa menimbulkan efek samping.

[Baca Juga: 5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh]

3. Mengontrol Diabetes

Minum teh daun jambu biji dianggap bermanfaat bagi penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun jambu biji yang dikonsumsi secara rutin, dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

4. Mengobati Penyakit Gusi

Sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dimiliki daun jambu biji dapat melindungi gigi dan gusi dari peradangan dan masalah gigi dan gusi. Anda bisa mengonsumsi suplemen daun jambu biji dan mendapatkan manfaat kesehatan ini.

5. Cegah Kanker

Daun jambu biji kaya akan likopen. Zat ini memiliki sifat melawan kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker mulut. Selain itu, menurut sebuah penelitian, daun jambu biji memiliki kemampuan untuk menghentikan produksi androgen, hormon pria yang dapat mengakibatkan pertumbuhan sel kanker prostat.

Daun jambu biji juga mengandung quercetin, likopen, dan vitamin C yang memiliki sifat antikanker dan antitumor. Kombinasi kandungan tersebut dapat menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

[Baca Juga: 7 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit]

Itulah manfaat daun jambu biji untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengeringkan daun jambu biji dan diseduh layaknya teh atau dijus dan meminum sari-sarinya.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.