Jangan Dihindari Ini Tips Bantu Lalui Kemoterapi.jpg

Kesehatan

Jangan Dihindari, Ini Tips Bantu Lalui Kemoterapi

Tidak sedikit pasien yang merasa putus asa dan tidak menjalanakan pengobatan setelah divonis terkena kanker. Padahal, pengobatan kanker seperti kemoterapi sangat penting demi kesembuhan pasien itu sendiri.

Kemoterapi merupakan terapi yang memasukan bahan kimia ke dalam tubuh. Bahan kimia ini berfungsi untuk membunuh racun dan zat-zat sel kanker dalam tubuh. Setelah menjalankan terapi ini memang memiliki efek samping seperti mual, pusing, dan tidak enak badan.

[Baca Juga: Ketahuilah Gejala dan Pengobatan untuk Kanker]

Hal tersebut terkadang membuat pasien menjadi stres atau bosan dengan perawatan yang wajib dilakukan berulang kali dan terus menerus. Mengutip laman Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta Barat (25/2/2019), berikut ini adalah tips untuk membantu melalui kemoterapi.

1. Berikan Dukungan Emosional

Pada saat menjalani masa kemoterapi, beberapa pasien mengalami stres akibat putus asa. Maka, dukungan emosional dari orang yang kita cintai sangatlah penting untuk mengurangi tekanan batin yang dialami. Dukungan emosional adalah ekspresi empati dan perhatian terhadap individu. Dukungan ini meliputi empati, perhatian, rasa cinta, mendampingi dan memberi semangat.

2. Bawa Barang yang Membuat Pasien Nyaman

Bawalah barang apapun yang membuat pasien nyaman saat kemoterapi, seperti buku untuk membaca, bantal tambahan maupun hobi sederhana lainnya yang dapat dilaksanakan saat pengobatan berlangsung.

3. Selalu Hidrasi Tubuh

Untuk mencegah dehidrasi, biasanya pasien disarankan untuk minum banyak air. Tetapi jika Anda berpikir mustahil untuk menenggak delapan gelas air setiap harinya, Anda bisa konsumsi makanan yang banyak mengandung air.

4. Perhatikan dan Jaga Kebersihan

Hal ini tentu adalah hal yang mutlak dan harus dilakukan oleh semua orang, karena menjaga kebersihan diri tentunya saat menjalani kemoterapi merupakan hal yang sangat penting terutama untuk menjaga diri kita tetap sehat, dan mengurangi risiko diri kita maupun orang terdekat terserang penyakit.

5. Atur Pola Makan dan Jaga Berat Badan

Sebenarnya, pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh bisa menyebabkan selera makan menurun. Jadi, sel kanker akan mengeluarkan zat sitokin yang merangsang otak untuk menekan nafsu makannya. Maka, pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi butuh pengaturan makan yang tepat supaya nutrisinya tetap terpenuhi dengan baik meski sedang susah makan.

[Baca Juga: Kampanye Deteksi Kanker Sejak Dini YKI Depok Ke Sekolah]

Memang ada saja tantangan dalam pengobatan kanker, salah satunya kemoterapi. Namun, kemoterapi bisa dilalui sedikit lebih nyaman dengan menjalankan beberapa tips tersebut. Jika Anda atau orang sekitar Anda memiliki penyakit kanker, segera konsultasikan pada dokter terkait.


Read More

Artikel Lainnya

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Kesehatan

Lansia Kala Pandemi, Harapan Meningkat tapi Masih Kelompok Rentan

27 September 2021, 19:07

Lansia di Kota Semarang terus bertambah dengan semakin meningkatnya harapan hidup, di sisi lain mereka masuk kelompok rentan. Pelayanan kesehatan pada kelompok lansia pun terus ditingkatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.