Jangan Ditahan, Ini Manfaat Kentut Bagi Tubuh

Kesehatan

Jangan Ditahan, Ini Manfaat Kentut Bagi Tubuh

Buang angin atau kentut merupakan perbuatan yang kurang sopan jika dilakukan di tempat umum. Selain karena bunyinya, aromanya yang tidak sedap sering dianggap menjijikkan bagi banyak orang. Meski begitu, kentut nyatanya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kentut juga bisa menjadi pertanda bahwa sistem pencernaan telah bekerja dengan baik. Namun tetap saja, kalian harus memperhatikan tempat ketika ingin buang angin. Jangan malah membuangnya ditempat keramaian yang akhirnya bisa mengganggu orang banyak.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa dirasakan setelah membuang angin?

[Baca Juga: Masuk Angin Tergolong Penyakit Sungguhan atau Mitos?]

1) Mengurangi Rasa Sakit Pada Perut

Ketika kita mengunyah, menelan, dan memproses makanan, semua hal ini akan menghasilkan gas dalam saluran pencernaan. Nah, jika gas yang ada dalam saluran pencernaan tidak dikeluarkan dan dibiarkan menumpuk di dalam perut, maka akan membuat perut menjadi tidak nyaman. Untuk itu, jangan pernah sesekali menahan kentut. Sebab dengan kentut, gas akan keluar dan mengurangi tekanan sehingga rasa sakit pada perut akan berkurang.

2) Membantu Menyeimbangkan Pola Makan

Buang angin atau kentut ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengetahui jenis makanan apa yang dibutuhkan oleh usus kita. Untuk diketahui, makanan yang berbeda dapat menghasilkan berbagai jenis gas. Contohnya jika jarang sekali kentut, mungkin kalian perlu banyak makan makanan berserat seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran. Atau jika kentut yang dihasilkan memiliki aroma yang sangat kuat, kalian bisa coba mengurangi konsumsi daging merah atau sejenisnya. Nah, jika sudah mengetahuinya, kalian bisa lebih mudah untuk menyeimbangkan asupan makanan.

Jangan Ditahan, Ini Manfaat Kentut Bagi Tubuh

3) Mendeteksi Alergi Makanan

Pernahkah kalian merasakan kembung dan kentut terus-menerus setelah mengonsumsi makanan yang mengandung laktosa? Jika pernah, berarti kalian memiliki alergi intoleransi laktosa. Setelah merasakan hal itu, otomatis ke depannya kamu akan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung laktosa seperti susu dan kacang-kacangan.

4) Membuat Bahagia

Ternyata, gas yang berhasil keluar dari tubuh dapat mengurangi kegelisahan. Dengan kata lain, kentut dapat memberikan sensasi bahagia yang luar biasa. Hal itu disebabkan karena hilangnya rasa sakit pada perut yang terjadi saat menahan kentut.

[Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memulai Kerokan]

Nah jika tau bahwa kentut dapat menyehatkan tubuh, jangan pernah sesekali kalian mencoba untuk menahannya. Bahkan dalam kondisi tertentu, menahan kentut bisa berdampak fatal seperti menimbulkan divertikulitis atau infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 3 years, 1 month lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88,net guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88,net ajaaa bukan yang lain..