Jangan Ditahan, Ini Manfaat Kentut Bagi Tubuh

Kesehatan

Jangan Ditahan, Ini Manfaat Kentut Bagi Tubuh

Buang angin atau kentut merupakan perbuatan yang kurang sopan jika dilakukan di tempat umum. Selain karena bunyinya, aromanya yang tidak sedap sering dianggap menjijikkan bagi banyak orang. Meski begitu, kentut nyatanya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kentut juga bisa menjadi pertanda bahwa sistem pencernaan telah bekerja dengan baik. Namun tetap saja, kalian harus memperhatikan tempat ketika ingin buang angin. Jangan malah membuangnya ditempat keramaian yang akhirnya bisa mengganggu orang banyak.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa dirasakan setelah membuang angin?

[Baca Juga: Masuk Angin Tergolong Penyakit Sungguhan atau Mitos?]

1) Mengurangi Rasa Sakit Pada Perut

Ketika kita mengunyah, menelan, dan memproses makanan, semua hal ini akan menghasilkan gas dalam saluran pencernaan. Nah, jika gas yang ada dalam saluran pencernaan tidak dikeluarkan dan dibiarkan menumpuk di dalam perut, maka akan membuat perut menjadi tidak nyaman. Untuk itu, jangan pernah sesekali menahan kentut. Sebab dengan kentut, gas akan keluar dan mengurangi tekanan sehingga rasa sakit pada perut akan berkurang.

2) Membantu Menyeimbangkan Pola Makan

Buang angin atau kentut ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengetahui jenis makanan apa yang dibutuhkan oleh usus kita. Untuk diketahui, makanan yang berbeda dapat menghasilkan berbagai jenis gas. Contohnya jika jarang sekali kentut, mungkin kalian perlu banyak makan makanan berserat seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran. Atau jika kentut yang dihasilkan memiliki aroma yang sangat kuat, kalian bisa coba mengurangi konsumsi daging merah atau sejenisnya. Nah, jika sudah mengetahuinya, kalian bisa lebih mudah untuk menyeimbangkan asupan makanan.

Jangan Ditahan, Ini Manfaat Kentut Bagi Tubuh

3) Mendeteksi Alergi Makanan

Pernahkah kalian merasakan kembung dan kentut terus-menerus setelah mengonsumsi makanan yang mengandung laktosa? Jika pernah, berarti kalian memiliki alergi intoleransi laktosa. Setelah merasakan hal itu, otomatis ke depannya kamu akan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung laktosa seperti susu dan kacang-kacangan.

4) Membuat Bahagia

Ternyata, gas yang berhasil keluar dari tubuh dapat mengurangi kegelisahan. Dengan kata lain, kentut dapat memberikan sensasi bahagia yang luar biasa. Hal itu disebabkan karena hilangnya rasa sakit pada perut yang terjadi saat menahan kentut.

[Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memulai Kerokan]

Nah jika tau bahwa kentut dapat menyehatkan tubuh, jangan pernah sesekali kalian mencoba untuk menahannya. Bahkan dalam kondisi tertentu, menahan kentut bisa berdampak fatal seperti menimbulkan divertikulitis atau infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 5 months lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88,net guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88,net ajaaa bukan yang lain..