Jangan Khawatir, Anak Autis Bisa Gali Potensinya Sendiri

Pendidikan

Jangan Khawatir, Anak dengan Autisme Bisa Gali Potensinya Sendiri

Tidak banyak yang mengetahui, ada perbedaan antara anak dengan autisme dan down syndrome. Namun, keduanya termasuk dalam golongan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Anak yang terlahir dengan berkebutuhan khusus seperti autisme ini memiliki gejala-gejala umum yang terlihat seperti dalam keterlambatan bicara (speech delay), tidak mau menengok bila dipanggil, kadang-kadang tertawa sendiri, dan tantrum.

Hal ini disebabkan karena adanya suatu kondisi pada simpul syarafnya sehingga memengaruhi perkembangan anak. Tanda keunikan dari anak dengan autisme tentu membutuhkan penanganan khusus, seperti yang disampaikan Praktisi Pendidikan, Himiks Dinas Sosial Kotamadya Semarang dan Koordinator Opdis Autis Sondang Intan Sihombing, S.Pd.

Jangan Khawatir, Anak Autis Bisa Gali Potensinya Sendiri 2

“Karena mereka mengalami hambatan dalam perkembangannya sehingga mereka membutuhkan penanganan khusus untuk bisa mencapai perkembangan yang optimal,” ujar Sondang ketikan dihubungi PingPoint.co.id (9/4/2020).

Walau anak dengan autisme memiliki perbedaan dalam perkembangannya. Namun, mereka punya kelebihan di atas kecerdasan anak normal. Hal ini dikarenakan anak dengan autisme memiliki kondisi pada bagian-bagian dalam otak yang membuatnya dapat mengingat dengan sangat baik dan jelas serta mampu mengerjakan sesuatu apa pun dengan lebih teliti.

[Baca Juga: Membuka Hati Jadi Kunci Dekatkan Diri ke Orang dengan Autisme]

“Mereka memiliki logika tinggi dan sangat disiplin dalam hal waktu sehingga output-nya pun lebih bagus dibandingkan anak yang tipikal,” ucap Sondang

Peneliti dari Universitas Yale di Amerika Serikat, dalam Jurnal PLoS Genetics, juga menemukan hubungan gen autisme membuat manusia lebih pintar. Peneliti melakukan analisis terhadap 5.000 orang dengan otak yang luar biasa serta mengalami gangguan spektrum autisme atau autism spectrum disorder (ASD).

Para peneliti menemukan varian gen tertentu yang berfungsi meningkatkan kinerja dan kekuatan otak seperti molekul untuk membuat neuron baru agar manusia lebih pintar ketika mengalami ASD.

[Baca Juga: Kiat Membangun Kemandirian Pada Anak dengan Autisme]

Dalam menangani anak dengan autisme, peran orangtua sangat diperlukan untuk mengembangkan buah hatinya agar mencapai potensi yang maksimal. Sondang mengatakan, untuk menggali potensi anak dengan autisme, yang harus dilakukan para orangtua adalah dengan mencari tahu terlebih dulu bakat dan minat sang anak. Dari situlah, anak bisa diarahkan agar bermanfaat untuk hidupnya.

“Kita harus menggali bakat dan minatnya di bidang apa, kemudian akan kita arahkan ke bidang yang sesuai supaya bisa mereka tekuni dan bermanfaat bagi hidupnya,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.