Jangan Khawatir, Corona Tak Akan Menyebar Melalui Barang Paket

Kesehatan

Jangan Khawatir, Corona Tak Akan Menyebar Melalui Barang Paket

Karena maraknya pemberitaan mengenai Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau yang sering disingkat corona aja, banyak orang yang menghindari bepergian ke negeri China atau bahkan ke negara sekitarnya. Bukan hanya itu, kekhawatiran terhadap virus corona juga melanda masyarakat yang secara aktif berbelanja barang dari China.

Banyak orang yang mengaku khawatir barang-barang yang mereka beli dari China “terinfeksi” virus Corona. Hal ini pun menimbulkan keresahan di masyarakat, apakah Novel Coronavirus (2019-nCoV) dapat menular melalui barang paketan? Untuk menjawab hal tersebut, PingPoint melansir dari kemkes.go.id (30/1/2020).

Hati-hati Coronavirus Kenali dan Cegah Penyakitnya

Berdasarkan informasi dari Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegaan dan Pengandalian Penyakit Achmad Yurianto, penyebaran novel coronavirus (2019-nCoV) melalui barang kemungkinannya sangat rendah. Ia menegaskan, virus tak dapat menular melalui benda mati. Achmad menjelaskan, agar tetap hidup, virus harus bertahan hidup sehingga ia membutuhkan inangnya, misalnya tumbuhan benalu yang membutuhkan perantara.

[Baca Juga: Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya]

''Virus itu analog, sama persis dengan benalu di pohon. Benalu ini tidak akan hidup di pohon yang mati, sehingga butuh sel hidup. Terkait dengan barang-barang yang merupakan benda mati, jika ada virus yang menempel, tentu akan mati. Karenanya sangat tidak memungkinkan jika menular melalui barang maupun pakaian, jadi masyarakat tidak perlu takut berlebihan terkait hal itu,'' ujar Achmad.

Achmad menyebutkan, sebenarnya yang harus diwaspadai itu bukan benda mati namun kebiasaan kita menjaga kebersihan diri, seperti menyentuh wajah, menyentuh mulut tanpa cuci tangan, atau pun mengucek mata.

[Baca Juga: Dinkes Tangerang Berikan Tips Cegah Novel Coronavirus]

“Sebenarnya yang harus diperhatikan justru kebiasaan yang tak sengaja dilakukan. Pasalnya setiap satu menit rata-rata setiap orang menyentuh mata, hidung, dan mulut paling tidak dua kali tanpa disadari. Jika tangan kita tercemar virus, dan menyentuh bagian-bagian tersebut, maka sama saja kita memasukkan sesuatu ke tubuh,” jelas Achmad.

Maka dari itu, sebagai bagian dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Achmad mengimbau masyarakat untuk mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari dampak virus corona. Misalnya dengan menggunakan masker untuk menghindari percikan masuk ke dalam mulut atau hidung, mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik agar tetap higienis.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Kelly 2 years, 6 months lalu
    kelly

    Jangan sia-sia kan masa muda mu untuk hal yang tidak perlu, kunjungi qqharian,info Dan kamu hanya perlu bermain game untuk menangkan hadiah puluhan juta rupiah, tertarik untuk bergabung? Kunjungi situs nya sekarang juga. Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE