Jangan Lewatkan Puncak Acara Festival Musik Rumah 2020 Akhir Pekan Ini

Hobi dan Hiburan

Jangan Lewatkan Puncak Acara Festival Musik Rumah 2020 Akhir Pekan Ini!

Merebaknya pendemi COVID-19 tak membuat acara tahunan Festival Musik Rumah 2020 terhenti. Setelah panitia membuka pendaftaran pada 23 Maret 2020, akhir pekan nanti acara tahunan ini akan mencapai puncaknya. Tanggal 21-23 Agustus 2020 besok, festival bertema Karena Kita Saudara ini akan berlangsung di tiga kanal daring resmi Festival Musik Rumah yaitu: YouTube; Festival Musik Rumah, laman Facebook: Festival Musik Rumah, dan Instagram: @festivalmusikrumah.id.

Jika tahun-tahun sebelumnya fokus format pelaksanaannya pada kegiatan bersama menampilkan dan menikmati musik secara langsung di rumah-rumah konser, tahun ini Festival Musik Rumah (FMR) perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian dalam rangka adaptasi kebiasaan baru.

Jangan Lewatkan Puncak Acara Festival Musik Rumah 2020 Akhir Pekan Ini

Secara umum penyesuaian utama yang dilakukan adalah ‘memindahkan’ ruang konser yang sedianya terjadi di rumah-rumah konser ke ruang virtual daring via media sosial. Konser-konser dari para penampil akan disiarkan di kanal-kanal media sosial, penikmat konser tidak perlu datang langsung ke rumah konser.

“Sebenarnya cukup berat hati mengubah format utama FMR yaitu berkumpul bersama menikmati musik secara langsung di rumah-rumah konser. Namun kami sadar di kondisi sekarang ini mengambil cara hidup bersama yang saling menghargai dan mengamankan adalah lebih penting”, jelas musisi Petrus Briyanto Adi (Adoy), pencetus dan pengarah FMR dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (19/8/2020).

[Baca Juga: Konser Drive-In, Penjualan Tiket New Live! Experience Dimulai Hari Ini]

Dengan perubahan format dan ruang, konser-konser penampil FMR diputuskan tidak ada yang terjadi secara simultan (satu waktu lebih dari satu penampilan). Hal ini berdampak langsung pada jumlah penampil yang bisa turut berpartisipasi. Dalam tiga hari puncak pelaksanaan FMR 2020, konser-konser akan berlangsung dari pukul 10:00 hingga 24:00 WIB setiap harinya dimana setiap konser akan terjadi dalam satu slot waktu berdurasi 1 jam.

Setiap harinya akan ada sekitar 14 slot sehingga dalam tiga hari puncak pelaksanaan FMR 2020 hanya akan menyajikan 42 konser. “Dibandingkan dua pelaksanaan FMR lalu (2018 dan 2019, red.) yang jumlah konsernya lebih dari 100 penampilan, FMR 2020 hanya akan menampilkan 42 penampilan.

Jangan Lewatkan Puncak Acara Festival Musik Rumah 2020 Akhir Pekan Ini

Secara kuantitas jelas terjadi penurunan, semoga intensitas silaturahmi bisa tetap terjaga atau bahkan lebih erat lagi terjalin di tahun ini”, ungkap Adoy tetap optimistis.

Adoy menyampaikan, sebagian besar acara akan diadakan lewat streaming. Selain itu, musisi menyerahkan karya mereka dalam bentuk rekaman. Panitia akan mengunggahnya ke channel tertentu untuk disiarkan.

FMR diadakan sejak tahun 2018 dan dilakukan di rumah para musisi peserta festival. Saat itu, Adoy dan istrinya Bonita yang tergabung dalam band Bonita & The Hus Band sempat mengunjungi rumah tempat FMR diadakan. Selain diikuti musisi dari dalam negeri, baik di Pulau Jawa, Kalimantan, maupun Sumatera, FMR juga diikuti musisi dari luar negeri.

Kegiatan ini digagas Adoy seorang pegiat dan pendidik musik. Bersama istrinya, Adoy menjalankan program home concert di kediaman mereka dengan nama #LIVEatRUMAHBONITA. Program ini berlangsung bulanan sejak tahun 2015, menampilkan musisi-musisi lintas jaman dan genre yang dihadiri oleh beragam penonton.

Tahun 2019, FMR menggelar 151 konser dengan 143 penampil di 50 rumah yang berada di 29 desa atau kota di Indonesia, Jepang, Jerman, dan Belanda. Band dari luar negeri yang ikut menjadi peserta festival umumnya beranggota campuran, warna negara Indonesia dan musisi setempat. Mereka ada yang melakukan konser yang disiarkan secara streaming.

Read More

Artikel Lainnya

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pande mi.jpg

Pendidikan

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi

26 November 2020, 19:08

Dengan tantangan pandemi COVID-19, Sinarmas World Academic dapat beradaptasi dalam menerapkan kurikulumnya untuk para siswanya walau menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.

Kolaborasi GoPlay dan Citilink Suguhkan Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

Hobi dan Hiburan

GoPlay Dukung Film Maker Independen Indonesia

26 November 2020, 17:09

Layanan ini merupakan bentuk komitmen GoPlay dalam menjadi wadah kreasi bagi para pembuat film independen serta saluran distribusi karya-karya sineas berbakat tanah air.

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

Berita Kawasan

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

26 November 2020, 16:07

Alokasi anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan sarana prasarana guna mengembangkan wisata alam di Kampung Ciharashas, Mulyaharja.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

Kesehatan

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

26 November 2020, 15:07

Layanan Bunga Tanjung yang menjadi pusat pelayanan terpadu kekerasan perempuan dan anak di RSUD Tarakan terpilih sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 3 months, 1 week lalu
    anisa

    QQHARIAN SLOT ONLINE Merupakan Situs Betting online terbaik,Terpercaya & Terlengkap Di Indonesia. Yang di dukung berbagai provider ternama dan memiliki banyak game / 600 lebih jenis game yang ada di dalamnya. Dan Menyediakan Berbagai Promo yang Wow di dalamnya, Salah satunya promo BONUS WELCOME CASHBACK 100% TANPA SYARAT TO / TURNOVER. Yang Dimana Menang Berapapun Di Bayar langsung dgn proses cepat ( Maks. 2 Menit ) , Kalah Diganti 100% Dan mau WD ? Tanpa Syarat TO / Turnover. Info lebih lanjut bisa lsg klik link di sebelah ( <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">CLICK DISINI</a> )

  • Hanna56 3 months, 1 week lalu
    hanna56

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…