Jangan Lupa, Warga Bekasi Diminta Tes COVID-19 Setelah Liburan

Kesehatan

Jangan Lupa, Warga Bekasi Diminta Tes COVID-19 Setelah Liburan

Pemerintah Kota Bekasi mengimbau seluruh warganya untuk selalu patuh pada protokol kesehatan di masa libur panjang dan cuti bersama 2020. Warga yang berlibur ke luar daerah dan kembali ke Kota Bekasi diminta melapor ke pengurus RW untuk terlebih dahulu mengikuti rapid test atau tes cepat atau swab test atau tes usap tenggorokan.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, selama masa libur panjang, dari sekitar 2,4 juta penduduk di kota itu, diyakini sebagian besar penduduk akan pulang ke kampung. Pemerintah Kota Bekasi pun tidak membatasi keinginan warganya untuk berlibur.

"Tetapi jika kembali ke Kota Bekasi, jika ada hal-hal yang dirasakan dalam kondisi tubuh berbeda, segera melaporkan ke fasilitas kesehatan terdekat. Jadi, kami bisa mendeteksi kemungkinan transmisi antardaerah dari perkembangan pandemi," kata Rahmat seperti diberitakan kompas.id (27/10/2020).

Jangan Lupa, Warga Bekasi Diminta Tes COVID-19 Setelah Liburan

Warga diminta untuk tak hanya mewaspdai potensi penularan COVID-19, tetapi juga potensi bencana hidrometeorologi seperti bencana longsor dan banjir.

Berdasarkan edaran Wali Kota Bekasi yang diteken pada Selasa, disebutkan, warga dianjurkan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di wilayah masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Warga Kota Bekasi juga diimbau agar sedapat mungkin menghindari perjalanan jauh dan tetap berkumpul bersama keluarga di rumah. Warga diminta untuk tak hanya mewaspdai potensi penularan COVID-19, tetapi juga potensi bencana hidrometeorologi seperti bencana longsor dan banjir.

[Baca Juga: Ajukan Jumlah Target Vaksin COVID-19, Wali Kota Bekasi Surati Kang Emil]

Sementara itu, bagi warga yang mengisi waktu libur panjang keluar kota, sebelum berangkat, terlebih dahulu menjalani tes cepat atau tes usap tenggorokan. Jika hasil tesnya positif COVID-19, maka yang bersangkutan wajib karantina mandiri dan membatalkan rencana liburan ke luar kota.

Kebijakan tes cepat atau tes usap juga berlaku bagi warga yang kembali dari masa liburan. Seusai berlibur, sebelum kembali ke rumah, pelaku perjalanan harus terlebih dahulu melapor ke pengurus wilayah agar difasilitasi mengikuti tes cepat atau tes usap tenggorokan.

Di dalam edaran itu juga disebutkan, agar kebijakan RW siaga kian dioptimalkan selama masa libur panjang. Setiap petugas dari forum komunikasi pimpinan daerah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat diminta untuk mengawasi secara ketat setiap pendatang dari luar Bekasi. Pengunjung yang masuk ke suatu wilayah atau lingkungan di Kota Bekasi harus menunjukkan hasil tes PCR atau tes cepat.

Read More

Artikel Lainnya

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pande mi.jpg

Pendidikan

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi

26 November 2020, 19:08

Dengan tantangan pandemi COVID-19, Sinarmas World Academic dapat beradaptasi dalam menerapkan kurikulumnya untuk para siswanya walau menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.

Kolaborasi GoPlay dan Citilink Suguhkan Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

Hobi dan Hiburan

GoPlay Dukung Film Maker Independen Indonesia

26 November 2020, 17:09

Layanan ini merupakan bentuk komitmen GoPlay dalam menjadi wadah kreasi bagi para pembuat film independen serta saluran distribusi karya-karya sineas berbakat tanah air.

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

Berita Kawasan

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

26 November 2020, 16:07

Alokasi anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan sarana prasarana guna mengembangkan wisata alam di Kampung Ciharashas, Mulyaharja.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

Kesehatan

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

26 November 2020, 15:07

Layanan Bunga Tanjung yang menjadi pusat pelayanan terpadu kekerasan perempuan dan anak di RSUD Tarakan terpilih sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Lisa 4 weeks, 1 day lalu
    lisa

    Hallo guyss masih semangat dengan keadaan yang sekarang di masa New Normal Kita memberikan hiburan sekaligus pendapatan yang menggiurkan untuk isi dompet anda Bergabung bersama kami di <a href="https://dupa88.org/slots/" title="Judi Online Terpercaya" rel="nofollow">Dupa88</a> Bukan situs kaleng-kaleng, berapapun anda menang pasti kami bayar jangan ragu lagi buruan daftarkan diri anda sekarang juga yaaa !!!!!!!