Jangan Malas Ini Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Kesehatan

Jangan Malas! Ini Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Olahraga yang rutin dilakukan akan berdampak baik bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Termasuk dengan berjalan kaki, olahraga ini termasuk mudah dan ringan dilakukan semua usia. Dengan melakukan olahraga berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya akan memiliki banyak manfaat yang dapat Anda rasakan. Mau tahu, apa saja manfaatnya? Berikut rangkumannya yang diambil dari beberapa sumber.

Jangan Malas Ini Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

1) Meningkatkan Mood

Dengan berjalan selama 30 menit sangat efektif untuk membakar kalori. Dengan melakukan hal ini secara teratur, maka akan memodifikasi sistem saraf Anda sehingga dapat meningkatkan mood. Terlebih lagi bila jalan kaki bersama dengan teman, pasangan, atau saudara Anda sambil berinteraksi dan dapat meningkatkan suasana hati Anda.

2) Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

The American Diabetes Association mengatakan bahwa dengan berjalan kaki dapat menurunkan kadar gula darah dan menurunkan gejala diabetes. Para peneliti di University of Boulder Colorado dan University of Tennessee menemukan bahwa berjalan kaki secara teratur menurunkan tekanan darah sebanyak 11 poin dan dapat mengurangi risiko stroke hingga 20 hingga 40 persen.

Dalam sebuah studi tahun 2002 di The New England Journal of Medicine, menemukan bahwa mereka yang berjalan kaki setiap hari memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak berjalan secara teratur.

[Baca Juga: 5 Manfaat Berjalan-jalan di Area Hutan untuk Kesehatan]

3) Tidur Lebih Nyenyak

Jika Anda berolahraga secara teratur, Anda tahu bahwa Anda akan tidur lebih nyenyak di malam hari. Itu karena tidur secara alami meningkatkan efek melatonin, hormon tidur. Sebuah studi tahun 2019 dari Sleep menemukan bahwa wanita pasca menopause yang melakukan aktivitas fisik intensitas ringan hingga sedang lebih baik di malam hari daripada mereka yang tidak banyak bergerak. Berjalan juga membantu mengurangi rasa sakit dan stres, yang dapat menyebabkan gangguan tidur.

4) Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penelitian dari Arthritis Research & Therapy menunjukkan bahwa latihan interval berjalan dengan intensitas tinggi dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan pada lansia. Berjalan juga dapat membantu pasien dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) mengurangi risiko morbiditas dan mortalitas.

5) Melindungi Sendi

Berjalan dapat melancarkan aliran darah dan membantu memperkuat otot-otot di sekitar persendian Anda. Berjalan selama 10 menit sehari atau sekitar satu jam setiap minggu dapat mencegah nyeri radang sendi pada lansia.

Mereka yang tidak berjalan minimal satu jam dalam minggu akan memiliki masalah dalam melakukan rutinitas pagi mereka dibandingkan dengan orang yang rutin berjalan kaki.

[Baca Juga: Berjalan Tanpa Alas Kaki Punya Banyak Manfaat Kesehatan]

Itulah lima manfaat yang Anda rasakan ketika rutin olaharaga berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya. Karena kegiatan ini sangat sederhana dan tidak memakan waktu lama, Anda tidak memiliki alasan lagi untuk tidak sempat atau tidak bisa berolahraga.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.