Jangan Malu Menangis Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho

Kesehatan

Jangan Malu! Menangis Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho

Sejak lahir, manusia sudah terbiasa menangis. Terlebih ketika masih anak-anak. Seringkali kita menangis ketika keinginan kita tidak dituruti orangtua. Namun tidak hanya anak kecil saja yang menangis, orang dewasa pun juga pasti pernah menangis.

Dalam penelitian yang dilakukan psikolog klinis, Vengerhoest terhadap lebih dari 5.000 orang dewasa di berbagai belahan dunia, diketahui bahwa perempuan menangis 30-64 kali dalam setahun. Hal itu dikarenakan perempuan lebih mampu mentransfer emosinya secara biologis menjadi air mata. Sedangkan laki-laki jauh lebih sedikit yakni hanya 6-17 kali dalam setahun.

[Baca Juga: Ibu Baru, Yuk Kenali Bahasa Bayi Lewat Tangisannya]

Meski begitu, jangan pernah merasa malu untuk menangis. Sebab, menangis adalah sebuah proses alamiah yang terjadi pada manusia. Bahkan ternyata menangis memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa Saja?

1) Mengurangi Stres

Mengurangi stres merupakan manfaat umum yang Anda rasakan dengan menangis. Sebab tidak hanya mampu meluapkan emosi yang terpendam, menangis juga berkaitan dengan kinerja tubuh Anda. Itu dikarenakan menangis dapat melemaskan otot yang menegang karena stres dan memicu sistem saraf parasimpatetik yang menyeimbangkan kondisi tubuh.

2) Mengurangi Rasa Sakit

Beberapa orang pasti menangis jika mengalami luka, baik luka fisik maupun luka batin. Itu dilakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat luka yang diderita. Mengapa bisa begitu? Sebab ketika menangis, kita secara otomatis mengeluarkan hormon oksitosin dan endorfin. Untuk diketahui, hormon oksitosin dapat menenangkan pikiran sedangkan hormon endorfin mampu membuat tubuh merasa kebas atau tidak merasakan sakit yang dialami.

Jangan Malu Menangis Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho

3) Memperbaiki Suasana Hati

Jangan pernah malu untuk menangis. Sebab, menangis juga dapa memengaruhi suasana hati Anda. Saat menangis otomatis akan membuat tubuh menarik banyak napas cepat. Hal itu berpengaruh untuk menurunkan suhu otak. Suhu otak yang lebih sejuk akan mampu membuat pikiran dan tubuh lebih baik yang akhirnya dapat meningkatkan suasana hati Anda.

4) Mampu Membunuh Bakteri pada Mata

Air mata yang dikeluarkan saat menangis juga bermanfaat untuk membunuh bakteri. Sebab di dalamnya, air mata mengandung cairan lyzozyme yang dapat membunuh 90-95 persen bakteri hanya dalam lima sampai 10 menit. Berdasarkan jurnal Food Microbiolgy, lyzozyme punya sifat antimikroba yang sangat kuat untuk mengurangi kemungkinan mata terkena infeksi bakteri.

[Baca Juga: Deteksi Arti Tangisan Bayi Lewat Aplikasi Buatan Dosen IPB]

Dengan demikian, menangis juga baik secara psikologis karena berfungsi meluapkan emosi yang terpendam dengan cara yang tidak desduktrif. Tentunya menangis jauh lebih positif dari pada marah-marah dan menyakiti diri sendiri atau orang lain. Selain itu seperti tertulis di atas, menangis juga berkaitan dapat menjaga kesehatan fisik dan kinerja tubuh.

Read More

Artikel Lainnya

Penjualan Tercepat, 10 Ribu Unit Terjual Dalam Lima Menit

Bisnis

Penjualan Tercepat, 10.000 Unit Ponsel Terjual Dalam Lima Menit

26 February 2020, 17:00

Sebanyak 5.000 unit terjual dalam menit pertama di Lazada, 5.000 unit selanjutnya ludes melalui Akulaku di lima menit pertama. realme C3 ciptakan rekor penjualan tercepat.

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 1 month, 1 week lalu
    kelly

    Jangan sia-sia kan masa muda mu untuk hal yang tidak perlu, kunjungi qqharian,info Dan kamu hanya perlu bermain game untuk menangkan hadiah puluhan juta rupiah, tertarik untuk bergabung? Kunjungi situs nya sekarang juga.

  • Rine 1 month, 1 week lalu
    rine

    angpao angpao.... asik main game dapat angpao, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di QQHarian,info rasakan sensasinya guuuys......