Jangan Mudik Pemudik Dilarang Masuk Wilayah Kabupaten Malang

Berita Kawasan

Jangan Mudik! Pemudik Dilarang Masuk Wilayah Kabupaten Malang

Pemkot Kabupaten Malang memperketat penerapan larangan mudik bagi pengemudi yang datang dari luar kota. Pasalnya, pelarangan untuk mudik ke wilayah Kabupaten Malang tersebut terkait dalam Surat Edaran Bupati Malang, nomor: 550/3210/35.07.032/2020 tentang larangan kegiatan mudik untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 di wilayah Kabupaten Malang.

Sejumlah petugas pun telah disiapkan di beberapa check point untuk melakukan pemeriksaan terkait pengemudi yang akan datang ke wilayah Kabupaten Malang. Hal ini bertujuan agar penyebaran COVID-19 tidak semakin meluas. Bila ada pengemudi yang nekat ingin ke Kabupaten Malang, petugas kepolisian akan meminta pengemudi kembali ke daerah asalnya.

”Seluruh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi dari luar yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Malang, diharuskan untuk kembali ke daerah tujuan asal,” ucap Bupati Malang HM Sanusi dikutip jatimtimes.com (26/4/2020).

[Baca Juga: Hentikan Penyebaran COVID-19, HIPAKAD di Kota Malang Bagikan APD]

Dalam surat edaran tersebut, pada poin keempat dijelaskan akan melarang pengemudi yang datang dari luar daerah selain kendaraan angkutan logistik, kendaraan pengangkut obat dan alat kesehatan, kendaraan petugas operasional COVID-19 dan mobil ambulans yang diperkenankan untuk keluar masuk wilayah Kabupaten Malang.

Sanusi mengatakan, apabila terdapat warga yang memaksa untuk mudik karena ada keperluan penting dan memang benar-benar mendesak, maka diperbolehkan dan akan ditetapkan sebagai ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Pemudik yang berstatus ODP terlebih dahulu didata dan dilakukan pengecekan kesehatan oleh petugas medis. Selanjutnya, ODP diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri di tempat yang telah disiapkan selama 14 hari melalui pengawasan dari Pemerintah Kabupaten.

[Baca Juga: Persiapan Malang Raya Untuk Pengajuan Status PSBB]

Sementara itu, Wakil Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Malang AKBP Hendri Umar mengatakan, 14 pos check point yang tersebar akan diperketat. Delapan di antaranya di Bandara Abdulrachman Saleh, terminal dan stasiun kereta api, dan enam pos check point berada di akses keluar-masuk wilayah perbatasan Kabupaten Malang.

Ada pun enam pos check point di perbatasan Kabupaten Malang, antara lain di Jalan Raya Lawang yang berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan, Rest Area Jalan tol Dengkol Singosari, untuk melakukan pengecekan warga yang akan keluar di gerbang tol Singosari dan Pakis, Exit Tol Lawang, Jalan Raya Ampelgading perbatasan dengan Kabupaten Lumajang, Jalan Raya Sumberpucung perbatasan dengan Kabupaten Blitar, dan Pelabuhan Sendang Biru


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.