Jangan Panic Buying, Pemprov DKI Pastikan Stok Beras Aman

Bisnis

Jangan Panic Buying, Pemprov DKI Pastikan Stok Beras Aman

Dalam keadaan pandemi COVID-19 seperti ini, pemerintah terus mewanti-wanti agar masyarakat tidak panik dan berbelanja secara berlebihan atau panic buying barang-barang kebutuhan seperti beras. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun menegaskan bahwa stok beras di wilayahnya aman hingga enam bulan ke depan sehingga masyarakat tidak perlu membelinya dalam jumlah yang besar.

Berdasarkan keterangan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, pihakya terus melakukan pengawasan pasar di Ibu Kota dalam memantau stok serta harga pangan. “Kebutuhan beras untuk Jakarta kami jamin aman. Jangan panic buying. Berdasarkan pantauan rutin kami di pasar tradisional dan supermarket, beras tersedia,” ungkap Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (16/3/2020).

Jangan Panic Buying, Pemprov DKI Pastikan Stok Beras Aman

Berdasarkan data yang dimilikinya, Ibu Kota masih memiliki stok dari pemerintah pusat yang memang dijadikan cadangan untuk Jakarta. Setidaknya terhitung cadangan beras itu ada sekitar 321.056 ton yang saat ini disimpan di gedung Kanwil Bulog DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta juga disebut memiliki cadangan beras dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan tersimpan di gudang PT. Food Station Tjipinang Raya serta ditambah beras dari distributor yang ada di Pasar Induk Beras Cipinang.

[Baca Juga: Antisipasi Panic Buying, Pemprov DKI Pastikan Stok Bahan Pangan Aman]

Hal serupa sebenarnya sudah disampaikan PT. Food Station Tjipinang Raya pada pekan lalu. “Saat ini stok beras Pasar Cipinang 29 ribu ton dan itu jauh dari batas aman. Kemudian Food Station di luar sini punya lima ribu ton lagi. Artinya tak ada kekhawatiran, kia akan men-support semua outlet-outlet yang ada di Jakarta dan sekitarnya,” ungkap Direktur Utara PT. Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi, sebagaimana dilansir dari antaranews.com (10/3/2020).

[Baca Juga: Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan di Musim Hujan]

Menurut Dinas KPKP DKI Jakarta, konsumsi warga Ibu Kota terkait konsumsi berasnya terhitung menghabiskan sekitar 56.000 ton setiap bulannya. Darjamuni menambahkan, berdasarkan stok beras saat ini yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta maka diperkirakan jumlahnya tetap aman bahkan sampai enam bulan ke depan.

“Ketersediaan beras Jakarta akan tetap stabil hingga akhir 2020,” tambah Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta itu. Hal ini juga didukung dengan masuknya musim panen yang sebentar lagi datang pada bulan April nanti sehingga semakin mengamankan stok beras untuk Ibu Kota di tengah isu COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.