Jangan Panik, Coba Lakukan Ini Ketika Ponsel Terendam Akibat Banjir

Properti dan Solusi

Jangan Panik, Coba Lakukan Ini Ketika Ponsel Terendam Akibat Banjir

Musim Hujan yang terjadi di awal tahun 2020 ini menyebabkan banjir di sejumlah kawasan. Terlebih di wilayah Jabodetabek. Bahkan di beberapa titik, tinggi air mencapai 150 cm. Dengan tinggi air yang kira-kira hampir mencapai leher orang dewasa, bukan tidak mungkin barang-barang seperti ponsel bisa saja terendam banjir jika tidak ditaruh di tempat yang aman. Jika sudah seperti itu, jangan panik. Cobalah lakukan tips berikut ini untuk menyelamatkan ponsel Anda setelah terendam banjir.

[Baca Juga: Ini Cara Joko Anwar Manfaatkan Ponsel Pintar untuk Membuat Film]

1) Biarkan Ponsel dalam Keadaan Mati

Kebanyakan orang pasti akan panik ketika ponselnya terendam dan kemudian mati. Mereka otomatis menyalakan ponselnya untuk memastikan apakah masih bisa berfungsi atau tidak. Padahal, untuk beberapa waktu, biarkan saja ponselnya dalam keadaan mati. Hal itu untuk mencegah terjadinya korsleting (hubungan pendek arus listrik) pada komponennya akibat terkena air. Selain itu, jangan pernah menekan tombol apapun ketika ponsel dalam keadaan basah agar air tidak masuk lebih dalam ke dalam ponsel.

2) Lepas Baterai, Keluarkan Kartu SIM dan Kartu Memori

Jika baterai ponsel Anda bisa dilepas, segeralah untuk melepas baterainya dan kemudian keluarkan kartu SIM dan Kartu Memori dari dalam ponsel. Karena jika ponsel Anda tidak terselamatkan, paling tidak data dan informasi yang tersimpan di kartu SIM atau kartu memori bisa diselamatkan. Jika ponsel sudah benar-benar kering, baru kemudian masukan lagi kartu SIM dan kartu memori.

Jangan Panik, Coba Lakukan Ini Ketika Ponsel Terendam akibat banjir

3) Keringkan Ponsel Dengan Vacuum Cleaner

Jangan pernah mencoba mengeringkan ponsel yang basah dengan hair dryer. Hal itu dikarenakan penggunaan hair dryer malah akan mendorong air masuk ke bagian yang lebih dalam dari ponsel Anda. Selain itu, panas dari hair dryer malah berpotensi merusak ponsel. Jadi lebih disarankan menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner untuk mengeringkan ponsel. Vacuum cleaner dapat diandalkan untuk menyedot air yang ada di dalam ponsel.

4) Gunakan Bahan yang Menyerap Air

Salah satu bahan penyerap air yang bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan ponsel adalah beras. Caranya, dengan meletakkan ponsel ke dalam tumpukan beras dan dibiarkan selama satu malam atau lebih. Jika ingin lebih efektif, gunakan silica gel atau penyerap kelembapan lain. Caranya cukup masukkan ponsel bersama silica gel ke dalam wadah yang tertutup rapat. Kemudian taruh dalam posisi yang memungkinkan air dapat keluar melalui celah perangkat Anda.

[Baca Juga: Inilah 4 Bahaya Jika Tidur Dekat Ponsel]

Semoga dengan beberapa tips di atas, ponsel Anda bisa kembali berfungsi seperti sedia kala. Namun, jika ternyata ponsel Anda tidak bisa menyala, ada baiknya bawa ponsel ke lokasi servis profesional. Sebab ada kemungkinan telah terjadi korosi akibat air yang masih tertinggal di dalam ponsel.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 3 years, 1 month lalu
    rine

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke qqharian,info dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.