Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Mobil Mogok di Tengah Jalan

Properti dan Solusi

Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Mobil Mogok di Tengah Jalan

Meski saat ini sudah banyak berbagai macam pilihan moda transportasi, namun masih banyak warga Jakarta yang memilih menggunakan mobil pribadi untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. Untuk sebagian orang, menggunakan mobil pribadi lebih hemat dan juga fleksibel ketika ingin bepergian kemana-mana dibanding menggunakan transportasi umum. Namun, tak selamanya menggunakan mobil pribadi itu menyenangkan. Apalagi jika mobil tiba-tiba mogok ketika belum sampai ke tempat tujuan. Jika terjadi seperti itu, cobalah ikuti beberapa langkah berikut ini.

Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Mobil Mogok di Tengah Jalan

1) Tenangkan Pikiran

Cobalah Jangan panik ketika mobil tiba-tiba mogok di tengah jalan. Tenangkan pikiran untuk mencari jalan keluar. Kepanikan hanyak akan membuang waktu dan bisa jadi solusi yang harusnya dicari malah tak kunjung ditemui.

[Baca Juga: Cara Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet]

2) Segera Tepikan Mobil

Jika mobil tiba-tiba mogok, cobalah untuk langsung mendorong mobil ke tepi jalan. Cari tempat yang aman dan jangan lupa nyalakan lampu hazard. Lampu Hazard juga berfungsi untuk memberitahu pada kendaraan lain jika mobil sedang dalam keadaan darurat.

Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Mobil Mogok di Tengah Jalan

3) Pasang Segitiga Pengaman

Selain lampu Hazard, keberadaan segitiga pengaman juga sangat penting jika mobil anda sedang dalam keadaan butuh pertolongan. Stiker pada segi tiga pengaman akan menyala bila terkena cahaya dari lampu mobil lain. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan jika mobil sedang menepi.

4) Cek Kerusakan Mesin

Sambil menunggu bantuan datang, cobalah untuk mengecek penyebab mogoknya mobil. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mobil tiba-tiba mogok di tengah jalan salah satunya adalah mesin overheating atau mengalami panas yang berlebih. Biasanya hal itu terjadi karena pendinginan mobil yang tidak berfungsi dengan baik. Jika terjadi hal seperti itu, coba cek air radiator. Barangkali ada pipa yang bocor atau malah lupa menambah air coolant. Penyebab lainnya bisa juga dikarenakan tersumbatnya bahan bakar yang mengakibatkan aliran bensin tersendat.

Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Mobil Mogok di Tengah Jalan

5) Cari bantuan terdekat

Cara terakhir jika kerusakan mobil tidak dapat diatasi, cobalah untuk meminta bantuan terdekat atau menelpon kerabat yang dekat dengan lokasi. Jika masih belum cukup berhasil coba hubungi jasa mobil derek yang banyak bertebaran di Jakarta. Atau jika mobil mogok di jalan tol, bisa langsung menghubungi Call Center Jasa Marga di 14080.

[Baca Juga: “Bengkel” Pria Ini Beri Harapan untuk Tunadaksa]

Selalu servis rutin kendaran untuk mengantisipasi agar mobil tidak mogok di tengah jalan. Selain itu, cek kendaraan sebelum akan digunakan. Persiapkan juga peralatan seperti segi tiga pengaman, dongkrak, kunci roda lampu, senter dan kotak P3K. Jangan lupa catat nomer-nomer penting agar bisa meminta pertolongan ketika sedang dalam keadaan darurat.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.