PURI_KESEHATAN_JANGAN RAGU RAGU BEROBAT KE PUSKESMAS KEMBANGAN_OCI_1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Jangan Ragu-ragu Berobat ke Puskesmas Kembangan

Puskesmas atau Pusat Kesehatan Masyarakat adalah fasilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat sebagai program pemerintah pada sektor kesehatan. Puskemas juga termasuk fasilitas kesehatan tingkat pertama, artinya puskesmas merupakan fasilitas di barisan terdepan yang memberikan layanan kesehatan pada masyarakat umum. Ini termasuk Puskesmas Kembangan.

Namun, sayangnya masih belum banyak warga kawasan tersebut yang memanfaatkan fasilitas ini. Alsannya karena meragukan layanan dan masih lebih percaya dengan dokter-dokter rumah sakit. Padahal, Puskesmas dilengkapi dengan tenaga kesehatan sesuai standar yang berlaku.

Terlepas dari statusnya sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, Puskesmas juga tetap memiliki fasilitas yang bisa diandalkan untuk melayani pasien.

Puskemas Kembangan yang diresmikan pada Oktober 2017 ini berada di Jalan Kembangan Raya, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Lokasinya tak jauh dari kompleks perkantoran wali kota Jakarta Barat.

[Baca Juga : Dari Kantor Walikota Hingga Hutan Kota, 10 RTH di Kembangan]

Bangunan tersebut terdiri dari tiga lantai dan sudah dilengkapi lift dan pendingin udara. Puskesmas Kembangan ini menyebutkan di situsnya, ada 15 fasilitas poli yang buka hampir tiap hari, yaitu: Poli Umum, Poli Gigi, Poli MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakit), Poli PTM (Penyakit Tidak Menular), Poli Lansia, Poli KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), Poli KB (Keluarga Berancana), Poli TB (Tuberkolusis), Poli IMS (Infeksi Menular Seksual), Poli Imunisasi, Poli Tulip, Poli Anak, Poli Jiwa, Poli UBM (Usaha Berhenti Merokok), Klinik Sanitasi, dan Rumah Bersalin. Beberapa poli dan layanan bahkan buka nonstop 24 jam.

Begitu masuk, pasien bisa langsung mengambil nomor antrean pada layar elektronik. Layar tersebut akan menunjukan pilihan keluhan penyakit maupun konsultasi dokter. Melihat lengkapnya pelayanan kesehatan yang disediakan, Anda tidak perlu ragu berobat di Puskesmas.

Layanan BPJS

Sebagai rujukan pertama, harusnya sebelum ke rumah sakit, warga pemegang katu BPJS pergi ke Puskesmas terlebih dahulu. Jangan khawatir, apabila ada kejadian pasien kritis, tenaga medis di Puskesmas siap mengirimkan ke tingkat pelayanan kesehatan yang lebih tinggi.

Agar peserta BPJS mendapatkan manfaat biaya berobat ditanggung, maka peserta harus mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. Tujuan pertama jika ingin berobat adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama, termasuk Puskesmas. Fasilitas Kesehatan atau faskes biasanya tertera pada kartu anggota. Nama Faskes ini bisa diganti, sesuai domisili Anda, dengan mendatangi kantor BPJS setempat.

[Baca Juga : Fasilitas Kesehatan Tanpa Antre di Puskesmas Kelapa Gading]

Ikuti cara berobat ke Puskesmas menggunakan kartu BPJS yang diterangkan pada halaman belakang kartu Anda. Anda akan mendapatkan pelayanan dari pihak puskesmas atas keluhan yang dirasakan. Jika masalah dapat diselesaikan di Puskesmas, maka Anda tidak perlu dirujuk ke rumah sakit. Jika ternyata penyakit anda tergolong medis yang harus ditangani rumah sakit, maka Anda akan dirujuk ke rumah sakit Faskes 2 sesuai dengan lokasi Puskesmas atau Faskes 1.

Mengingat ada 15 fasilitas yang ditawarkan Puskesmas Kembangan, kebutuhan layanan kesehatan Anda seharusnya bisa dipenuhi di Faskes 1 tersebut. Bila dibutuhkan layanan yang lebih lanjut ke Faskes 2, jangan segan meminta rujukan pada dokter di Puskesmas. Selamat mencoba layanan pengobatan di Puskesmas terdekat!


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.