Jangan Remehkan Khasiat Tomat

Kesehatan

Jangan Remehkan Khasiat Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang serbaguna, Anda dapat menyantapnya secara langsung atau dipadukan dengan beragam makanan lezat. Tomat menjadi salah satu komponen penting dari bermacam saus makanan, rasanya yang segar dan terkadang manis, mampu melengkapi aneka hidangan.

Tomat awalnya berasal dari wilayah Ekuador, Bolivia, Chile, serta Peru. Buah ini dibudidayakan oleh bangsa Aztec dan Inca pada sekitar 700 Masehi, lalu mulai merambah daratan Eropa pada abad ke-16. Bangsa Eropa awalnya menganggap kalau tomat merupakan tanaman beracun, sehingga mereka menggunakan untuk dekorasi rumah atau bangunan saja. Mulai abad ke-17, bangsa Spanyol dan Italia mulai menggunakan tomat sebagai bahan makanan utama bagi hidangan mereka.

Jangan Remehkan Khasiat Tomat

Bagi Anda yang menyukai makanan Italia, mungkin merasa aneh jika tidak menjumpai tomat di dalam setiap sajiannya. Kini tak kurang dari 20.000 varietas tomat yang tersebar di seluruh belahan dunia, dengan ragam warna yang menarik, mulai dari hijau, coklat, ungu, hitam, putih, pink, dan tentunya merah.

Di samping mampu menambah lezatnya makanan, tomat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Mengutip dari laman Health.com (2/20/18), satu buah tomat merah ukuran sedang ternyata mampu memberikan sekitar 40 persen asupan vitamin C untuk sehari-hari. Selain itu, tomat mengandung vitamin A, vitamin K dan potasium.

[Baca Juga: 5 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh]

Berikut ada empat kandungan bermanfaat dari tomat yang Pingpoint.co.id rangkum dari berbagai sumber:

  1. Tomat mengandung lycopene yang baik bagi jantung, kesehatan kulit dan rambut. Lycopene adalah salah satu pigmen yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel tubuh manusia. Lycopene juga mampu meringankan gejala darah tinggi dan kolesterol, sehingga mengurangi risiko terjadinya stroke.
  2. Tomat kaya akan kalsium yang sat bermanfaat bagi kepadatan tulang dan struktur gigi. Unsur ini juga didukung pula oleh vitamin K yang dapat mencegah osteoporosis dan osteopenia.
  3. Tomat memiliki banyak kandungan vitamin A yang bermanfaat bagi penglihatan mata dan sistem imun tubuh. Tomat juga mengandung dua unsur carotenoid, yakni alpha-carotene dan beta-carotene. Tubuh manusia mampu mengubah dua carotenoid ini menjadi vitamin A.
  4. Tomat dapat mengurangi risiko terjadinya endapan pada ginjal, karena tomat mempunyai banyak unsur antioksidan. Tak ketinggalan, tomat juga banyak mengandung unsur air dan potasium. Sehingga tomat menjadi salah satu asupan yang efektif untuk menjaga kesehatan ginjal dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

[Baca Juga: Memaksimalkan Kentang untuk Perawatan Kulit]

Menurut Universityhealthnews.com (11/9/18), jika semua unsur bermanfaat tersebut dipadukan, mulai dari vitamin A, K, C, lycopene dan antioksidan, maka dengan mengonsumsi tomat ternyata mampu mengurangi risiko terhadap kanker prostat dan kanker usus. Jadi jangan ragu lagi untuk mengonsumsi tomat yang kaya nutrisi.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.