Jangan Salah Beli, Ini Cara Bedakan Daging Sapi dan Daging Babi

Kuliner

Jangan Salah Beli, Ini Cara Bedakan Daging Sapi dan Daging Babi

Selain opor ayam, rendang daging sapi menjadi salah satu olahan makanan yang sering disajikan saat momen lebaran. Tak heran jika permintaan daging sapi di pasaran meningkat jelang hari raya idul fitri.

Namun, permintaan daging sapi yang tinggi itu rupanya dimanfaatkan oleh segelintir oknum untuk meraih keuntungan berlebih. Seperti yang terjadi di Kota Bandung dimana polisi menangkap oknum yang menjual daging sapi yang telah dioplos dengan daging babi.

Bagaimana cara membedakan kedua jenis daging ini? Berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli daging di pasar.

[Baca Juga: Polisi Ungkap Peredaran Daging Babi Bertuliskan Daging Sapi di Bandung]

1) Warna daging

Hal pertama yang harus dilihat ketika membedakan daging sapi dan daging babi bisa dilihat dari warnanya. Umumnya, warna daging babi cenderung lebih pucat daripada daging sapi. Selain itu, jika dilihat secara detail, daging babi ini akan sangat mirip dengan daging ayam.

Jangan Salah Beli, Ini Cara Bedakan Daging Sapi

2) Serat dan tekstur daging

Selain warna, serat daging juga memiliki perbedaan yang mendasar jika diperhatikan dengan seksama. Biasanya, serat daging sapi sangat terlihat jelas dan juga padat. Selain itu, garis-garis pada dagingnya juga tampak sangat jelas. Hal itu yang membuat tekstur daging sapi terlihat lebih kaku dan juga padat.

Berbeda dengan daging babi yang serat-seratnya terlihat samar-samar dan renggang. Tekstur pada daging babi juga lebih lembek dan elastis serta sangat mudah untuk direnggangkan. Sehingga tekstur daging babi terasa sangat kenyal.

Jangan Salah Beli, Ini Cara Bedakan Daging Babi

3) Penampakan lemaknya

Perbedaan selanjutnya juga bisa dilihat dari lemak yang melekat pada kedua daging. Jika diperhatikan, kandungan lemak pada daging babi berbentuk elastis, basah, dan susah untuk dilepaskan. Hal itu sedikit mirip dengan lemak daging ayam. Sedangkan untuk kandungan lemak pada daging sapi biasanya lebih kaku.

4) Aroma daging

Terakhir adalah dengan mencium aromanya. Daging sapi biasanya lebih anyir daripada aroma daging babi. Aroma inilah yang menjadi senjata paling ampuh untuk membedakan daging sapi dan daging babi di pasar.

[Baca Juga: Trik Menyimpan Daging Agar Lebih Tahan Lama]

Meskipun daging sapi yang sudah dioplos dengan daging babi tidak akan terlihat perbedaannya. Karena secara sepintas, keduanya memiliki bentuk dan warna yang sama. Dengan panduan empat poin di atas, Anda sebagai orang awam akan dapat terbantu dalam membedakan antara daging sapi dan daging babi.

Anda pun tidak perlu resah lagi ketika membeli daging di pasaran. Terlebih bagi Anda umat Muslim yang akan menyiapkan hidangan berbuka dan Labaran nanti. Karena haram hukumnya bagi umat muslim mengonsumsi daging babi, hati-hatilah dalam memilih daging.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Biang 2 years, 9 months lalu
    biang

    Bosan di rumah terus karena wabah ini Buruan join di gajitoto.net Jangan lewatkan bonus dan promo menarik lainnya dengan hadiah terbesar. Menjadi milyader bukan mimpi lagi untuk para pemain gajitoto.net Ayoo tunggu apa lagi buruan gabung bersama kami !!!