Jangan Salah Sangka, Ini 4 Manfaat Susu Formula untuk Kesehatan Anak

Kesehatan

Jangan Salah Sangka, Ini 4 Manfaat Susu Formula untuk Kesehatan Anak

Susu formula dibuat pertama kali pada abad ke-19 oleh ahli kimia asal Jerman Von Liebig. Susu yang mulai dipasarkan sejak tahun 1867 ini umumnya dibuat dari campuran susu sapi, tepung terigu, dan tepung malt. Campuran susu formula dimasak dengan campuran kalium dan karbohidrat. Para ahli memang lebih menyarankan orang tua untuk memberikan air susu ibu atau ASI. Namun dikarenakan beberapa faktor, tak semua orang bisa memberikannya.

Agar nutrisi anak tercukupo, susu formula bisa dijadikan pengganti ASI. Walau memang, manfaatnya tak seajaib ASI, susu formula juga memiliki manfaat tersendiri. Dilansir dari berbagai sumber (26/12/2019) berikut beberapa manfaat susu formula untuk anak.

1) Fleksibel

Susu formula yang diberikan kapan pun dan di mana pun, sehingga lebih fleksibel. Ibu juga tak perlu memompa ASI. Susu formula juga mudah dibuat dan bisa dijadwalkan kapan saja. Susu formula juga mudah dicerna dan ibu tak perlu khawatir mengenai asupan yang ia makan.

2) Menguatkan Tulang

Susu formula biasanya mengandung kalsium yang mampu membuat tulang anak yang dalam masa pertumbuhan lebih kuat dan sehat. bukan hanya tulang, kalsium juga baik untuk pertumbuhan rambut dan gigi.

Jangan Salah Sangka, Ini 4 Manfaat Susu Formula untuk Kesehatan Anak

3) Anak Lebih Aktif

Susu formula pada umumnya mengandung energi yang bisa membuat anak lebih aktif. Bukan hanya itu, susu formula juga mengandung protein, vitamin A, fosfor, dan vitamin B yang baik untuk metabolisme tubuh sehingga fungsi kekebalan tubuh semakin baik. Anak menjadi tidak mudah lelah dan jarang sakit.

4) Perkembangan Syaraf Otak

Susu formula juga mampu membantu perkembangan syaraf otak karena mengandung zat besi. Menurut Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K), perkembangan otak pada anak tidak terlepas dari pembentukan myelin yang terdiri dari zat yang mengandung lemak dan protein. Zat besi juga sangat penting untuk membentuk sel darah merah. Kurangnya zat besi, dapat mengakibatkan anemia atau kurang darah.

[Baca Juga: Temukan Manfaat Susu Nabati Bagi Tubuh]

Untuk mendapatkan manfaatsusu formula yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan buah hati, Anda harus memiliki merk susu terbaik dan terpercaya, misalnya susu formula naungan Nestle.

[Baca Juga: Ini Sumber Kalsium dan Vitamin D Alternatif Selain Susu Sapi]


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.