TEBET_KESEHATAN_JANGAN-TAKUT-KONSUMSI-OBAT-DEMI-KESEHATAN-JIWA_OCI_1000-X-600-px_REVISI.jpg

Kesehatan

Jangan Takut Konsumsi Obat Demi Kesehatan Jiwa

Sehat itu dambaan semua orang. Pastinya Anda ingin memiliki tubuh yang sehat bukan? Terkadang kita dapat dengan mudah mendeskripsikan kata sehat, tapi ada yang dilupakan. Selain fisik, kondisi mental juga memengaruhi kesehatan. Menurut dr. Dyani Pitra Velyani, SpKJ yang berpraktek di RS Tria Dipa, Tebet, yang harus diingat, sehat tidak hanya terbatas pada kondisi fisik, tapi juga mental, dan kesejahteraan sosial.

Menurut pakar kesehatan jiwa yang praktek di rumah sakit tersebut setiap Selasa dan Sabtu sore ini masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana jiwa yang sehat itu. “Orang yang sehat jiwanya akan merasa nyaman dengan dirinya, merasa nyaman berhubungan dengan orang lain, dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya,” Vely menjelaskan dalam wawancara yang dimuat di lighthouse-indonesia.com.

Lalu bagaimana dengan yang dikatakan gangguan mental atau gangguan jiwa? Menurut Vely, yang disebut dengan gangguan jiwa adalah gangguan pikiran, perasaan ataupun tingkah laku yang menimbulkan penderitaan dan terganggunya fungsi sehari-hari bagi penderita maupun lingkungannya.

Jenis gangguan jiwa yang tidak asing untuk Anda, misalnya gangguan cemas, depresi, mania, atau yang berat seperti psikotik. Lalu, bagaimana cara menangani penyakit atau gangguan jiwa ini. Sama saja dengan penyakit fisik. Ada beberapa terapi yang harus dijalani, termasuk terapi obat. “Penanganan gangguan jiwa itu mencakup tiga aspek, yaitu bio-psiko-sosial. Jadi, terapi obat, psikoterapi dengan jenis sesuai kebutuhan, dan modifikasi pada aspek sosial,” jelas Vely.

Keamanan Terapi Obat

Kemungkinan banyak dari Anda yang merasa ragu untuk mengonsumsi obat. Baik itu obat untuk menyembuhkan penyakit fisik, atau mengobati gangguan jiwa. Termasuk obat yang bisa membantu dalam program penurunan berat badan.

Biasanya pertanyaan yang timbul, “Itu obat apa? Sampai kapan harus diminum? Bisa membuat ketergantungan nggak?” Nah, inilah gunanya pengawasan medis atau konsultasi dokter dalam berbagai proses terapi atau dalam program penyembuhan penyakit, termasuk obesitas.

Vely menerangkan penentuan obat bergantung dengan diagnosis dan gejala, pada beberapa jenis gangguan, obat memang dibutuhkan dalam jangka panjang. Dalam kasus gangguan jiwa, bisa saja saat obat dihentikan akan terjadi perburukan atau kekambuhan.

“Itulah kenapa obat harus diminum sesuai dosis dan sesuai dengan rencana pengobatan yang sudah ditetapkan,” ia menerangkan. Apakah itu artinya ketergantungan? “Ya tidak. Ketergantungan itu kalau Anda konsumsi obat atau zat yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh, dan biasanya dosisnya akan terus bertambah,” ujar Vely.

Jadi ada bedanya ya antara ketergantungan dan mengonsumsi obat yang dibutuhkan tubuh dalam jangka waktu yang panjang. Namun menurut Vely memang ada beberapa obat yang dapat menimbulkan ketergantungan bila dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak dikontrol dosisnya. “Obat semacam ini harus diresepkan dokter dan penggunaannya pun harus berada dalam pengawasan dokter,” ujarnya.

Bila ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang kesehatan jiwa, Vely bisa ditemudi di RS Tria Dipa yang beralamat di Jalan Raya Pasar Minggu No. 3A Pancoran, Jakarta Selatan. Rumah sakit ini berdiri diatas tanah seluas lebih kurang 5.000 meter persegi dengan luas bangunan sekitar 2.500 meter persegi. RS Tria Dipa beroperasi secara penuh sejak tahun 1992, dipimpin oleh dr. Dewo Aksoro Affandi,Sp.THT sebagai Direktur Utama.

Read More

Artikel Lainnya

Mengapa Akhir-Akhir Ini Banyak Bermunculan Ular Liar

Berita Kawasan

Mengapa Akhir-Akhir Ini Banyak Bermunculan Ular Liar?

11 December 2019, 09:00

Beberapa hari terakhir wilayah Jabodetabek dihebohkan dengan banyaknya kemunculan ular-ular liar. Apa penyebabnya?

Cara Atasi Jerawat di Leher dengan 4 Bahan Alami Ini

Kesehatan

Cara Atasi Jerawat di Leher dengan 4 Bahan Alami Ini

11 December 2019, 08:00

Meski secara umum tidak berbahaya, jerawat di leher sering kali membuat penggunanya menjadi kurang percaya diri. Bagaimana cara mengatasinya?

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.


Comments


Please Login to leave a comment.