Jangan Takut Siram Tanaman Rumah Kalau Sudah Tahu Caranya

Properti dan Solusi

Jangan Takut Siram Tanaman Rumah Kalau Sudah Tahu Caranya

Menyiram tanaman kesayangan dapat menjadi tugas yang menakutkan. Anda terus dihantui keraguan, apakah air yang diberikan cukup atau kurang? Tidak ada satu aturan standar baku dalam menyiram tanaman yang Anda letakkan di dalam rumah. Namun, faktor seperti aliran udara, kelembapan, pendingin ruangan, serta ukuran dan bahan pot dapat memengaruhi tingkat kehausan tanaman.

Jangan Takut Siram Tanaman Rumah Kalau Sudah Tahu Caranya

Berikut beberapa tip umum yang dapat Anda terapkan untuk menyiram tanaman di rumah Anda yang dirangkum dari realsimple.com (21/1/2021).

1) Perhatikan Daunnya

Tanaman berdaun cenderung ingin tetap lembap, sedangkan tanaman dengan struktur yang lebih tebal dan kaku, termasuk kaktus, lidah mertua, dan tanaman dengan batang berkayu, membutuhkan lebih sedikit air.

2) Jangan Biarkan Menggenang

Tidak ada tanaman yang suka tergenang dalam air. Jika air masuk ke alas pot dan bertahan lebih dari satu hari, buanglah. Jangan sampai air itu terus menggenang dan membuat air yang disiram selanjutnya tidak bisa keluar.

[Baca Juga: 6 Langkah Praktis Tanpa Banyak Kotor Mengganti Pot Tanaman Rumah]

3) Pertimbangkan Ukuran Pot

Pot yang lebih kecil biasanya perlu lebih sering disiram. Tetapi banyak orang menyirami pot yang lebih besar lebih banyak karena berpikir mereka perlu memenuhi setiap inci tanah. Aturan yang sangat umum adalah menggunakan jumlah air yang setara dengan sepertiga ukuran pot setiap menyiram. Namun, jika Anda menggunakan cachepot (pot tanpa lubang drainase), kurangi separuh volume air dan gandakan frekuensi penyiraman.

4) Jadwal Rutin

Jadwal yang teratur dapat membantu tukang kebun pemula yang kesulitan membedakan tampilan tanaman dan kondisinya saat menyiram. Pilih satu atau beberapa hari, tergantung pada kebutuhan tanaman Anda, dan jadikan menyiram itu rutin. Tinjau kembali secara berkala untuk memastikannya sistem itu cocok untuk tanaman Anda.

Jangan Takut Siram Tanaman Rumah Kalau Sudah Tahu Caranya

5) Kenali Tanda-tanda Kelebihan Air

Cek apakah ada bau apek, tanah yang tidak pernah kering, serangga kecil di permukaan tanah, daun bagian bawah yang menguning atau coklat, dan daun lembek atau pot lembek. Itu semua adalah tanda-tanda Anda terlalu banyak menyiramnya atau aliran air terhambat.

6) Kenali Tanda-tanda Tanaman Terendam

Lihat apakah ada daun yang terkulai, layu, ujung atau tepi daun yang kering dan berwarna cokelat, serta daun di tengah atau dekat pucuk yang menguning. Tanaman yang butuh pot lebih besar juga kemungkinan akan menunjukkan tanda-tanda tersebut. Jadi, jika Anda belum mengubah jadwal penyiraman dan tanaman menunjukkan tanda-tanda ini, sekarang saatnya untuk mengganti potnya.

Memang benar, tidak semua orang cocok dengan jenis tanaman tertentu, tapi kesegaran, keindahan, kesehatan yang mereka bawa ke dalam rumah dapat dinikmati oleh semua penghuninya. Jadi, jangan takut-takut lagi untuk mencoba merawat tanaman dalam rumah, ilmu di atas dapat menjadi bekal Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Berhasil Kendalikan Covid-19, Kabupaten Bogor Ditetapkan Sebagai Zona Orange.jpg

Berita Kawasan

Berhasil Kendalikan COVID-19, Kabupaten Bogor Masuk Zona Oranye

04 March 2021, 19:03

Pemprov Jawa Barat menetapkan Kabupaten Bogor ke dalam 17 Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam Zona Resiko Sedang atau oranye.

Aksi Tanggap Bencana, Toyota Serahkan Donasi Rp1,25 Miliar Untuk PMI

Bisnis

Aksi Tanggap Bencana, Toyota Serahkan Donasi Rp1,25 Miliar Untuk PMI

04 March 2021, 18:51

Dana yang diberikan kepada PMI akan dikelola untuk kebutuhan masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

RS Lapangan Beroperasi Harapan Kota Bogor yang Kritis

Kesehatan

Bagor Baru Terima 69.570 Dosis Vaksin COVID-19

04 March 2021, 18:02

Kegiatan vaksinasi massal tahap kedua di Kota Bogor yang menyasar pelayanan publik sedang berlangsung. Dari target 86.143 orang, Pemkot baru menerima 69.570 dosis vaksin COVID-19.

Mutasi Virus SARS-CoV-2 yang Lebih Menular Ditemukan di Indonesia

Kesehatan

Singgung Mutasi Baru COVID-19, Ganjar Minta Warga Jateng Tetap Tenang

04 March 2021, 17:31

Meskipun sudah mendapatkan vaksin, warga diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan karena itu sangat penting untuk mengantisipasi virus ini.


Comments


Please Login to leave a comment.