Jari-jari Anda Nyeri Kenali Sebab Trigger Finger

Kesehatan

Jari-jari Anda Nyeri? Kenali Sebab Trigger Finger

Apakah Anda pernah mengalami nyeri di area jari terutama saat menekuk atau meluruskan jari? Nyeri yang Anda rasakan itulah disebut dengan nama trigger finger. Trigger finger dapat terjadi saat selubung pelindung yang mengelilingi tendon jari mengalami peradangan sehingga menyebabkan tendon tidak bisa bergerak secara leluasa dan jari tangan kaku dalam satu posisi.

Penyebabnya pun dapat beragam, dalam kondisi medis, seperti diabetes dan rheumatoid arthritis. Melansir laman orthoinfo.aaos.org (21/01/2020), gejala trigger finger dapat ditandai dengan beberapa tanda antara lain:

  • Kekakuan jari, terutama di pagi hari
  • Sensasi muncul saat menggerakkan jari
  • Terdapat benjolan di telapak tangan atau pangkal jari

Jari yang menjadi pemicu dapat memengaruhi jari lainnya, termasuk ibu jari. Biasanya nyeri dari trigger finger ini lebih terasa di pagi hari, sambil menggenggam benda dengan kuat atau saat meluruskan jari Anda.

Jari-jari Anda Nyeri Kenali Sebab Trigger Finger

Jika Anda memiliki penyakit trigger finger ini, Anda bisa langsung ke rumah sakit untuk memeriksa penyakit dan ditangani lebih serius lagi oleh dokter ahli. Dokter akan membuat diagnosis berdasarkan riwayat kesehatan dan melakukan pemeriksaan fisik. Selama pemeriksaan fisik, dokter akan meminta membuka dan menutup tangan Anda, memeriksa area nyeri, kelancaran gerakan, dan bukti penguncian.

[Baca Juga: Anda Wajib Tahu Pantangan untuk Penderita Asam Urat]

Dokter juga akan merasakan telapak tangan Anda untuk melihat apakah ada benjolan. Jika benjolan dikaitkan dengan jari pemicu, benjolan akan bergerak ketika jari bergerak karena benjolan adalah area pembengkakan di bagian tendon yang menggerakkan jari.

Perawatan trigger finger ini juga bisa dilakukan di rumah untuk sementara waktu dengan cara:

  1. Beristirahat. Hindari aktivitas yang membutuhkan cengkeraman berulang-ulang, menggenggam berulang atau penggunaan mesin genggam bergetar yang berkepanjangan hingga gejala Anda membaik.
  2. Belat. Dokter Anda mungkin meminta Anda mengenakan belat di malam hari untuk menjaga jari yang sakit dalam posisi yang diperpanjang hingga enam minggu. Belat membantu mengistirahatkan tendon.
  3. Latihan peregangan. Dokter Anda mungkin juga menyarankan latihan lembut untuk membantu menjaga mobilitas di jari Anda.

[Baca Juga: Manfaat Angkat Kaki ke Tembok Selama 20 Menit]

Bila sudah Anda ketahui gejala serta tanda trigger finger ini dan sudah mencoba dengan cara-cara tersebut di atas, tapi tidak kunjung membaik. Sebaiknya lekas periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Read More

Artikel Lainnya

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

Berita Kawasan

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

24 February 2020, 10:00

Para komuter pasti tidak bisa hidup tanpa ponsel. HP menjadi penghibur Anda sepanjang perjalanan. Namun, ternyata ada aktivitas yang bisa Anda lakukan di KRL tanpa HP!

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik

Kesehatan

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik?

24 February 2020, 09:00

Penelitian terbaru menunjukkan ada perbedaan memasang bunyi beep monoton dan musik bermelodi untuk alarm. Manakah yang lebih baik?

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

Kesehatan

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

23 February 2020, 19:00

Melakukan treatment sendiri saat mengalami kram kaki di malam hari lebih dianjurkan daripada meminum obat-obatan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

Berita Kawasan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

23 February 2020, 18:00

Anda termasuk penggemar film Netflix? Yuk tengok film Netflix yang rilis Maret 2020. Ada tiga film rekomendasi PingPoint yang sayang dilewatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.