Vaksin Corona

Kesehatan

Jateng Siap Layani Vaksinasi Siang dan Malam di Bulan Ramadan

Taj Yasin Maimoen selaku Wakil Gubernur Jawa Tengah menjadi narasumber pada dialog bertajuk "Ramadan penuh Makna", melalui konferensi video pada Senin (5/4/2021). Dalam kesempatan itu, Ia mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap melaksanakan pelayanan vaksinasi malam hari selama bulan Ramadan.

Sesuai dengan rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI), pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk kaum muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa dapat dilakukan malam hari jika ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan jika dilakukan pada siang hari karena kondisi tubuh yang lemah.

"Nanti kita lihat, kita serahkan kebijakan ini di 35 kabupaten dan kota. Vaksinasi COVID-19 dilakukan di siang hari monggo. Tetapi kalau mengkhawatirkan, MUI mengimbau untuk memberlakukan suntik vaksinasi ini dilakukan pada malam hari," ujarnya seperti dilansir dari humas.jatengprov.go.id (5/4/2021).

Taj Yasin Vaksin Ramadhan

Sesuai dengan rekomendasi MUI, vaksinasi pada bulan Ramadan tetap diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa jika dilakukan pada siang hari. Namun demikian, dengan alasan kesehatan dan kondisi tubuh yang berbeda dengan hari biasa, vaksinasi dapat dilakukan pada malam hari. Satgas COVID-19 menyebutkan bahwa jumlah kasus positif COVID-19 di beberapa daerah di Jawa Tengah menurun bahkan jumlah pasien di ruang isolasi di rumah sakit berangsur-angsur berkurang.

[Baca Juga: MUI Kota Bogor Memastikan Pelaksanaan Salat Tarawih Diperbolehkan]

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tidak akan memberi kelonggaran kegiatan bagi warga di bulan Ramadan agar tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 yang signifikan di bulan Ramadan. "Kegiatan tarawih, salat subuh berjamaah tentu akan meningkat. Sehingga perlu saya sampaikan kepada takmir masjid atau musala untuk menyiapkan protokol kesehatan agar pencegahan COVID-19 benar-benar diterapkan," pintanya.

Vaksinasi Bulan Ramadan

Di kesempatan lain Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah sedang menyiapkan sejumlah skenario untuk pelaksanaan vaksinasi di Bulan Ramadan. “Ada yang siang dan malam, karena ada yang bisa menerima divaksin siang. Kita buat skenario vaksin malam. Tapi teknisnya teman-teman di Dinkes menyiapkan," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kantornya, seperti dikutip dari jateng.antaranews.com (6/4/2021)

Ia mengatakan bahwa skenario tersebut tergantung pada ketersediaan vaksin, karena saat ini jumlah vaksin yang diterima tidak terlalu banyak. Saat ini stok vaksin Corona berkurang namun belum sampai kehabisan stok. Karena antusias warga akan program vaksinasi COVID-19 cukup tinggi, nantinya ada tambahan 200 ribu dosis vaksin lagi yang akan dikirim. Ia mengupayakan agar target vaksinasi untuk lansia bisa segera terpenuhi. "Maka kami ingin mengejar target lebih banyak lansia yang divaksin. Yang siap siang ya siang. Yang kemungkinan menghendaki malam kita siapkan," imbuh Ganjar.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.