Jathayu 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Jathayu Mengajak Umeg Kaum Sowong untuk Buka Donasi

Serba-serbi di masa PPKM darurat 3-20 Juli 2021 ini menunjukkan banyak sisi kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu dari serba-serbi itu baru saja akan dilakukan oleh Komunitas Jathayu Umeg di Kabupaten Malang. Mengusung maksud simpatik dengan melihat kondisi masyarakat di sekitarnya yang terdampak PPKM ini, sebuah gelaran panggung pertunjukan bebas sudah digelar dan masih terus berlangsung. Komunitas ini merencanakan pertunjukan dalam konsep umeg, sebuah kesadaran untuk bergerak dalam hal apa saja, yang nantinya diharapkan mampu menjadi pelipur lara. Sasaran dari pertunjukan ini sejatinya untuk seluruh masyarakat Indonesia, namun tersebab keterbatasan ruang, kemungkinan besar hanya bisa memberi kesegaran untuk wilayah Malang Raya saja.

Batas akhir dari umeg ini adalah masa PPKM yakni 20 Juli 2021. Selama kurang lebih 14 hari berbagai komunitas seni dan pegiat seni berdatangan di ruang seni Jathayu Umeg. Tentu saja, Kaum Sowong, atau pemuda di daerah Wajak, Kabupaten Malang.

Sebagai sebuah komunitas seni yang membuka banyak ruang kreatif, Jathayu Umeg tidak membatasi kesenian apa yang harus dibuat dalam proses PPKM ini. Nantinya, setelah proses kreatif yang dilakukan dengan protokol kesehatan ketat ini selesai akan disampaikan dalam ruang kolektif. Siapa saja bisa menontonnya, diawali dari daerah Malang Raya dulu tentunya.

Jathayu 3.jpg

Dalam prosesnya saat ini, setiap pegiat seni yang datang pun tidak hadir dengan tangan kosong. Tidak sedikit yang membawa santunan dalam bentuk makanan sampai uang untuk proses kreatif bersama ini. Sumbangan yang datang itu tidak kemudian dinikmati oleh para seniman dilokasi, bahkan malah dikumpulkan untuk disantunkan kepada warga setempat.

"Nantinya, pertunjukan hasil kreasi umeg bareng ini juga akan disampaikan sebagai ruang donasi melalui seni. Di Malang Raya ini banyak butuh bantuan, dan kita seniman lakukan yang kita bisa sekarang," terang Tika aktivis di Jathayu Umeg.

"Saya lihat banyak info seni yang mau ikut menyebarkan info ini, padahal cuma kopi suguhannya," tukasnya melanjutkan.

Gerakan melalui ruang kesenian ini menunjukkan ketulusan para pelaksananya. Tidak mengherankan, Gubuk Sulap Jathayu Umeg yang digunakan sebagai lokasi sentral menjadi keramaian seniman yang terkontrol dari pagi hari sampai pukul 20.00 WIB.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.