Jelajah Makanan Nusantara di Sambara Cipete dan Jalan Cipete Raya

Kuliner

Jelajah Makanan Nusantara di Sambara Cipete dan Jalan Cipete Raya

Indahnya keberagaman dunia kuliner itu disatukan dengan bumbu-bumbu asli Indonesia. Berbagai macam bumbu hasil bumi Indonesia yang kemudian mengolah semua perbedaan itu menjadi kulinar khas masing-masing daerah. Kekayaan ini dapat dirasakan di restoran Sambara Cipete dan dua rumah makan lain yang ada di Jalan Cipete Raya.

Sajian Sambara

Sambara yang mengandung arti bumbu ini mewakili hidangan kuliner Nusantara yang disajikan dengan menggunakan bumbu asli dari Indonesia. Berawal di kota Bandung pada tahun 2006, saat ini Sajian Sambara telah memiliki total 12 outlet yang tersebar dari Palembang hingga Makassar.

Masuk ke restoran ini, Anda akan disambut pilihan menu dalam konsep prasmanan. Semua masakan diatur rapi di atas meja panjang berwarna putih di ruang semi terbuka. Makanan itu terlihat menarik di dalam wadah sederhana. Interior restoran serba ukiran dan kerajinan khas Jawa Barat.

Ikan Patin Bakar Bambu merupakan menu favorit dan paling laris. Perpaduan bumbu seperti kunyit, cabai, serai, daun salam, kemiri, dan tambahan rempah lainnya sangat terasa di lidah. Menu ini dimasak sederhana dengan kombinasi rempah khas Indonesia. Cara memasaknya pun masih pakai tradisional yang masih ditemukan di hampir seluruh pelosok negeri. Dalam prosesnya, satu ekor ikan air tawar berukuran 500 gram itu dibersihkan lebih dulu. Kemudian, ikan dibungkus menggunakan daun pisang pilihan lalu dibakar hingga benar-benar masak.

Selain patin bakar, pengunjung bisa mencicipi Ayam Bakar Sambal Mata yang disajikan terpisah. Uniknya, hanya bagian paha ayam yang sudah diambil tulangnya. Sambalnya merupakan perpaduan irisan bawang merah, tomat, daun jeruk, serai, penyedap rasa, dan tambahan potongan ketimun, serta daun selada sebagai pemanis. Selain menu-menu andalan itu, ada juga Ikan Gurame Terbang yang dicampur bumbu, kemudian ditaburi tepung terigu lalu digoreng sederhana.

Menu ini tampak menantang dengan irisan daging yang memperlihatkan tulang di sisi kiri dan kanannya. Satu ekor ikan tersaji dengan berat 400 gram. Untuk menambah nikmat, baiknya ikan disantap bersama kecap manis yang ditaburi irisan kecil cabai rawit, bawang, dan tomat layaknya sambal matah.

Untuk menu sayur, Sambara menawarkan kailan dengan dua pilihan rasa, krispi atau dicampur jamur saus. Menu Kailan Krispi bumbunya garam, merica, bawang, cabai rawit, dan penyedap rasa kemudian digoreng kering. Kailan Jamur Saos ditumis dengan potongan kecil jamur beberapa bumbu dan tambahan penyedap rasa.

Selain berbagai jenis makanan, ditawarkan pula aneka minuman penyegar tenggorokan. Dari banyaknya pilihan, ada satu yang patut dicoba, yakni Berry Manggo Soup. Tampilannya warna-warni karena terdiri dari perpaduan antara mangga, stroberi, dan vanilla ice cream. Minuman didominasi mangga yang sudah diblender kemudian dimasukkan ke wadah menyerupai mangkuk itu kemudian ditaburi potongan stroberi. Cocok dinikmati saat cuaca terik.

Soal harga, tidak terlalu tinggi dan cukup terjangkau. Karedok Rp25.000 per porsi, Gurame Terbang Goreng Tepung Rp63.000, per porsi dan Ayam Sambal Roa Rp47.000. Kemudian, Kailan Dua Rasa Rp24.000, Capcai Nusantara Rp26.000, Capcai Sambal Mata Rp37.000, Ikan Patin Bakar Bambu Rp49.000, serta Berry Manggo Soup Rp27.000 (harga per awal 2018).

Alamat: Jl. Cipete Raya No.14, RT.5/RW.4, Cipete Sel., Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410

Jam buka: Setiap hari 10.00-22.00 WIB

Nyai Rasa

Sebagai resto yang berlatar belakang usaha catering, Nyai Rasa & Catering Service memiliki konsep menu yang beragam dengan kelezatan yang mumpuni. Resto yang berdiri sejak April 2017 ini fokus pada penyajian masakan khas Nusantara.

Nyai Rasa memiliki pabrik pengemasan di Jawa Barat dan melayani catering ribuan orang karyawan pabrik. sukses di usaha catering, lalu berdirilah resto Nyai Rasa dengan menu unggulan yang beberapa di antaranya adalah Ayam Goreng Nyai Rasa, Sapi Goreng Nyai Rasa, Tuna Dabu Dabu, Gurame Asam Manis, Ayam Mangga Kecombrang, dan Soup Iga Garang Asam.

Di resto juga tersedia minuman spesial seperti Jus Jagung Susu, Jus Segar Sehat, Lemon Grass Tea, Thai Tea, Thai Green Tea, Nyai Rasa Original Mint, Blue Ocean Float, serta masih banyak lagi. Nyai Resto juga memiliki tim banquet yang tak kalah dengan hotel berbintang.

Kisaran harga untuk semua kelezatan menu di Nyai Rasa cukup ekonomis dan tidak bikin kantong bolong, yaitu mulai dari Rp25.000 hingga Rp75.000. Tersedia pula paket makan siang mulai dari Rp30.000 sampai Rp45.000 (harga per awal 2018).

Resto ini mengadakan live music yang setiap hari diisi dengan tema musik yang berbeda. Para pengunjung bahkan bisa request sekaligus menyalurkan hobi menyanyi. Selain itu, di resto ini juga ada galeri yang menampilkan lukisan unik dari pelukis terkenal Josephine Linggar.

Nyai Rasa juga sering dijadikan tempat untuk menggelar beragam acara seperti gathering party, peluncuran produk, arisan, ulang tahun, temu alumni, serta beragam acara lainnya. Tersedia paket-paket untuk acara ulang tahun yang bisa dipilih pelanggan sesuai keinginan.

Alamat: Jl. Cipete Raya No.65, RT.6/RW.4, Cipete Sel., Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410

Jam buka: Setiap hari 09.00-22.00 WIB

Masakan Rumah Bu Endang

Rumah makan ini tidak pernah sepi pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari perkerja kantoran, warga sekitar, bahkan pejabat kerap terlihat makan di sana. Ini karena setiap tamu yang datang ke tempat ini akan dimanjakan dengan masakan khas rumahan dan keramahan Bu Endang, pemilik rumah makan yang selalu menyempatkan untuk menemui dan bercengkerama dengan para tamunya.

Sejak pulang dari merantau ke Amerika Serikat, pemilik resto yang bernama lengkap Endang Ekaningtyas ini memulai usahanya di Jalan Wijaya 1. Sejak saat itu, lidah warga Jakarta Selatan pun dimanjakan oleh masakan Bu Endang. Masakannya yang bergaya rumahan pun berhasil mendatangkan pelanggan-pelanggan tetap yang setia. Semasa hidupnya, almarhun Ainun Habibi sudah bersantap di sini bersama Mantan Presiden Habibi dan petinggi negara lain. Iwan Tirta pun semasa hidupnya juga diketahui sering mencari Telur Bumbon Petis dan Empal Kelem masakan Bu Endang.

Sekalipun telah terpapar pada budaya modern semasa hidup di Amerika Serikat, Bu Endang ternyata tidak pernah melupakan akarnya sebagai perempuan Jawa dengan tradisi kuliner yang sangat kaya. Justru dengan gaya rumahan, Bu Endang yakin akan menjaring pangsa pasar yang unik. Bu Endang menghidangkan berbagai masakan khas Jawa yang sudah jarang dijumpai di rumah maupun di restoran. Terbukti bahwa masakan sederhana seperti Urap, Mangut Iwak Pe, Ayam Enggang Kemiri, dan sebangsanya justru dirindukan oleh orang-orang Jawa yang sudah lama merantau ke Jakarta.

Orang-orang yang rindu masakan ibu di kampung ini pun akhirnya menemukan "Ibu" dalam diri Bu Endang yang selalu menebar senyum ramah sambil menyajikan berbagai masakan khas di rumah makannya yang nyaman. Untuk menyajikan Mangut Iwak Ie seharga Rp30.000 yang digandrungi banyak penggemarnya, Bu Endang mendatangkan ikan pari asap dari Jepara, Jawa Tengah. Santannya tipis dan encer, tetapi bumbunya intens, pedas. Lengkap dengan irisan pete dan tahu goreng.

Lontong Capgomeh seharga Rp32.500 juga disukai para pelanggan. Kalau mau yang lebih khas Semarang-an, cobalah Nasi Opor Sambel Goreng Abing seharga Rp25.000 yang pasti akan menggoyang lidah. Masakan lain yang direkomendasikan di sini adalah Tahu Campur, Tahu Telor, Nasi Brongkos, dan Nasi Begana. Berbagai cemilan yang bisa dinikmati sebagai pencuci mulut pun sangat khas mewakili berbagai ragam kuliner Jawa, seperti Sosis Solo, Tempe Bacem, Tahu Susur, Tongtongbrong, Rondo Royal (tape goreng), dan lain-lain.

Alamat: Jl. Cipete Raya No.16C, RT.4/RW.3, 4, Cipete Sel., Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410

Jam buka: 10.00-22.00

Jadi lapar kan setelah membaca santapan khas Nusantara di tiga resto di atas? Untuk warga Jakarta Selatan atau pekerja di kawasan Cipete, tidak ada salahnya menyempatkan diri ke Sambara Cipete dan dua resto masakan nusantara di Jalan Raya Cipete ini. Kangen masakan khas daerah pun bisa teratasi.

Read More

Artikel Lainnya

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

Bisnis

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

20 September 2019, 13:00  |  8 Views

Untuk mengembangkan industri fesyen muslim di Indonesia, Kemenperin kembali menggelar kompetisi fesyen untuk IKM dimulai dengan gelaran road to MOFP di Bandung dan Semarang.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Program Digitalisasi Sekolah

Pendidikan

Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah

20 September 2019, 12:00  |  7 Views

Kemendikbud memberikan bantuan berupa peralatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan sekolah songsong Revolusi Industri 4.0.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

20 September 2019, 11:00  |  7 Views

Mendekati musim penghujan, Pemkot Jakarta Selatan mulai melakukan beberapa langkah persiapan. Apa saja yang dilakukan?

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Properti dan Solusi

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

20 September 2019, 10:00  |  12 Views

Ragam kaktus hias dapat membuat ruangan rumah menjadi menarik. Agar berusia panjang, ada sejumlah cara merawat kaktus hias dengan tepat.


Comments


Please Login to leave a comment.